Cara Praktis Mengecat Lemari Jati Bekas dengan Warna Natural

Cara Praktis Mengecat Lemari Jati Bekas dengan Warna Natural

Apakah Anda baru saja membeli lemari bekas di pasa loak atau di toko barang bekas? Memang ada banyak keuntungan yang didapatkan jika Anda membeli furniture bekas. Pertama Anda akan menghemat biaya, kebanyakan furniture  bekas akan dijual jauh di bawah setengah dari harga yang baru. Anda bisa menghemat biaya untuk penggunaan lainnya.

Keuntungan kedua adalah Anda turut ikut serta dalam pelestarian lingkungan. Jika banyak masyarakat membeli lemari bekas maka akan semakin mengurangi dampak penebangan hutan yang kian hari kian marak. Ini akan menghemat banyak pohon yang ditebang dan tetap lestari karena selama ini keseimbangan pemotongan pohon dan penanaman kembali belum seimbang.

Ketiga adalah Anda bisa menyalurkan hobi. Kebanyakan para DIY woodwoorking akan memilih kayu bekas atau furniture bekas sehingga bisa diolah kembali menjadi karya seni berbeda atau furniture lain yang juga berguna. Ini akan memberikan banyak kesempatan untuk berkreasi dalam bidang woodworking. Bahkan hanya dengan sedikit poles pada lemari kayu jati maka penampilan akan segar dan baru kembali.

Ciri-Ciri Lemari Kayu Jati yang Masih Berkualitas

Apa syaratnya ketika Anda memilih lemari kayu jati yang bekas? Sama seperti ketika Anda akan membeli sofa bekas ada beberapa bagian yang akan Anda perhatikan pada lemari. Berikut ini apa saja yang harus diperhatikan.

  • Ukuran

Seperti apakah ukuran yang Anda butuhkan? Tidak semua lemari jati memiliki ukuran yang sama dengan yang Anda butuhkan. Siapa yang akan menggunakannya dan berapa banyak pakaian atau barang yang akan disimpan di dalamnya harus menjadi pertimbangan yang penting. Lemari kayu jati klasik cenderung memiliki ukuran yang besar. Apakah Anda membutuhkan lemari yang berukuran besar? Ini akan menentukan apakah Anda akan mendapatkan lemari sesuai dengan ukuran pintu masuk rumah Anda.

Baca Juga:  Tipe Cat Besi Yang Cocok Digunakan

Cara Praktis Mengecat Lemari Jati Bekas dengan Warna NaturalAnda bisa membawa meteran untuk mengukur dengan tepat berapa ukuran dari lemari kayu jati yang sedang Anda pilih di toko. Jangan karena Anda suka lantas Anda membelinya tanpa melhat ukurannya yang asli.

  • Kekuatan

Bagaimana Anda bisa menguji kekuatan dari lemari kayu jati yang baru saja Anda lihat di toko barang bekas? Tidak seperti sofa yang bisa diduduki, Anda tentu tidak bisa menduduki kursi kayu. Di sini tingkat kekuatan bisa dilihat dari apakah lemari berdiri dengan sempurna, apakah ada ketidak seimbangan yang Anda temukan. Jika lemari tidak semimbang kemungkinan ada satu bagian kaki yang lebh pendek. Ini menandakan bahwa lemari tidak kuat.

Pastikan keempat kaki lemari masih kuat dan utuh. Bagaimana bentuk kakinya apakah terdiri dari empat kaki besi atau justru tidak memiliki kaki. Jika Anda mendapatkan yang tidak memiliki kaki pastikan rumah Anda tidak lembab. Lemari yang langsung bersentuhan dengan tanah akan mudah rusak.

  • Jamur

Apakah terdapat jamur pada lemari? Apakah bentuk jamur tersebut? Apakah jamur bisa dihilangkan dengan mudah? Periksa setiap bagian lemari baik di dalam maupun di luar khususnya pada bagian belakang. Pemilik sebelumnya mungkin meletakan berdekatan dengan dinding yang akan menyisakan ruang untuk jamur berkembang. Ini harus diwaspadai karena tidak semua jamur bisa dihilangkan dan tidak meninggalkan bekas kerusakan.

Anda harus memilih lemari yang setidaknya hanya memiliki jamur yang bisa dihilangkan. Jika jamur sulit dihilangkan kemungkinan besar lemari menggunakan bahan kayu jati muda dan juga sudah lembab dan akan rusak.

