Cara Menghilangkan Cat atau Pernis Pada Permukaan kayu

Cara Menghilangkan Cat atau Pernis Pada Permukaan Kayu

Banyak proyek perbaikan rumah melibatkan lapisan cat atau pernis baru, tetapi sebelum Anda dapat menambahkan yang baru, material lama harus dilepas. Baca saran berikut dengan hati-hati tentang cara menghapus cat atau pernis lama. Nasihat ini dapat membantu Anda melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan usaha yang jauh lebih sedikit.

Catatan: Rumah yang lebih tua mungkin masih memiliki cat berbasis timbal, jadi jika Anda tidak yakin apakah itu milik Anda, uji terlebih dahulu dan apakah sudah dihapus secara profesional, atau lanjutkan dengan menggunakan langkah-langkah keamanan yang tepat.

Menggunakan Bahan Kimia untuk Mengupas Cat dan Varnish

Ada dua cara untuk memisahkan material dari lemari, trim, dll. Pertama, Anda dapat memilih penghilang cat / pernis kimia. Setelah penghilang kimia telah diterapkan, Anda dapat dengan mudah mengikis catnya. Dalam beberapa kasus, itu bisa hilang dengan air. Penghapus cat / pernis berbasis kimia dijual secara eceran sebagai pasta dan cairan.

Cara Menghilangkan Cat atau Pernis Pada Permukaan kayu
Menghilangkan lapisan cat lama dengan pisau palet.

Anda juga dapat mencoba untuk melepaskannya. Ini jelas membutuhkan lebih banyak waktu dan banyak minyak siku. Menggunakan sander listrik dapat menghemat upaya Anda, meskipun harus digunakan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada kayu yang mendasarinya. Beberapa permukaan, seperti fiberglass, membutuhkan penghilang cat / pernis khusus.

  • Penghilang Cat Cair / Varnish

Jika Anda hanya perlu menghapus beberapa lapisan cat, cairan penghapus mungkin adalah pilihan terbaik. Cairan mengering terlalu cepat untuk pekerjaan penghilangan besar, tetapi proyek-proyek kecil seharusnya tidak memiliki masalah. Cairan juga lebih disukai ketika bekerja di area yang rumit atau tidak teratur.

  • Brushable Paint / Varnish Removers

Penghilang brushable memiliki tekstur pasta yang memungkinkan Anda untuk menerapkan jumlah tebal untuk melucuti banyak lapisan cat / pernis dari permukaan dengan satu aplikasi. Formula-formula ini melekat pada permukaan meskipun gravitasi, dan mereka sering dapat dibersihkan bersama dengan cat / pernis. Saat menggunakan penghapus pembersih varnish pada furnitur, jangan terlalu banyak menggunakan air, karena itu berisiko merusak kayu. Selalu ikuti petunjuk pada label.

  • Spray Paint / Varnish Remover
Baca Juga:  Harga dempul kayu  bagus Untuk Finishing Furniture Solid Color

Jika Anda menginginkan sesuatu yang mudah diterapkan, ini adalah pilihan untuk Anda. Penghilang wash-away ini cukup tipis untuk disemprotkan, tetapi mereka memiliki viskositas yang cukup tinggi sehingga menempel ke permukaan.

  • Aerosol Cat / Varnish Remover

Solusi aerosol sejauh ini adalah agen pengupas cat / pernis cat yang termurah dan termudah. Mereka semprot sebagai busa dan beberapa lapisan cat / pernis dapat dikerok dengan masing-masing aplikasi. Penghilang aerosol ideal untuk proyek kecil dan permukaan yang terperinci.

  • Green Chemical

Penghilang cat / pernis ramah lingkungan tersedia untuk orang yang penting bagi mereka. Mereka, bagaimanapun, lebih mahal dan umumnya dianggap kurang efisien daripada rekan-rekan tradisional mereka.

Aplikasi dan Penghapusan

Untuk jenis stripper cat cair atau yang bisa disikat, tuangkan sedikit ke dalam kaleng logam dengan mulut lebar dan tutup yang dapat ditutup kembali. Mengenakan sarung tangan pelindung, gunakan bahan kimia dengan kuas cat. Buat gerakan ke satu arah dan jangan oleskan remover ke area yang sudah disikat. Untuk jenis sprayable, Anda dapat menerapkan seperti yang diarahkan oleh label.

Jika ini pekerjaan besar, Anda dapat mempercepat proses dengan mengikis permukaan dengan amplas kasar. Jangan gores permukaan yang mendasari. Terapkan penghapus cat / pernis kimia dan segel di bawah film plastik untuk mencegah bahan kimia mengering di permukaan saat Anda membiarkannya duduk.

Cara Menghilangkan Cat atau Pernis Pada Permukaan kayu
Bahan penghilang cat bereaksi untuk menghilangkan cat.

Biarkan bahan kimia menembus cat / varnish selama petunjuk kemasan langsung, yang biasanya antara 20 dan 30 menit. Uji kemajuan Anda dengan menggores di area kecil. Jika pengeruk mencapai kayu kosong, maka remover telah melayani tujuannya.

