Cara Mengecat Pintu Kayu Lama dengan Politur

Cara Mengecat Pintu Kayu Lama dengan Politur

Jika sebuah pintu tua telah dicat dan dicat ulang beberapa kali atau jika catnya melepuh atau mengelupas, Anda hanya akan membuat masalah lebih buruk jika Anda menambahkan lapisan lain. Mengupas cat lama bisa membuat tampilan pintu lusuh seperti baru. Anda kemudian dapat mengecat ulang atau, jika terbuat dari kayu berkualitas tinggi, membawa kehangatan alami dengan pernis kayu atau bisa juga dengan politur.

Mengecat ulang pintu kayu rumah Anda artinya lakukan pembersihan lapisan cat lama. Jika Anda akan melakukan finishing dengan pernis atau politur maka Anda perlu menghilangkan dengan benar hingga serat dan warna kayu muncul kembali. Untuk melakukan ini maka usaha dalam menghilangkan sangat dibutuhkan. Anda bisa menggunakan bantuan dari paint stripper.

Sebelum Anda mulai, bacalah instruksi paint stripper dengan hati-hati dan ambil semua tindakan pencegahan yang direkomendasikan untuk produk yang Anda gunakan. Jika bisa, angkat pintu dari engselnya dan bekerja di garasi atau bengkel, terutama jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan.

Sebelum mengikuti cara menghilangkan pernis di kayu (terutama sebelum tahun 1960-an), sangat penting untuk mengeceknya tidak mengandung pigmen timbal. Anda dapat melakukannya dengan kit pengujian timbal, yang cepat dan mudah digunakan. Jika hasilnya positif, Anda harus menggunakan stripper kimia khusus dan mengambil semua tindakan pencegahan yang disarankan oleh produsen.

Langkah 1

Aplikasikan stripper cat menggunakan kuas cat tua tetapi pastikan Anda mengenakan sarung tangan dan kacamata pelindung. Kerjakan ke dalam cetakan dan sudut, menyikat secara bebas di atas bidang datar, dan biarkan selama jangka waktu yang disarankan. Anda akan melihat bahan kimia mulai bereaksi dengan cat dan permukaan pintu kayu mulai pecah dan gelembung.

Baca Juga:  Furniture Apa Saja Yang Bisa Menggunakan MDF?

Langkah 2

Gunakan pengikis berbilah rata untuk mencoba mengikis cat pada tambalan uji. Jika catnya tebal beberapa lapis, Anda mungkin perlu menautkan beberapa pengecatan cat dan membiarkannya sedikit lebih lama. Setelah paint stripper melakukan tugasnya, Anda dapat mengikis kembali cat untuk membuka lapisan kayu asli.

Langkah 3

Gunakan pisau cukur untuk mengikis cat dari siku atau sudut yang sulit dijangkau. Tarik kembali kaitan ke arah Anda, buang cat dari celah-celah. Lanjutkan sampai Anda melepas semua cat.

Langkah 4

Netralkan permukaan menggunakan thinner atau air (tergantung pada produk, jadi silakan periksa instruksi pada kaleng). Oleskan ke permukaan dengan kain atau sikat untuk menghilangkan semua jejak solusi pengelupasan sebelum pengamplasan dan finishing pintu Anda.

Proses Pengamplasan dan Perbaikan Permukaan Pintu Kayu yang Tidak Rata

Pintu yang baru dilkepas dari lapisan cat lama biasanya akan menunjukkan retakan tersembunyi sebelumnya di kayu atau cacat apa pun, tetapi Anda dapat menggunakan wood filler kayu untuk menyembunyikannya. Jika Anda akan mempolitur atau memoles pintu Anda, ada baiknya memilih filler yang cocok dengan warna efek yang sudah jadi. Ini karena wood filler tidak menyerap politur atau pernis dengan cara yang sama seperti kayu alami.

Langkah 1

Kenakan masker debu dan amplas dengan kertas grit kelas menengah. Bungkus kertas amplas di sekitar sepotong kayu atau gunakan blok pengamplasan dan kerjakan sesuai arah butirnya, berhati-hatilah agar tidak membulatkan sudut atau cetakan yang tajam. Anda dapat menggunakan jand sander listrik, tetapi sekali lagi berhati-hatilah agar tidak merusak cetakannya. Pergi ke area ini untuk kedua kalinya dengan menggunakan kertas amplas bermutu tinggi.

