Cara Mengecat Kayu Yang Benar Untuk Lis Plafon Kayu

Cara Mengecat Kayu Yang Benar Untuk Lis Plafon Kayu

Apakah Anda salah satu orang yang gemar dengan bahan kayu? Jika iya, penggunaan lis plafon kayu adalah hal sudah sangat biasa dan juga akan menghias ruangan. Tidak hanya palfon, namun untuk hasil yang maksimal pun Anda juga bisa menggunakan plafon dengan bahan kayu secara keseluruhan.

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan produk lis plafon kayu atau bahkan plafon kayu. Apa saja hal tersbut? Perhatikan alasannya berikut ini:

  1. Kayu sangat mudah berjamur

Jika Anda menggunakan plafon kayu maka Anda harus mengatasi jamur yang sering timbil Belum lagi jika pada atap ada yang bocor maka plafon kayu adalah bagian pertama kali yang ditumbuhi oleh jamur.

  1. Kayu sangat mudah dimakan rayap

Kayu adalah makanan dari rayap, jadi jika Anda ingin menggunakan kayu sebagai plafon maka Anda harus mengatasi adanya rayap. Ketika rayap sudah menguasai kayu tidak perlu waktu lama untuk plafon mudah runtuh.

  1. Kayu sulit untuk dipasang

Plafon kayu memang memiliki hasil yang menarik dan juga artistik, belum lagi jika Anda memilih jenis lis plafon yang memiliki ukiran. Namun untuk memasang plafon dari kayu membutuhkan keahlian yang khusus. Jadi Anda harus mempersiapkan budget yang cukup untuk membayar tukang pasang plafon kayu.

  1. Kayu sangat mudah untuk terbakar

Kecelakaan seperti kebakaran dalam rumah adalah salah satu bencana yang tidak bisa dihindarkan. Nah ketika Anda menggunakan bahan plafon kayu maka ketika terjadi kebakaran rumah akan sangat mudah untuk terbakar habis.

Cara Mengecat Kayu Yang Benar
Plafon kayu pada sebuah rumah dengan desain minimalis.

Memang banyak sekali kelemahan dari plafon kayu ini, namun hal tersebut tidak menghindari oleh para penggemar kayu untuk tetap menggunakan kayu sebagai lis plafon atau plafon. Ini disebabkan kayu adalah material yang paling mudah didapatkan dan juga memiliki nilai artistik yang tinggi walaupun tanpa ukiran. Serat kayu yang besar atau kecil bahkan untuk warna kayu sangat bervariasi. Mendukung tampilan dari plafon kayu semakin menarik.

Tips Cara Mengecat Kayu pada Lis Palfon

Jika Anda ingin menghindari empat hal kelemahan dari kayu dia atas maka Anda bisa lebih berhati-hati dalam penggunaan api di dalam rumah. Sedangkan untuk harga plafon kayu yang mahal memang tidak bisa dipungkiri sehingga Anda harus benar-benar menyediakan budget yang tinggi karena kayu untuk plafon memiliki harga yang mahal. Kayu yang digunakan untuk plafon atau lis plafon sendiri bukanlah kayu sembarangan namun jenis kayu yang berkualitas seperti kayu ulin atau kayu merbau yang keras dan juga kuat.

Untuk mencegah dari timbulnya jamur atau rayap, Anda bisa melengkapi datangnya jamur dan rayap menggunakan bahan finishing. Penggunaan bahan finishing cat pada plafon bisa Anda aplikasikan setelah plafon terpasang. Cara aplikasinya cukup mudah seperti ketika Anda sedang mengecat tembok bisa menggunakan kuas atau roll tergantung dengan plafon berukir atau tidak. Untuk pengecatan plafon yang natural Anda bisa menggunakan produk cat kayu Biovarnish yang memiliki tampilan transparansi tinggi. Aplikasi sangat mudah cukup mencampurkan bahan cat menggunakan air saja dan langsung bisa diaplikasikan menggunakan kuas atau dengan roll.

Baca Juga:  Cat Kayu Mengkilap Penting Untuk Tas Rotan

Proses tersebut adalah cara mengecat kayu yang benar dalam melakukan finishing pada plafon atau lis kayu. Anda bisa memilih berbagai jenis warna natural untuk finishing menggunakan produk cat kayu Biovarnish. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal selalu perhatikan takaran atau perbandingan antara cat dan juga bahan pelarut yang digunakan. Pastikan Anda menggunakan takaran yang tepat ahar tidak muncul efek bleeding atua sagging. Ketika mengecat plafon kayu pastikan Anda mengecat sesuai dengan serat kayu sehingga hasil yang didapatkan tidaklah terlihat brush marking. Karena hasil yang sempurna adalah sesuai dengan serat kayu.

Cara Mengecat Kayu Yang Benar
Aplikasi cat dengan kuas pada material kayu.

