Ide Furniture Menggunakan Palet Kayu Jati Belanda

Ide Furniture Menggunakan Palet Kayu Jati Belanda

Pernahkah Anda menemukan kayu jati belanda? Sebenarnya kayu jati belanda adalah istilah saja dan bukan dari pohon bernama jati belanda. Kayu ini adalah kayu yang dikumpulkan dari bekas peti kemas. Pengiriman barang-barang dari Eropa dari darat dan laut biasanya menggunakan kemasan luar dari kayu jati belanda ini. Fungsinya adalah untuk melindungi barang didalamnya tidak mudah pecah atau rusak karena benturan saat pengangkutan dan pengiriman.

Kayu ini dipilih karena ringan, mudah dipotong namun tetap memiliki ketahanan yang kuat jika dipasang dengan konstruksi yang benar pada sebuah benda yang hendak dikirim. Lalu jenis kayu apa yang sebenarnya  digunakan? jenis kayu yang digunakan sebagian besar adalah kayu pinus.

Kayu jati belanda semakin marak karena harganya yang murah dan ketersediaan barang yang mudah dan banyak. Karena banyaknya pengiriman maka ketersediaan dari kayu jati belanda ini sangat berlimpah. Daripada dibuang kayu jati belanda dapat dijual kembali baik itu difungsikan sebagai alat untuk pengemasan kembali atau diolah kembali oleh para pengrajin.

Ada banyak kerajinan bahkan mebel di sekitar kita yang menggunakan material kayu jati belanda tanpa disadari. Namun karena kecerdasan sang pengolah dan pemberian bahan finishing yang tepat kayu murah tersebut dapat disulap menjadi bawang mahal.

Harga yang dijualpun cukup tinggi sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Namun hanya satu kelemahan dari kayu jati belanda ini yakni tidak tahan oleh panas dan hujan apalagi jika terkena langsung terus menerus. Kayu jati belanda adalah kayu yang termasuk jenis kayu lunak jadi sebaiknya Anda tidak menggunakannya sebagai furnitur outdoor.

Jika diletakan dan terkena panas atau hujan terus menerus secara bergantian kayu akan mudah rusak dan menjadi tanah. Menghindari hal ini maka penggunaannya hanya sebatas di dalam ruangan saja. Adanya bahan finishing juga berfungsi untuk melapisinya dan memberikan lapisan mantel pelidung agar tidak mudah rusak akibat kelembaban.

Baca Juga:  Apakah Cat Finishing Kayu Terbaik untuk Kabinet Dapur? Inilah Cat yang Tepat

Jika Anda ingin mendapatkan ide kreatif pengolahan kayu jati belanda maka Anda berada di tempat yang tepat. Karena dalam artikel ini Anda akan menemukan segudang ide segar yang bisa Anda ikuti dalam pemanfaatan kayu jati belanda ini.

Ide-Ide Menarik Pengolahan Kayu Jati Belanda

Daripada hanya menjadi limbah kebanyakan pabrik pengiriman barang ekspor atau impor menjual kembali kayu jati belanda. Bahkan banyak juga perusahaan yang menjual khusus kayu jati belanda ini. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko kayu atau toko tempat penjual kayu jati belanda.

Apa saja ide menarik yang bisa dibuat dari pelat kayu jati belanda? Tidak hanya furniture saja ada beberapa kerajinan yang menggunakan bahan sama.

  1. Kursi malas

Ide Furniture Menggunakan Palet Kayu Jati BelandaAnda bisa membuat kursi malas, kerangka kursi yang dibuat dari kayu palet jati belanda perlu diperlihatkan dan akan menambah artistik sebuah ruangan. Anda bisa menggunakannya di dalam ruangan seperti ruang tamu atau digunakan di teras belakang rumah. Tambahkan cushion agar kursi lebih nyaman digunakan.

  1. Tempat tidur

Kini banyak orang asing yang menggunakan kayu palet sebagai tempat tidur. Mengapa Anda tidak menggunakannya? Kayu palet jati belanda yang dibuat sebagai tempat tidur cukup kuat dan memiliki penampilan yang unik. Tidak perlu banyak dekorasi ruangan, adanya kayu palet yang terlihat justru telah menjadi dekorasi ruang tidur itu sendiri. Anda bisa memberikannya finishing wanrna putih dengan teknik ditsressing atau cukup dengan mepliturnya.