Baca Juga:  Pabrik Cat Kayu BioVarnish Yang Bagus Untuk Finishing Writing Desk

Langkah 2

Cara Mengecat Pintu Kayu Lama dengan PoliturLipat kertas abrasif menjadi bentuk yang sesuai dan kerjakan cetakannya (Anda bisa membungkus kertas di sekitar sepotong batang kayu untuk melakukan hal ini). Berhati-hatilah agar tidak merusak cetakan saat Anda mengerjakan sudut dan tepinya. Anda bisa menggunakan kawat wol halus bukan kertas kasar (kecuali pada kayu ek alami, karena akan menandainya).

Langkah 3

Untuk membuat amplas menjadi sudut dan celah dalam cetakan, Anda harus melipat kertas yang kasar dan menggunakan ujung yang terlipat untuk menjangkau ke dalam sambungan.

Proses Pengecatan Pintu Kayu dengan Politur

Sebelum memulai proses pengecatan Anda sudah mendapatkan material pintu yang siap dicat yaitu kering dan tampak warna asli bahkan seratnya. Untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya Anda bisa memulai dengan cara memilih politur yang tepat. Anda akan menggunakan pintu dalam waktu lama hingga pada saatnya Anda harus mengganti lapisan cat ini kembali.

Maka cat yang bertahan lama dan kuat digunakan di laur ruangan adalah cat yang tepat. Politur kayu seperti BioColours adalah langkah awal yang bisa Anda dapatkan untuk finishing pintu kayu warna natural. Produk BioColours yang bisa Anda gunakan ada 3 dimulai dengan BioColours sanding sealer, BioColours wood stain dan BioColours top coat. Ketiga produk ini bisa Anda aplikasikan menggunakan spray gun.

Produk BioColours ini memiliki bahan dasar dan pelarut air jadi Anda bisa menggunakannya dengan mudah dan hemat. Tidak ada kandungan VOC membahayakan yang  biasanya akan mengganggu pernapasan baik saat proses berlangsung dan ketika selesai. Politur BioColours ini akan memberikan Anda tampilan gloss atau matte yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Untuk memulai tahapan aplikasi pastikan Anda memiliki gelas plastik dan juga air yang memiliki ph normal dan tidak asam agar tidak merusak kandungan cat BioColours bahkan pintu kayu Anda. Untuk itu jika Anda sudah siap lanjutkan dengan cara mengecat pintu kayu di bawah ini.

Baca Juga:  Produsen Cat Kayu BioVarnish Bukan Cat Solvent

Cara Mengecat Pintu Kayu Lama dengan PoliturSiapkan BioColours sanding sealer yang telah dicampur dengan air. Gunakan spray gun untuk proses aplikasi. Semprot pada bagian ukung-ujung pintu terlebih dahulu setelah itu pada bagian tengah dari atas kebawah secara menyeluruh setelah selesai lakukan dari kanan ke kiri. Ini akan memastkan bahwa partikel politur masuk ke dalam pori kayu. Tunggu lapisan mengering selama 60 menit kemudian amplas ambang dengan amplas grit 400.

Langkah selanjutnya aplikasikan BioColours wood stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Campurkan wood stain dengan air dan semprotkan dengan cara yang sama seperti di atas. Lakukan merata dan tunggu kering selama 60 menit. Amplas kembali secara ambang dengan amplas 400. Lakukan aplikasi ulang jika warna dari pintu belum sempurna atau terlalu tipis.

Langkah akhir adalah aplikasi BioColours top coat baik itu gloss atau matte. Anda bisa mencampurkan terlebih dahulu dengan air dan aduk rata. Masukan ke dalam tabung spray gun lakukan pengaplikasian yang sama seperti sanding sealer dan wood stain. Maka lapisan secara merata pada daun pintu kayu. Lapisan akhir membutuhkan waktu yang lama untuk kering yaitu 24 jam. Jika Anda ingin memberikan lapisan hingga dua kali Anda bisa mengamplas sebelum mengaplikasikan top coat kembali.

Produk BioColours akan memberikan tampilan maksimal pada daun pintu kayu rumah Anda. Tampilan ini akan bertahan lama bahkan hingga selama 5 tahun.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X