Warna-Warni Meja Belajar Anak yang Aman dan Ramah Lingkungan

Warna-Warni Meja Belajar Anak yang Aman dan Ramah Lingkungan

Ingin memberikan warna pada meja belajar anak yang telah usang namun bingung bagaimana Anda bisa melakukannya? Tenang saja karena proses tersebut tidak sulit bahkan Anda bisa melakukannya bersama dengan anak Anda. Memberikan warna pada meja belajar anak di rumah adalah persoalan mudah karena yang Anda butuhkan hanyalah memilih warna yang akan digunakan dan memilih bahan cat yang aman dan ramah lingkungan.

Anda bisa melakukan cara ini dengan menggunakan cat kayu Orchid. Produk Orchid siap memberikan warna pada meja belajar anak dengan efek yang sangat mengagumkan. Warna yang diberikan bervariasi dengan tampilan semi gloss yang akan menghilangkan jejak goresan pada meja, sehingga tampilan meja akan terlihat selalu baru.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan agar bisa mendapatkan warna warni yang tepat pada meja belajar anak. Pertama adalah menghilangkan lapisan cat yang lama. Untuk menghilangkan lapisan cat yang lama ini Anda membutuhkan paint remover yang akan mempercepat penghilangan lapisan cat lama.

Lakukan proses pengelupasan cat lama di ruangan yang luas dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Paint remover biasanya cukup keras maka penggunaannya harus berhati-hati dan menggunakan alat keamanan yang tepat. Jika Anda sudah melihat kayu asli dan lapisan cat lama terkelupas maka Anda bisa mulai mengamplas. Pengamplasan dilakukan dengan amplas nomor 150 dan hand sander untuk hasil yang maksimal.

Jika lapisan cat sudah hilang maka Anda bisa memikirkan apakah warna yang cocok untuk diberikan. Pada tahapan pemilihan warna ini Anda bisa meminta pilihan warna yang anak Anda sukai atau memilihnya beradasarkan efek psikologis anak yang akan mempengaruhi kemampuan dan kenayaman belajarnya. Bahkan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan gaya yang digunakan pada kamar anak.

Baca Juga:  Teknik Mengaplikasikan Glaze pada Kayu yang Benar

Berikut in penjabaran tentang psikologi warna yang bisa Anda pilih dan gunakan pada meja belajar anak Anda.

  1. Psikologi Warna: Arti Kuning

Warna-Warni Meja Belajar Anak yang Aman dan Ramah LingkunganWarna kuning terkait dengan konsep positif seperti optimisme, pemuda, kepercayaan diri, dan kreativitas. Kami selalu melukis wajah-wajah kecil yang tersenyum dengan warna kuning dan jarang mengenakan pakaian kuning pada hari yang menyedihkan. Ini adalah warna matahari, emas atau binatang sebagus jerapah.

  1. Psikologi Warna: Arti Orange

Warna oranye segera menangkap perhatian orang yang menatap. Warna ini ditemukan dalam beberapa buah dan sayuran, matahari terbenam dan rambut merah. Banyak hal yang kami gambarkan sebagai “merah” sebenarnya oranye, seperti api atau genteng. Menurut psikologi warna, oranye merepresentasikan kemewahan, energi, transformasi, dan keunikan.

  1. Psikologi Warna: Arti Merah

Merah adalah warna yang paling bersemangat, itu menyebabkan alarm dan segera menarik perhatian kita. Menurut psikologi warna, merah dikaitkan dengan cinta, darah, sukacita, ketegangan, kedekatan, perang atau terlarang. Itu ditunjukkan pada rambu-rambu jalan dan harga jual. Ini adalah warna urgensi.

  1. Psikologi Warna: Arti Pink

Menurut psikologi warna, warna merah muda melambangkan rasa manis, femininitas, kelezatan, pesona, kepekaan, sopan santun, ilusi, erotisme, dan lain-lain. Hal ini dapat menjadi kekanak-kanakan karena hubungannya dengan masa kecil dan keluguan.

  1. Psikologi Warna: Arti Biru

Biru adalah favorit di antara banyak. Menurut psikologi warna, biru melambangkan harmoni, kesetiaan, simpati, kedamaian, ketenangan, kepercayaan, kejujuran, komunikasi, dll. Seharusnya tidak mengejutkan kita bahwa beberapa jejaring sosial (dan semua jenis perusahaan) menggunakannya dalam logo mereka.

