Cara Mengeluarkan Serat Kayu Jati Belanda Hanya Dengan Pernis

Cara Mengeluarkan Serat Kayu Jati Belanda Hanya Dengan Pernis

Apakah Anda sudah membuktikan kehebatan dari pernis kayu? Jika belum maka Anda harus membuktikannya sekarang juga. Namun untuk jenis pernis kayu yang bisa digunakan tidak bisa semabarangan karena pernis kayu yang bisa memunculkan serat kayu adalah pernis Biovarnish.

Produk Biovarnish adalah produk cat water based sehingga untuk memperlihatkan serat kayu akan sangat mudah dan Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak aefek menguning seperti yang akan Anda dapatkan jika menggunakan cat kayu solvent.

Namun jika Anda ingin menggunakan cat solvent, tidak akan menjamin apakah serat kayu jati belanda akan muncul.

Dalam proses mengeluarkan serat kayu Anda perlu menggunakan tiga produk sekaligus jadi pastikan Anda telah membelinya untuk hasil yang sempurna. Pertama adalah Biovarnish wood filler ramin. Produk ini berfungsi untuk mengisi pori kayu dan menyamakan warna kayu.

Warna kayu ramin mirip dengan warna kayu jati belanda yaitu putih terang dan akan mengisi pori kayu. Akan lebih mudah untuk mendapatkan serat kayu tampil dengan menggunakan warna wood filler ini.

Selanjutnya Anda perlu menggunakan Biovarnish wood stain walnut brown. Warna kayu walnut ini akan mempertajam serat kayu jati belanda. Tidak hanya itu hasilnya akan cukup memberikan kesan gold sehingga mirip dengan warna kayu jati kampung.

Warna walnut brown akan memperlihatkan warna kayu natural yang cocok Anda gunakan pada gaaya apapun. Selanjutnya untuk tampilan natural maka Anda membutuhkan Biovarnihs Clear Coat matte yang akan memberikan kesan tanpa kilap.

Cara Mengeluarkan Serat Kayu Jati Belanda Hanya Dengan PernisAkan salah jika Anda menggunakan tampilan kayu gloss karena hasil akhir yang mengkilap tidak mendukung adanya kesan natural. Proses pengeringan ketika  menggunakan cat water based tidak membutuhkan panas matahari.

Baca Juga:  Pilih Mana, Open Pore atau Close Pore?

Yang perlu Anda siapkan untuk mendapatkan hasil kering sempurna adalah ruangan bersih dengan ventilasi terbaik. Pastikan Anda tidak menyalakan kipas agar debu tidak melekat pada permukaan kayu yang masih basah dan memberikan tampilan kotor.

Ingat Anda ingin mendapatkan hasil warna natural maka tampiln transparan dan bersih akan menjadi kunci utama keberhasilan finishing Anda.

Terakhir yang perlu Anda siapkan adalah alat. Untuk mengaplikasikan pernis kayu water based ini Anda hanya membutuhkan kuas yang halus. Ada dua jenis kuas yang bisa Anda gunakan adalah kuas dengan bulu nylon yang tidak akan meresap air dengan mudah dan mengeras.

Kuas jenis nylon akan membuat hasil finishing yang halus bebas dari bekas sapuan kuas pada hasil finishing. Jenis kuas satu lagi adalah kuas sponge. Namun Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya karena kuas sponge yang sudah lama seringkali rusak.

Kerusakan yang diakibatkan membuat busa dari sponge menempel pada permukaan cat. Jadi pastikan kuas yang Anda gunakan tidak rusak dan rontok. Pastikan ukuran kuas yang Anda gunakan juga sudah sesuai.

Kuas berukuran besar hanya digunakan pada permukaan datar dan luas. Sedangkan jika Anda inging mengecat bagian sudut dan sempit sebaiknya gunakan kuas berukuran kecil bahkan lebih kecil dari sudut yang akan Anda cat.

Persiapan sudah Anda lakukan dengan tepat kini saatnya Anda memulai pekerjaan mengecat dengan pernis pada kayu jati belanda.

Proses Pengecatan Mudah dengan Pernis Pada Kayu Jati Belanda

Kini saatnya Anda untuk melakukan pengecatan. Proses pengecatan bukanlah hal yang sulit karena yang perlu Anda lakukan hanyalah mencampur pernis dengan air kemudian menguaskannya secara merata ke seluruh permukaan kayu.