  1. Meja kerja

Anda ingin memiliki meja kerja di rumah atau meja belajar untuk anak? Ciptakan sendiri hanya menggunakan kayu palet ini. Meja kerja di rumah akan tampak artistik, Anda bisa menambahkan top table dari kaca tebal agar nyaman digunakan. bahkan ukuran bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda atau anak.

Baca Juga:  4 Hal yang Wajib untuk Furniture Vintage

Namun ingat jika Anda ingin menggunakan kayu palet sebagai meja belajar anak pastikan tidak ada siku tajam yang dapat menimbulkan cedera. Penggunaan lem sebagai bahan perekat juga lebih baik daripada menggunakan paku.

  1. Rak dapur

Walaupun tidak tahan terhdap kelembaban, namun Anda tetap bisa menggunakan kayu palet sebagai furnitur dapur. Anda bisa membangun rak dapur yang menempel di dinding. Kuncinya pastikan rak menempel pada dinding yang kering dan bukan dinding yang terkena bocor air. Pastikan juga Anda menggunakan bahan finishing yang tahan air.

  1. Meja tamu

Ide Furniture Menggunakan Palet Kayu Jati BelandaMaterial apalagi yang lain selain palet kayu jati belanda untuk meja tamu. Anda bisa memberikan impresi yang menarik pada ruang tamu dengan material ini. Bahkan Anda bisa memberikan warna apapun sesuai dengan tema ruang tamu dan menyesuaikan dengan warna sofa. Semakin Anda membuat bentuk yang artistik maka meja tamu akan semakin berkesan.

  1. Rak sepatu

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli rak sepatu. Jika rak sepatu yang akan dibeli terbuat dari plastik maka tidak akan bertahan lama dengan beban sepatu yang diletakan di atasnya. Sebaiknya Anda membuatnya sendiri dari palet kayu jati belanda yang murah dan lebih kuat. Bahkan Anda bisa membuat rak sepatu tertutup agar debu tidak merusak sepatu.

  1. Stool

Anda bisa membuat stool dari kayu palet jati belanda yang memiliki banyak fungsi, Anda bisa menggunakannya sebagai tempat duduk extra, tempat duduk anak atau alat untuk panjatan mengganti lampu atau mengambil benda di tempat tinggi sebagai pengganti tangga. Stool yang terbuat dari palet kayu jati belanda cukup kuat dan Anda bisa memberikannya warna yang beragam.

Baca Juga:  Rahasia Furniture Scandinavian Lebih Awet Dan Tahan Lama

Apa Kunci Penampilan Palet Kayu yang Menarik?

Jika Anda sudah mendapatkan salah satu ide dari pengolahan palet kayu jati belanda yang menarik, lalu apakah rahasia membuatnya semakin menarik dan tahan lama? Kuncinya berada pada bahan finishing yang digunakan. Apakah jenis bahan finishing yang akan Anda gunakan dan apakah pilihan warnanya?

Jangan pilih sembarangan bahan finishing karena produk abal-abal bisa merusak keindahan dari kayu jati belanda. Kayu ini sudah memiliki serat yang bagus sehingga tidak ada salahnya jika Anda ingin memperlihatkan bagian tersebut. Anda hanya membutuhkan pernis atau plitur saja.

Salah satu pernis kayu yang merupakan merk ternama adalah cat kayu Biovarnish. Produk ini adalah produk cat kayu yang aman dan ramah lingkungan. Proses aplikasinya pun sangat mudah yaitu menggunakan bahan pelarut air dan juga kuas busa. Anda tidak perlu lagi membeli bahan pelarut thinner yang berbau dan mahal.

Hasil finishing adalah natural transparan dengan 24 pilihan warna natural kayu yang menawan. Tanpa disadari Anda akan membuat palet kayu menjadi lebih berpenampilan mewah dan bisa Anda jual, jika Anda berniat membuka usaha furnitur dari kayu palet maka inilah bahan finishing yang pasti akan memberikan penampilan menarik dan disukai banyak costumer.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X