Bernapas Lebih Mudah Menggunakan Masker atau Respirator?

Bernapas Lebih Mudah Menggunakan Masker atau Respirator?

Kita semua tahu bahwa Anda pasti ingin menyelesaikan pekerjaan mengecat dengan cepat karena Anda sibuk. Sehingga menggunakan respirator bukanlah sebuah prioritas pertama.Tetapi berhentilah, bernafas dan berpikirlah sebentar. Jika Anda mempekerjakan orang yang mengecat, Anda bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan karyawan Anda, termasuk mengendalikan bahaya di tempat kerja dan memastikan orang-orang Anda menggunakan alat pelindung diri seperti respirator.

Jika Anda seorang tukang kayu atau tukang cat, lakukan hal yang benar untuk diri Anda sendiri dan kenakan respirator untuk melindungi paru-paru Anda dari paparan. Karena meskipun banyak cat dan pelapis memenuhi peraturan VOC yang paling ketat, menghirup bahan kimia dan debu berbahaya masih bisa terjadi.

Bernapas Lebih Mudah Menggunakan Masker atau Respirator?
Seorang wanita mengecat menggunakan masker.

Aplikasi yang menggunakan spray system akan membuat partikel dari cat yang mengandung VOC ini menyebar ke seluruh ruangan. Akan sangat berbahaya ketika ruangan yang Anda gunakan tidak memiliki ventilasi udara yang baik. Bisa juga ketika alat penyedot udara di ruangan sedang rusak Anda akan kesulitan bernapas karena cat yang menyebar di seluruh ruangan.

Perhatikan kesehatan Anda, tentu Anda tidak ingin kesehatan Anda menurun dalam waktu dekat karena Anda tidak memperhatikan keselamatan dan kesehatan dalam ruangan kerja Anda.

Mulailah dengan pengetahuan tentang paparan potensial Anda dan apa yang mungkin Anda hadapi. Pemantauan udara dapat membantu mengukur konsentrasi. Ini bisa termasuk pemantauan debu atau komponen kimia tertentu dalam produk cat. Bisa juga termasuk bahaya khusus seperti timbal, jamur atau asbes dalam pekerjaan renovasi.

Bagaimana Anda memantau lingkungan kerja Anda? Ada sejumlah cara yang berbeda untuk melakukannya, termasuk menghubungi kosultasi keselamatan kesehatan ketenagakerjaan di Indonesia untuk membawa seseorang keluar untuk memantau udara dan memberikan panduan, pergi melalui konsultan Higienis Industri pihak ketiga untuk melakukan pengambilan sampel udara , melalui perusahaan asuransi risiko Anda, atau Anda bahkan dapat melakukannya sendiri jika Anda kompeten dalam metode sampling higienis industri.

Baca Juga:  Merk Cat Dasar Kayu Tahan Air Biocolours Dengan Kualitas Terpercaya

Menggunakan Masker atau Respirator?

Ini adalah pertanyaan umum, tetapi perbedaan antara masker dan respirator sangat penting. “Masker” tidak dirancang untuk menjaga debu halus keluar dari paru-paru dalam Anda. Masker belum menjalani pengujian kinerja penyaringan pemerintah. Mereka dimaksudkan untuk menjaga partikel yang lebih besar keluar dari mulut Anda.

Sebaliknya, respirator memiliki media filter dan membentuk segel ketat pada wajah untuk mengurangi ekspos terhadap partikel di udara. Untuk disebut “respirator”, penutup lensa harus disetujui NIOSH dan nyatakan peringkat NIOSH (seperti N95) pada produk.

Pilihan antara respirator facepiece filtering disposable dan respirator cartridge yang dapat digunakan kembali berhubungan kembali dengan penilaian eksposur Anda dan jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan, jadi pastikan Anda memahami bahaya apa yang akan Anda hadapi untuk pekerjaan tertentu.

Ketika Anda mendengar istilah “respirator sekali pakai,” pikirkan perlindungan terhadap paparan partikel, bukan eksposur kimia. Beberapa respirator sekali pakai memang menawarkan lapisan karbon di media untuk membantu mengurangi paparan beberapa bau, tetapi itu tidak cukup karbon untuk menghadapi paparan kimia yang melebihi Batas Pemaparan yang Diizinkan Otorisasi (PELs) OSHA.

Respirator sekali pakai cenderung lebih nyaman daripada rekan yang dapat digunakan kembali karena konstruksinya lebih ringan. Harganya lebih murah, tidak perlu perawatan dan dibuang begitu saja pada akhir masa layan mereka.

Bernapas Lebih Mudah Menggunakan Masker atau Respirator?
Seorang pria mengecat dengan spray gun menggunakan respirator.