  • Tingkat kerusakan

Bagaimana dengan tingkat kerusakannya? Apakah Anda sanggup memperbaikinya? Jika Anda menemukan kerusakan karena rayap yang sangat banyak maka Anda akan sulit memperbaikinya terutama rayap yang sudah merusak pada bagian dalam lemari kayu jati. Apakah terdapat beberapa bagian pintu yang retak atau hanya kerusakan yang muncul karena lecet bekas penggunaan?

Baca Juga:  Mengecat Dengan Cat Lantai Kayu Warna Solid

Jika sekiranya Anda bisa memperbaikinya seperti mengganti handle pintu atau mengecat ulang lemari kembali maka terakhir Anda hanya perlu menawar sesuai dengan budget yang telah dianggarkan.

Langkah Mengecat Ulang Lemari Jati dengan BioColours

Apabila Anda sudah mendapatkan lemari yang sesuai dengan kebutuhan maka siapkan di garasi Anda untuk perbaikan. Siapkan semua peralatan untuk memperbaikinya dan bahan yang akan digunakan. Jika Anda hanya perlu mengecat ulang kembali maka siapkan paint remover atau thinner dan juga bahan cat yang baru yakni BioColours.

Jika Anda sudah siap pastikan Anda menggunakan masker karena cat sebelumnya yang digunakan tidak pasti menggunakan jenis cat apa. Menggunakan paint remover yang cukup keras akan memperingan beban Anda untuk menghilangkannya.

Pertama leaskan seluruh bagian besi pada cat seperti hendle. Namun jika Anda kesulitan melepas engsel pintu lemari Anda bisa menutupnya dengan kertas koran yang dilakban agar lapisan cat tidak mengenai bagian tersebut. Lepaskan juga jika pada dalam lemari terdapat laci. Anda bisa membiarkan lemari tersebut di luar ruangan dengan alas koran agar tidak mengotori lantai.

Cara Praktis Mengecat Lemari Jati Bekas dengan Warna NaturalSelanjutnya adalah proses pengelupasan cat yang lama. Tuangan paint remover pada seluruh permukaan lemari dan pastikan Anda menggunakan sarung tangan. Diamkan sebentar hingga muncul reaksi dans etelah cat mengelupas hilangkan dengan pisau palet dan biarkan cat jatuh di atas koran.

Lakukan cara tersebut hingga pada seluruh permukaan lemari dan kumpulkan kemudian buanglah serpihan cat ke tempat yang aman. Pada permukaan lemari pasti masih terdapat sisa cat, Anda bisa menghilangkannya menggunakan hand sander dengan nomor kertas amplas dari kasar bertahap menjadi halu hingga angka 220. Pastikan semua lapisan cat lama benar-benar hilang.

Baca Juga:  Supplier Cat Dasar Kayu Cepat Kering Biocolours terbaik

Kini Anda siap untuk melakukan pengecatan ulang. Jika tidak terdapat siku rusak atau bagian retak Anda bisa memperbaiknya terlebih dahulu dengan lem kayu water based dan biarkan kering kemudian amplas hingga bekas lem hilang. Selanjutkanya siapkan BioColours sanding sealer untuk lapisan dasar.

Pertama campurkan sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata dan semprotkan menggunakan alat semprot hingga merata. Tunggu lapisan pertama ini kering tanpa harus dijemur pada panas matahari. Jika dites sudah kering lanjutkan dengan proses pengamplasan. Amplas ambang dengan amplas 400. Pastikan debu amplas hilang.

Ulangi proses aplikasi sanding sealer dengan cara yang sama, kemudian amplas kembali. Terakhir adalah proses aplikasi BioColours top coat. Pilih top coat yang akan digunakan adalah gloss atau matte. Matte untuk hasil natural atau gloss untuk hasil mengkilap.

Campurkan BioColours top coat pilihan Anda dengan air perbandingan sama yaitu 2 bahan : 1 air kemudian semprotkan dengan baik. Anda bisa melapisi top coat pada lemari satu kali dan menunggunya kering semalaman atau 24 jam.

Lakukan cara yang sama mulai dari sanding sealer pada bagian lemari yang lain seperti rak. Jika sudah kering keesokan harinya Anda bisa membuka bagian lemari yang ditutup kemudian memasang handle pintu dan memasang rak. Lemari kayu jati sudah siap digunakan dengan penampilan baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X