Cara Mengecat Kayu Dengan Cat Kayu Kuas Yang Mudah

Mengecat dengan mudah menggunakan cat kayu kuas dapat dilakukan kapan saja oleh siapa saja dan dimana saja. Berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan.

Pekerjaan finishing furniture kayu adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kerapian yang tinggi. Maka terkadang pekerjaan mengecat dianggap sulit karena tuntutan tersebut. Padahal dalam prakteknya mengecat bukanlah hal yang sulit bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Misalnya Anda adalah ibu rumah tangga yang akan mengecat kusan mungkin karena kusen rumah Anda warnanya mulai pudar atau Anda baru saja mengganti kusen dengan yang baru. Anda tidak perlu membayar tukang untuk mengerjakan pekerjaan mengecat bukan kalau Anda sendiri bisa mengerjakannya dengan mudah.

Baca Juga : cara finishing kayu duco

Cara mengecat bisa menggunakan alat semprot atau kuas. Jika menggunakan alat semprot Anda membutuhkan alat kompresor maka teknik ini memiliki tingkat advance. Solusinya adalah mengecat menggunakan kuas. Mengecat menggunakan kuas. Anda hanya memilih kuas yang halus atau kuas bisa juga dilapisi dengan kain katun bersih dan kering agar tampilan kusen atau furniture menjadi sempurna tanpa ada brush mark. Selain menentukan alat hal selanjutnya adalah memilih cat kayu kuas yang memiliki tarikan kuas ringan.

Baca Juga : cara mengecat ulang pintu aluminium

Mempersiapkan Cat Kayu Kuas Yang Bagus

Jika sebelumnya telah dijelaskan alat apa yang mudah digunakan untuk finishing dengan mudah, kali ini adalah menentukan cat kayu mana yang bagus dan mudah digunakan. Telah disinggung sedikit juga sebelumnya, cat yang bagus digunakan adalah cat yang memiliki tarikan kuas ringan. Benar bahwa cat kayu kuas harus memiliki tarikan kuas ringan sedangkan tidak semua cat memiliki kelebihan itu. Anda bisa mencoba membandingkannya antara merk satu dengan merk yang lainnya. Cat yang memiliki tarikan kuas ringan biasanya adalah cat kayu water based.

Baca Juga : langkah sederhana aplikasi warna walnut brown untuk finishing kayu jati

Cat kayu water based hanya membutuhkan bahan pencampur air, bahkan untuk mencampurnya Anda tidak membutuhkan alat khusus. Anda bisa mencampurkan cat dengan air sesuai kebutuhan apakah warna yang diinginkan lebih tajam atau tidak. Sola warna, jika Anda menginginkan warna natural transparan pilih warna warna seperi jati, mahoni, walnut brown, yellow teak atau salak brown.Warna transparan lebih menarik karena akan memperlihatkan serat kayu dengan baik, apalagi jika Anda menggunakan kayu yang memiliki serat unik seperti kayu trambesi.

Setelah Anda memilih alat apa saja yang digunakan dan cat mana yang akan diaplikasikan maka berikut ini cara mudah mengerjakan finishing kayu baik pintu, kusen atau furniture:

  1. Persiapkan alat : kuas halus, pisau pallet, ampelas alumunium oxide no.240 dan no. 400, cat water based seri lengkap (Wood Filler, Wood Stain, Clear Coat) dan air bersih.
  2. Langkah pertama adalah mempersiapkan media kayu yang kering, bersih dari kotoran serta minyak. Aplikasikan Wood Filler menggunakan pisau pallet searah serat kayu hingga pori-pori kayu tertutup dengan sempurna. Jika ada cacat tekstur pada kayu bisa menggunakan wood filler beberapa kali hingga cacat terutup. Tunggu kering sekitar 20 menit. Ampelas dengan ampelas no. 240 permukaan media kayu hingga halus.
  3. Langkah kedua adalah mencampurkan Wood Stain dengan air bersih perbandingan 2 bahan :1 air, aduk hingga tercampur benar. Aplikasikan cat menggunakan kuas searah serat kayu dan tunggu kering sekitar 60 menit. Jika sudah keirng ampelas dengan ampelas no. 400 hingga halus. Anda bisa mengaplikasikan Wood Stain hingga mendapatkan warna yang diinginkan.
  4. Langkah terakhir adalah mencampur clear coat dengan air perbandingan 2:1 dan diaplikasikan menggunakan kuas. Tunggu kering sekitar satu malam.

Sungguh mudah mengerjakan finihsing kayu menggunakan cat kayu kuas. Anda bisa melakukannya kapan saja dan tidak tergantung pada tukang.

Jenis Cat Kayu Kuas Yang Direkomendasikan

Dari banyak merk cat water based yang beredar di pasaran. Ada satu merk yang bisa diandalkan mulai dari tarikasn kuas yang ringan dan pilihan warna natural yang lengkap yaitu merk Biovarnish. Kelengkapan Biovarnish terdapat dari pilihan warna natural serta seri finishing close pore system mulai dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat yang tersedia dalam tingkat gloss dan doff.

Cat kayu kuas Biovarnish dirancang dengan formula khusus cepat kering. Jika merk cat lain membutuhkan kering dua jam, dalam 60 menit saja cat Biovarnish sudah bisa diampelas dengan halus. Untuk mendapatkan cat kayu Biovarnish Anda bisa langsung menghubungi costumer service via telepon, sms dan WA (Whatss App) di nomor 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X