Ketika Anda berurusan dengan eksposur kimia yang melebihi Batas Pemaparan yang Diizinkan Otorisasi (PELs), pilih respirator yang dapat digunakan kembali dengan kartrid kimia yang sesuai. Respirator yang dapat digunakan kembali adalah serbaguna karena mereka menawarkan pilihan untuk memilih filter partikel atau cartridge kimia.

Kartrid kimia mengandung karbon aktif untuk membantu mengurangi paparan berbagai jenis bahan kimia yang berbeda, tergantung pada peringkat persetujuan NIOSH. Karbon di dalam kartrid diperlakukan untuk jenis bahan kimia yang berbeda. Karena banyaknya bahan kimia yang berbeda yang mungkin Anda alami, ada berbagai opsi kartrid kimia yang dirancang untuk aplikasi tertentu. Mereka diberi kode warna untuk membantu pemilihan.

Baca Juga:  Tips Penting Membeli Cat Kayu Outdoor yang Bagus

Beberapa kartrid memungkinkan Anda menambahkan prefilter partikulat, sehingga Anda dapat membantu menyaring partikulat dan gas / uap. Respirator yang dapat digunakan kembali juga memiliki pilihan untuk menggunakan filter partikulat saja yang dapat menempel pada facepiece yang dapat digunakan kembali secara langsung.

Respirator yang dapat digunakan kembali memerlukan perawatan dan pembersihan rutin dan memiliki biaya awal yang lebih tinggi daripada sekali pakai, tetapi mereka dapat menghemat uang dalam jangka panjang ketika facepiece digunakan kembali dan kartrid dan filter diganti begitu saja.

Ketika benar-benar pas dan disegel ke wajah, respirator sekali pakai dan separuh respirator dapat digunakan kembali menawarkan tingkat perlindungan yang sama untuk pekerja. OSHA telah menetapkan keduanya sebagai faktor perlindungan 10. Ini berarti mereka melindungi terhadap konsentrasi kontaminan partikulat hingga sepuluh kali batas pemaparan dalam pekerjaan.

Jadi apakah Anda masih akan tetap menggunakan masker yang tidak memiliki banyak fungsi dalam ruangan kerja Anda? Atau Anda akan beralih menggunakan respirator? Perhatikan juga bahan cat yang Anda gunakan selama ini dalam bekerja. Tidak semua cat mengandung VOC yang tinggi, Anda bisa memilih bahan cat dengan VOC sangat rendah yang memabantu mengurangi kandungan logam berat masuk ke dalam tubuh Anda.

Penggunaan Alternatif Cat Water Based

Selain penggunaan respirator daripada masker Anda sebaiknya memilih bahan cat yang memiliki standar sesuai dengan ketentuan penggunaan VOC (Volatile Organic Compound). Memang benar jika sebuah produk cat pasti masih memiliki kandungan VOC walaupun dibatasi.

Namun ketika Anda menggunakan cat water based kemungkinan banyak penyakit dan bahaya yang mengancam kehidupan Anda mendatang akan lebih terjamin. Anda tidak perlu berurusan lagi dengan bau menyengat yang keluar dari produk cat bahkan setelah menggunakan respirator.

Baca Juga:  Begini Cara Memilih Cat Furniture Anak yang Aman

Produk cat water based di Indonesia sendiri masih terbilang jarang karena masih belum diakui untuk ketahanannya di luar ruangan sehingga banyak orang masih menggunakan cat solvent. Padahal cat water based saat ini sudah berevolusi menjadi produk cat yang bahkan tahan terhadap panas matahari dan hujan yang digunakan pada dek kolam renang.

Jadi ketahanan bukanlah persoalan yang akan mengganggu hasil pekerjaan Anda nantinya.

Cat water based tidak akan mengeluarkan gas beracun dengan bau yang sangat menyengat ketika Anda mengecat tanpa menggunakan respirator. Tentu saha bau tersebut akan menyengat dan mengganggu konsentrasi Anda ketika melakukan pengecatan.

Tanpa adanya bau cat water based mampu memberikan pengalaman berbeda kepada pekerjaan mengecat Anda tanpa ganggua konsentrasi. Bahkan efek selanjutnya tidak ada sesak nafas, tidak ada pusing dan aman digunakan apabila Anda adalah pekerja kayu yang bekerja di ruangan tertutup seperti garasi.

Jika dulu cat water based hanya digunakan sebagai bahan alternatif dari cat solvent, kini cat water based memimpin di depan. Anda harus menggunakan cat water based sebagai cat utama Anda melakukan pengecatan pada produk apapun seperti kayu,enceng gondok, rotan, bambu dll.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X