  1. Psikologi Warna: Arti Hijau

Hijau berhubungan dengan alam, itu mengingatkan kita pada rumput, pemuda, harapan, kesehatan, kesuburan, uang, dll. Menurut psikologi warna, hijau segar dan harmonis, kedamaian, pemuda, dan ketenangan. Orang dengan kesadaran lingkungan disebut “hijau”.

  1. Psikologi Warna: Arti Coklat
Baca Juga:  Tempat Jual Plitur MDF Biovarnish Yang Murah

Coklat melambangkan kemalasan, menggelandang, kotor, vulgar, atau keburukan. Mungkin terasa hambar dan ketinggalan zaman. Brown adalah salah satu warna yang paling tidak dihargai.

Namun, itu juga warna kayu dan musim gugur, itu mengingatkan kita pada rumah yang kokoh, hangat dan menyenangkan. Hal ini juga ditemukan dalam makanan seperti cokelat dan memiliki nada tan sangat dihargai hari ini. Brown adalah warna yang memiliki keberadaan besar di sekitar kita dan membangkitkan banyak asosiasi.

  1. Psikologi Warna: Arti Abu-abu

Menurut psikologi warna, abu-abu terutama melambangkan usia tua dan ketenangan. Ini bisa menjadi gelap, biasa-biasa saja dan hambar atau terkait dengan menutup-nutupi seperti “literatur abu-abu” atau “area abu-abu”. Di sisi lain, abu-abu juga mengingatkan kita pada “grey matter” atau keanggunan dalam mode.

  1. Psikologi Warna: Arti Warna Hitam

Warna-Warni Meja Belajar Anak yang Aman dan Ramah LingkunganSeperti untuk warna putih, ada perdebatan terbuka tentang apakah hitam benar-benar warna. Menurut psikologi warna, hitam sangat terkait dengan dunia malam, kekuasaan dan kematian. Ini merupakan penyangkalan, misteri, berkabung, kebencian, kekejaman, dll. Orang mengasosiasikan kucing hitam dengan nasib buruk dan tidak ada yang ingin memiliki hari hitam.

Langkah Pengecatan Meja Belajar Anak

Kini Anda sudah menemukan warna yang diinginkan anak dan cocok sesuai dengan gaya ruangan serta psikologi yang mendorong agar semanagt untuk belajar. Mmeulai proses pengecatan Anda membutuhkan beberapa bahan yaitu BioColours Primer white, Orchid sesuai dengan warna yang diinginkan dan BioColours top coat gloss. Ketiga produk ini sangat penting untuk memunculkan warna-warna cerah dan gelap pada meja belajar anak.

Selain produk Anda membutuhkan bahan dan alat, untuk proses aplikasi Anda perlu mengecat menggunakan spray gun dan kuas, gelas plastik untuk proses pencampuran, dan amplas nomor 400. Setelah bahan dan alat sudah dikumpulkan maka lakukan langkah-langkah berikut untuk aplikasi.

  1. Amplas seluruh permukaan meja belajar dan pastikan sudah halus untuk memastikan pori kayu terbuka.
  2. Campurkan produk BioColours primer coat dan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk rata. Kemudian masukan ke dalam tabung spray gun dan mulai mengaplikasikan. Aplikasikan secara merata dan tunggu lapisan mengering selama 60 menit tanpa dijemur di bawah panas matahari. Lakukan pengamplasan secara ambang setelah kering.
  3. Campurkan produk Orchid dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Kuaskna secara merata ke seluruh permukaan kayu dalam satu arah untuk menghindari bekas kuas setelah mengering. Tunggu kering dan Anda bisa melanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400. Perhatikan warna yang didapatkan, jika warna belum tajam atau sesuai dengan keinginan Anda maka aplikasikan cat Orchid kembali.
  4. Langkah terakhir adalah aplikasi BioColours top coat gloss. Lapisan ini akan memberikan lapisan perlindungan berbentuk film yang kuat dan lentur. Campurkan top coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Semprotkan top coat ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering. Lapisan akhir ini membutuhkan waktu 24 jam untuk dapat mengering dengan sempurna hingga meja belajar dapat digunakan kembali dengan warna yang berbeda.
Baca Juga:  Pagar Besi Rumah Mulai Berkarat? Jangan Diamkan Saja Saat Lebaran Tiba

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X