Finishing Mebel

Finishing Jenis-Jenis Mebel Sesuai dengan Materialnya

Menentukan bahan finishing dan juga cara finishing yang tepat harus sesuai dengan material yang akan dicat. Tentunya Anda tidak akan bisa melakukan finishing dengan bahan cat besi untuk furnitur dengan kaca. Atau Anda tidak bisa menggunakan cat kayu untuk finishing logam.

Setiap bahan cat memiliki karakteristik masing-masing sehingga Anda tidak bisa semabarangan menggunakannya. Material juga memiliki permukaan yang berbeda ada yang berpori dan juga ada yang tidak. Inilah yang membuat Anda harus memilih cat kayu dengan tepat.

Lalu apa sebenarnya fungsi utama dari pengecatan pada sebuah mebel? Manfaat pengecatan mebel ada sangat banyak sekali. Yang paling utama adalah untuk memberikan penampilan yang berbeda. Tentu mebel tidak akan menarik bukan jika Anda membiarkan dengan penampilan aslinya? Belum lagi penampilan tersebut belum tentu sesuai dengan gaya ruangan yang diciptakan.

Selain itu fungsi dari bahan finishing adalah untuk memberikan perlindungan. Pernahkah Anda melihat furniture dari besi yang kemudian berkarat? Alasannya adalah besi tidak terlindung dengan baik. Atau Anda pernah melihat mebel kayu yang berjamur dan berayap? Inilah alasan mengapa bahan finishing perlu diaplikasikan.

Menggunakan bahan finishing sebagai pelapis luar mebel akan melindunginya dari cuaca panas dan hujan terus menerus secara bergantian. Sebuah material mebel akan cepat dan mudah rusak akibat perubahan cuaca ini. Membuatnya berkarat atau berjamur dan juga berayap.

Sudah paham bukan betapa pentingnya memilih bahan finishing yang sesuai dengan bahan materialnya? Peletakan furnitur dan segala faktor yang akan membuatnya rusak juga menjadi pertimbangan jenis bahan finishing apa saja yang akan dipilih. Di sinilah Anda akan menemukan jawabannya.

Baca Juga:  Produk Finishing Dengan Merk Cat kayu Tahan Air Biovarnish

Kenali Material dan Bahan Finishingnya

Apakah Anda sudah mengenal material mebel yang dibeli atau dibuat? Jika sudah maka Anda cukup memilih bahan finishing yang tepat. Setelah itu menguasai cara aplikasinya yang benar. Berikut ini informasi mengenai bahan cat sesuai dengan material mebel.

  1. Mebel kayu

Ada banyak kayu di luar sana khususnya di Indonesia yang memiliki hutan hujan tropis sangat luas. Ada banyak jenis kayu yang digunakan sebagai material mebel. Nah apa sebenarnya bahan finishing yang cocok untuk kayu?

finishing mebelJika Anda memilih mebel dengan kayu solid maka sebaiknya menggunakan  pernis atau plitur. Dengan bahan finishing tersebut serat kayu akan terlihat dengan jelas dan juga tajam. Serat kayu tetap terlihat dan warna kayu akan tampak alami.

Hanya saja apa merk dan jenis cat apa yang cocok. Anda bisa menggunakan cat kayu water based seperti BioColours atau Biovarnish. Keduanya memiliki hasil finishing yang sama bagusnya, perbedaan adalah pada cara aplikasi saja.

Cat BioColours akan maksimal jika Anda mengaplikasikan dengan alat semprot sedangkan untuk Biovarnish Anda bisa menggunakan kuas. Kedua bahan cat ini terdiri dari cat dasar kayu, cat warna kayu dan lapisan akhir atau top coat.

  1. Mebel kayu buatan

Ada banyak jenis kayu buatan yang digunakan sebagai material mebel. Apa beda kayu buatan dengan kayu solid? Kayu buatan adalah jenis kayu yang diolah seperti plywood, MDF, particle board dan juga black baord. Sedangkan kayu solid adalah kayu keras yang merupakan potongan dari kayu asli. Seratnya akan tampak lebih eksotis.