Saat menerapkan remover, lakukan saja di area yang cukup kecil untuk dikelola. Anda tidak ingin menutupi area yang begitu besar sehingga bahan kimia mengering sebelum Anda dapat menyelesaikan pekerjaan. Ini juga ide yang baik untuk mengikis cat dengan kotak kardus atau koran di bawahnya agar lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga:  Tips Memilih Warna Cat Duco Kayu untuk Furniture Anak

Setelah bahan kimia telah membuat cat / pernis lunak, saatnya untuk mengambil pengikis ke permukaan. Jaga tingkat scraper Anda dengan permukaan sebaik mungkin atau Anda berisiko membuat tanda di kayu. Gunakan wol baja atau alat abrasif lainnya untuk menghilangkan sisa-sisa apapun setelah sebagian besar cat atau pernis telah dilepaskan.

Jika beberapa titik sulit, jenuh wol baja dalam penghilang kimia untuk membantu dalam pengikisan. Mungkin perlu mengaplikasikan lapisan cat penghilang cat kedua untuk area yang membandel.

Penghilang cat bermutu tinggi biasanya bisa dibilas dengan selang. Tentunya, jangan gunakan selang di furnitur Anda. Setelah Anda berhasil menghilangkan cat / pernis, bersihkan permukaan dengan air bersih. Biarkan permukaan mengering dan kemudian pasir dengan ringan.

Pengamplasan Cat / Varnish

Jika Anda tidak ingin menggunakan penghilang kimia, penghampar listrik adalah pilihan lain. Belt, disk, dan drum sanders semua alat yang layak. Metode ini sederhana dan efisien; namun, ini akan menghilangkan lapisan atas permukaan yang sedang diampelas, jadi Anda tidak boleh mencoba ini dengan sesuatu yang halus atau rumit. Anda harus menggunakan amplas kasar; jika tidak, kertas tidak akan cukup kuat untuk mengeluarkan materi.

Permukaan Tidak Beraturan

Lengkungan, kurva, potongan, sudut, dan celah menghadirkan tantangan untuk menghilangkan cat. Salah satu situasi yang paling sulit adalah ketika Anda harus menghapus cat / pernis dari bagian belakang kursi karena desain dapat menampilkan salah satu dari area bermasalah ini.

Cara Menghilangkan Cat atau Pernis Pada Permukaan kayu
Lapisan cat mulai mengelupas setelah menggunakan paint remover.

Semprotkan banyak penghilang kimia di sekitar spindel dan biarkan meresap selama 20 menit. Setelah waktu itu, itu harus mengikis dengan mudah. Letakkan penghilang di kaki kursi dengan kuas cat biasa dan letakkan kaki di kaleng atau ember untuk menghindari kotoran dan kotoran.

Baca Juga:  Kenali Apa Itu Sanding Sealer

Permukaan bundar membutuhkan bahan kimia ekstra untuk diterapkan. Biarkan hingga menembus permukaan, gosok, dan ulangi jika perlu. Gosok bahan berukir dengan wol baja atau sikat logam. Mereka lebih baik menjangkau area-area rinci ini. Bilas kayu segera setelah Anda selesai menggosoknya. Sikat kawat kuningan juga bagus untuk bintik-bintik sempit. Sedikit pergi jauh ketika Anda menggunakan satu, jadi jangan terlalu banyak tekanan atau Anda dapat dengan mudah merusak permukaan.

Sepotong kecil kayu juga bisa digunakan untuk mencapai alur kecil. Cukup gunakan serpihan memo untuk melihat apakah Anda dapat mencapai tempat yang Anda perlukan.

Jangan biarkan bahan kimia masuk ke lubang kunci atau lubang di mana perangkat keras kabinet telah dilepas. Pasang lubang dan tutupi tempat.

Trik kecil untuk menghilangkan cat / pernis dari kaki furnitur adalah membiarkan bahan kimia bekerja selama 20 menit sebelum menggosoknya dengan goni, sama seperti Anda sedang menyemir sepatu.

Kebanyakan orang menginstal perangkat keras baru, tetapi Anda selalu dapat mencelupkan perangkat keras ke dalam penghapus cat / pernis juga dan kemudian gosok dan gunakan kembali. Setelah Anda membersihkan perangkat keras, berikan kilau agar terlihat bagus.

Menggunakan Panas untuk Menghilangkan Cat / Varnish

Panas dapat digunakan untuk menggoreng cat / pernis tua dan melembutkannya untuk goresan. Seseorang di toko perbaikan rumah lokal Anda dapat membantu Anda memilih penghilang cat listrik atau senapan panas yang tepat.

Anda harus mengikis cat segera setelah dipanaskan. Jika dingin, itu akan mengeras lagi. Pengeruk yang luas bekerja paling baik untuk penghapusan cat / varnish yang dibantu panas. Juga, jangan memfokuskan air panas di satu titik atau Anda dapat membakar permukaan secara tidak sengaja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X