Mengenal Manfaat Sanding Sealer untuk Pengecatan Natural

Mengenal Manfaat Sanding Sealer untuk Pengecatan Natural

Mendapatkan finishing natural untuk para pekerja kayu adalah impian yang terbaik. Anda bisa melakukan finishing warna natural khususnya dengan transparansi tinggi menggunakan bantuan sanding sealer. Apa itu sanding sealer dan bagaimana Anda bisa menggunakannya?

Sanding sealer adalah lapisan intermediate sekaligus sebagai lapisan dasar pada sebuah finishing. Ada dua jenis yang bisa Anda pilih sanding sealer water based atau sanding sealer solvent. Anda tidak perlu bingung memilihnya karena Anda bisa memilih setelah mengetahui pemakaian sanding sealer yang ideal dalam artikel ini.

Ada banyak manfaat yang diberikan sanding sealer sebagai lapisan dasar cat maupun lapisan intermediate. Anda perlu mengetahuinya untuk mendapatkan cara aplikasi dan juga bagaimana peranan dan fungsi sanding sealer dalam sebuah finishing natural. Anda juga akan mendapatkan jenis produk yang sebaiknya digunakan.

5 Cara Ideal Menggunakan Sanding Sealer

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan sanding sealer pada setiap finishing natural pada proyek kayu maka ada beberapa cara yang ideal untuk dilakukan. Beda merk sanding sealer juga akan membedakan cara aplikasi. Untuk cara yang mudah dan cepat Anda bisa mempelajarinya melalui aturan pemakaian yang biasanya tersedia pada kemasan kaleng cat.

Berikut ini 5 cara ideal yang perlu Anda perhatikan ketika mengaplikasikan sanding sealer.

  1. Isi pori kayu terlebih dahulu

Ketika Anda ingin mendapatkan hasil finishing natural dengan pori kayu tertutup maka aplikasikan wood filler terlebih dahulu sebelum menggunakan sanding sealer. Wood filler akan menutup semua cacat permukaan kayu dan Anda akan lebih mudah mengaplikasikan sanding sealer di atasnya. Sanding sealer juga berfungsi sebagai base coat namun hanya jika Anda mengehndaki finishing dengan pori kayu terbuka saja.

  1. Gunakan wood stain yang sesuai

Anda yang akan menggunakan sanding saeler maka perhatikan apakah jenis bahan dasar dan pelarutnya. Jika Anda menggunakan sanding sealer berbasis solvent maka sebaiknya pilih bahan wood stain solvent. Namun jika Anda menggunakan sanding sealer berbasis air maka gunakan wood stain atau pewarna kayu berbasis air. Solvent tidak dapat ditumpuk dengan wood stain air jadi sebaiknya sesuaikan jenis sanding sealer dan wood stain yang akan digunakan memiliki bahan dasar yang sama. Jika memilih yang sama maka warna yang dihasilkan juga tidak akan jauh dari ekspektasi Anda.

  1. Gunakan pemutih kayu

Resin pada permukaan kayu seperti pada kayu pinus akan mudah naik. Anda bisa melihat dari warna mata kayu yang sangat tajam dapat muncul dengan jelas. Adanya mata kayu yang naik ini akan menyulitkan sanding sealer meresap ke dalam pori kayu. Ada baiknya Anda melakukan pemutihan kayu dengan bahan pemutih yang aman seperti White Agent 250 untuk menurunkan minyak dan menyamakan warna kayu. Setelah itu sanding sealer akan bekerja dengan mudah dan menjadi bahan dasar kayu yang baik.

  1. Kecepatan finishing

Mengenal Manfaat Sanding Sealer untuk Pengecatan NaturalMelakukan finishing dengan cepat adalah salah satu cara yang dibutuhkan dalam finishing yang rapi, rata dan juga halus. Anda membutuhkannya maka cara aplikasi tepat yaitu menggunakan alat semprot akan menambah maksimal hasil yang diberikannya. Mengapa Anda harus mengaplikasikan sanding sealer dengan cepat? Jawabannya adalah untuk mempersingkat waktu. Anda tentu tidak ingin menghabiskan banyak waktu hanya dalam satu lapisan cat mengingat akan ada beberapa lapis cat yang harus diaplikasikan. Jenis cat water based akan membantu Anda menghadapi masalah ini.