Apakah jenis bahan finishing yang cocok untuk mebel kayu buatan ini? Sama seperti kayu solid Anda perlu menggunakan bahan cat water based. Di sini disarankan Anda menggunakan Bioduco. Alasannya adalah kayu buatan tidak terlalu memiliki tampilan serat menarik karena penggunaan veneer.

Baca Juga:  Mendalami Tentang Wood Filler yang Harus Digunakan

Nah kekurangan ini bisa Anda tutup dengan cat kayu warna solid yang rata dan halus hasil aplikasinya. Di sini Anda bisa mengaplikasikannya menggunakan alat semprot. Bioduco adalah salah satu merk dari BioColours  yang terdiri dari empat produk. Pertama adalah dempul kayu, primer coat, Bioduco dan terakhir adalah top coat.

  1. Mebel besi atau aluminium

Berbeda dengan kayu, mebel besi atau aluminium tidak memiliki pori sehingga lapisan cat yang digunakan berbeda. Mebel besi ini banyak digunakan  bahkan ada besi yang ringan dan juga berat. Jika digunakan sebagai kaki furnitur besi mampu menopang beban berat. Anda biasanya akan menemukan pada furnitur seperti meja dengan bagian atas yang terbuat dari kaca.

finishing mebelNah apakah cat yang cocok untuk mebel besi atau aluminium? Anda bisa menggunakan cat kayu besi Orchid. Masih dengan cat water based, dalam cat kayu besi Orchid terdapat tambahan bahan anti karat yang akan melindungi mebel besi dari karat.

Tidak hanya sebagai finishing mebel saja, cat kayu besi Orchid juga sering digunakan sebagai bahan pelapis kusen pintu atau jendela dan juga dekorasi ruangan dari besi lainnya. Pilihan warna solidnya tersedia dalam 24 warna.

  1. Mebel bambu

Apakah bambu memiliki furnitur yang sama dengan kayu? Bambu juga memiliki pori namun hanya terdapat pada buku-bukunya saja. Jika Anda melihat pada ujung bambu maka terdapat rongga yang merupakan pori kayu. Di sini Anda bisa melihat kebutuhan perlindungan agar jamur dan rayap tidak merusak.

Mebel bambu banyak dipilih sebagai pilihan dari mebel kayu karena harganya yang lebih murah. Namun untuk perlindungan tidak cukup hanya menggunakan bahan finishing biasa saja. Untuk bisa memberikan penampilan sekaligus perlindungan terbaik Anda perlu menggunakan pernis untuk bambu BioColours.

  1. Mebel rotan
Baca Juga:  Aplikasi Cat Kayu Solid Water Based Lebih Aman Untuk Furniture

Mebel rotan di dunia internasional paling banyak dicari. Produksi rotan terbesar hanya terdapat di Asia karena tanaman tersebut yang hanya dapat tumbuh di daerah tropis saja. Keindahan dari furnitur rotan sendiri didapatkan karena anyaman yang bervariasi dan desain mebel dari rotan.

Karena tampilannya yang natural maka banyak orang yang memilih untuk memberikan finishing dari pernis atau plitur. Anda tidak bisa sembarangan memilih bahan finishingnya karena rotan memiliki sifat yang berbeda terlebih sudah dalam bentuk anyaman kelenturan dan kekutan rotan harus dijaga.

finishing mebelDemi mempertahankan penampilan sekligus dengan perlindungannya Anda bisa menggunakan dua produk dari BioColours yakni sanding sealer dan juga top coat. Kedua bahan ini sudah cukup untuk memberikan perlindungan yang kuat serta memberikan penampilan natural yang tahan lama.

Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan ketika sedang memilih bahan finishing untuk semia material di atas yakni  dimanakah Anda akan meletakan furnitur tersebut. Jika Anda ingin meletakannya di luar ruangan pastikan Anda menggunakan lapisan cat dari Biothane.

Biothane bekerja sebagai top coat yang memberikan perlindungan sangat kuat dari panas dan hujan yang berganti. Bahkan jika Anda akan meletakan kursi atau meja di pinggir pantai, Biothane akan melindungi mebel dari angin yang membawa garam dan pasir pantai.

Mebel akan terjaga dan juga bisa mempertahankan kualitasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X