Baca Juga:  Harga Pernis Kayu Water Based dan Solvent Based 2021

Pertama-tama aplikasikan Biovarnish wood filler ramin. Campurkan wood filler dengan sedikit air untuk mengencerkan kemudian Anda bisa mengaplikasikan dengan cara diusap menggunakan kain bersih dan kering. Lakukan berlawanan dengan arah serat kayu sambil ditekan agar wood filler mengisi pori kayu.

Setelah itu Anda bisa melakukan pengeringan. Proses kering dapat dilakukan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Adanya udara akan mempercepat proses pengeringan yang cepat. Bahkan Anda tidak perlu melakukan penjemuran.

Setelah permukaan kering Anda bisa mulai mengamplas dengan kertas amplas aluminium oxide nomor 240 sambil ditekan. Pastikan Anda mengamplas hingga serat kayu terlihat. Proses pengamplasan dapat Anda lakukan di luar ruangan agar debu amplas tidak berterbangan dalam ruangan.

Bersihkan permukaan kayu dengan kain dari debu amplas sebelum mulai mengaplikasikan wood stain. Setelah itu campurkan Biovarnish wood stain walnut brown dengan air, campurkan sesuai dengan anjuran yang terdapat pada kemasan.

Aduka larutan hingga rata kemudian celupkan pada ujung kuas dan mulai untuk mengaplikasikannya ke seluru permukaan kayu jati belanda. Pastikan Anda mengaplikasikan searah serat kayu kemudian Anda dapat menunggu kering.

Cara Mengeluarkan Serat Kayu Jati Belanda Hanya Dengan PernisPastikan Anda mengaplikasikan secara perlahan dan tipis karena lapisan yang terlalu tebal dapat menimbulkan bleeding. Lapisan tipis dapat Anda ulangi beberapa kali setelah kering. Tunggu lapisan wood stain mengering dan Anda bisa mulai mengamplas.

Proses pengamplasan lapisan ini bisa dilakukan secara perlahan dan ambang. Kertas amplas 400 akan menimbulkan goresan halus dan rata sehingga Anda bisa mendapatkan permukaan kayu yang lebih halus lagi.

Pastikan Anda menghilangkan debu amplas sebelum mengaplikasikan lapisan selanjutnya. Setelah mengamplas perhatikan apakah Anda sudah mendapatkan warna dan serat kayu yang tampil tajam. Jika belum Anda bisa mengulangi aplikasi wood stain kembali hingga beberapa lapis.

Baca Juga:  Produk Cat Kayu Anti Air Yang Dibutuhkan Saat Ini

Setelah Anda memiliki permukaan kayu yang rata dan warna sesuai dengan keinginan lapisan selanjutnya adalah Biovarnish clear coat dengan warna transparan dan penampilan matte. Campurkan clear coat dengan air kemudian aplikasikan dengan kuas searah serat kayu.

Tunggu lapisan kering selama 24 jam maka Anda akan mendapatkan kayu jati belanda yang telah terlapisi baik dengan pernis kayu.

Tips Agar Finishing Pernis Tidak Gagal

Jika Anda masih merasa gagal dalam aplikasi pernis kayu di atas dan menghasilkan penampilan sempurna maka baca tips berikut. Jika Anda mengikuti tips berikut ini maka dijamin Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna dengan pernis kayu.

  1. Agar tidak brush mark, jika Anda tidak ingin hasil finishing brush mark pastikan untuk mengaplikasikan lapisan selanjutnya ketika permukaan sudah kering benar. Lapisan yang masih basah hanya akan menimbulkan brush mark.
  2. Lakukan pengecatan dan letakan kayu secara horisontal. Jika Anda meletakan kayu secara vertikal atau berdiri maka cat akan menimbulkan lelehan yang akan membekas ketika pengering. Pengecatan secara horisontal juga akan mempercepat proses peresapan cat dalam pori kayu.
  3. Jika Anda tidak mendapatkan kuas nylon atau kuas sponge Anda bisa membalut bulu kuas dengan kain katun yang kering. Lapisan kain akan menyerap pernis dengan baik dan meratakannya pada permukaan kayu dengan sempurna. Pastikan Anda tetap mendapatkan hasil yang sempurna dan juga rata.
  4. Anda yang ingin mendapatkan perlindungan sempurna dapat mengulangi aplikasi clear coat hingga dua lapis. Lapisan akan tetap lentur dan Anda akan mendapatkan permukaan yang memiliki lapisan film kuat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X