  1. Menghentikan serat kayu yang naik

Sama seperti resin pada kayu yang naik, serat kayu juga akan naik pada saat proses aplikasi sanding sealer. Jenis sanding sealer solvent akan lebih mudah dan cepat untuk menaikan serat kayu sehingga hasilnya tidak rata. Pori kayu akan sangat terlihat besar dan Anda akan gagal dalam finishing kayu natural yang halus. Sebaiknya gunakan sanding sealer water based yang akan mencegah masalah ini akan timbul.

Memilih jenis sanding sealer yang akan digunakan akan menjadi kunci keberhasilan Anda mendapatkan fnsihing natural sempurna. Jika dilihat dari aplikasi ideal yang disarankan maka sanding sealer water based adalah pilihan yang terbaik untuk digunakan dan Anda tidak perlu beralih menggunakan sanding sealer solvent based.

Produk BioColours sanding sealer akan memberikan banyak manfaat dan cara aplikasi yang mudah bagi Anda yang ingin mendapatkan finishing natural transparan. Anda bisa menggunakan dua produk secara urut yaitu BioColours sanding sealer sebagai base coat dan di atasnya Anda bisa menggunakan BioColours top coat sesuai pilihan baik itu gloss maupun matte.

Manfaat BioColours Sanding Sealer pada Finishing Natural

Produk BioColours sanding sealer adalah produk water based di Indonesia yang bisa Anda beli melalui agen terdekat. Ada beberapa manfaat sanding sealer yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan produk ini. Mulai dari cara aplikasi, ketahanan, kemampuannya untuk menutup pori kayu serta bagaimana Anda akan mendapatkan hasilnya.

Berikut ini apa saja manfaat menggunakan BioColours sanding sealer yang akan didapatkan:

  1. Aplikasi

Jika dilihat dari cara aplikasi, Anda akan mendapatkan kecepatan kering dalam waktu 60 menit bahkan tanpa penjemuran. Anda cukup menggunakan ruangan yang berventilasi baik dan cat akan mengering dalam waktu tersebut. Tentu 60 menit adalah waktu singkat yang akan Anda dapatkan dalam rangkaian aplikasi cat yang panjang.

  1. Hasil warna

Sanding sealer akan memberikan hasil warna transparan dalam perananannya mendukung finishing warna natural. Jika Anda menggunakan BioColours sanding sealer maka hasil warna yang dihasilkan adalah natural transparan tanpa ada efek menguning ke depannya. Tampilan transparan diakibatkan kandungan air sebagai bahan dasar dan juga pelarut yang tidak mengandung banyak zat formalin yang menimbulkan efek menguning. Hasil ini berlawanan dengan sanding sealer solvent yang cenderung menimbulkan efek menguning dalam waktu tertentu.

  1. Base coat yang kuat

Mengenal Manfaat Sanding Sealer untuk Pengecatan NaturalApabila Anda menutut hasil finishing natural open pore maka sanding sealer juga berfungsi sebagai base coat. Sanding sealer perlu menutup pori kayu dengan maksimal, menghindari dari fungsi kayu untuk menyerap kelembaban. Inilah yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan BioColours sanding sealer. Sebagai lapisan dasar Anda akan mendapatkannya menutup pori kayu dengan maksimal sebagai ganti peranan wood filler.

  1. Keamanan

Ini adalah manfaat terpenting dari BioColours sanding sealer. Sebagai cat water based, sanding sealer BioColours rendah kandungan logam berat. Pembuatannya telah menyesuaikan regulasi dari ECHA dan EPA. Anda tidak perlu khawatir akan masalah VOC yang menyebar dalam ruangan akibat penguapan bahan kimia. Bahkan ini dibuktikan dengan banyaknya pabrik furnitur yang telah menggunakan merk BioColours sebagai finishing furnitur yang dikirim ke luar negeri. Anda tidak perlu khawatir dan Anda akan menjaga lingkungan dengan baik dan sehat. Jadi tidak akan ada kekecewaan di kemudian hari karena Anda telah menggunakan bahan cat yang tepat untuk segala proyek Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X