Cara mengecat lis plafon kayu bahkan plafon kayu itu sendiri adalah cara yang mudah, Anda tidak membutuhkan banyak alat atau cara aplikasi yang mudah. Cukup berbekal dengan bahan cat, kuas atua roll kemudian amplas Anda bisa melakukan proses finishing dengan cepat dan juga mudah. Jika Anda menggunakan cat kayu Bioavarnish, Anda tidak perlu takut atau bingung untuk cat cepat kering karena hanya menggunakan suhu udara ruangan saja cat kayu Biovarnish pada plafon akan dapat kering sempurna.  Tidak seperti cat solvent yang akan menimbulkan efek berkabut karena proses pengeringan plafon membutuhkan panas matahari.

Baca juga : Tips dan Trik Menggunakan Kuas Saat Mengecat Kayu

Namun ada juga finishing lis plafon yang dilakukan sebelum lis tersebut dipasang. Ini untuk menghindari cat pernis mengotori dinding. Jadi para penjual lis plafon sudah menyiapkan lis plafon yang sudah selesai difinishing. Anda tidak perlu takut atau bingung lagi dalam proses finishingnya karena Anda cukup memasang lis plafon saja. Namun Anda juga harus mentahui bahwa jenis cat yang digunakan oleh pengrajin belum tentu cat water based yang aman dan juga ramah lingkungan. Apabila Anda ingin melakukan finishing sendiri maka belilah lis plafon yang belum difinishing kemudian Anda bisa melakukan penegcatan sendiri di rumah dengan cat kayu Biovanrish sebelum Anda memasangnya.

Jenis Cat Untuk Lis Plafon Kayu Yang Tahan Lama

Plafon adalah bagian rumah yang sangat penting untuk membuat atap rumah tidak terlihat berlubang. Plafon juga akan memberikan ruangan menjadi lebih hangat. Anda pasti sudah mengenal bahwa kayu adalah material alam yang bisa menimbulkan kehangatan di dalam ruangan karena warnanya. Selain itu juga kayu yang sudah mati atau ditebang tersebut masih memiliki fungsi untuk menyerap karbon yang ada di udara. Karena kayu masih memiliki pori yang juga masih berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak memanfaatkan kayu maka Anda sendiri yang akan rugi. Maka tidak heran jika kayu menjadi bahan yang selalu ada pada gaya modern atau gaya futuristik.

Baca Juga:  Bahaya! Salah Penggunaan Silica Gel Biru Bisa Mengakibatkan Penyakit Ini
Cara Mengecat Kayu Yang Benar
Kayu yang dimakan oleh rayap.

Nah mengingat berbagi macam jenis atau alasan plafon cepat rusak adalah karena jamur dan juga rayap. Namun jika Anda menggunakan jenis cat yang tepat, masalah jamur dan juga rayap akan tertasi dengan baik. Anda tidak perlu takut atau bingung karena cat kayu Biovarnish yang merupakan cat tahan air dan juga rayap ini akan melindungi Anda untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Cat kayu Biovarnish sudah dilengkapi dengan bahan anti jamur dan anti rayap sehingga akan emnimbulkan resin yang tidak disukai oleh rayap seperti halnya pada kayu jati.

Cara Mengecat Kayu Yang Benar
Varian produk Biovarnish.

Cat kayu Biovarnish yang mudah digunakan hanya dengan kuas dan juga air ini akan memebrikan dua tampilan akhir yaitu gloss dan juga doft. Anda bisa memilih apakah Anda ingin memberikan tampilan natural atau tampilan yang sedikit mewah. Namun jika Anda mengggunakan cat kayu Biovarnish Clear Doft tentu saja hasil tampilannya akan sangat natural. Berbeda dengan jika Anda menggunakan jenis cat gloss karena untuk tampilan plafon biasanya banyak menggunakan tampilan gloss untuk memberikan kesan yang mewah.

Lalu bagaiaman apakahA dna akan tetap menggunakan cat kayu solvent yang lama kering? Tentu saja waktu keirng yang lama akan menyebabkan tampilan tidak sempurna. Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish sekarang juga. Bahkan untuk proses pembeliannya bisa dilakukan melalui situs ini yang merupakan situs yang menyediakan bahan finishing water based seperti pernis dan juga cat duco. Tak hanya itu Anda juga bisa mendapatkan berbagai kebutuhkan kayu lainnya seperti bahan perekat dan juga bahan pengawetan kayu.

Langkah Lengkap Mengecat Lis Plafon Kayu dengan Biovarnish

Setelah mengetahui produk apa yang sebaiknya digunakan, saatnya untuk mengaplikasikan. Jangan biarkan lis plafon kayu di rumah sudah rusak bahkan berjamur baru Anda mulai refinishing. Karena semakin lis tersebut rusak akan lebih sulit untuk memperbaikinya. 

Selama lis plafon masih terpasang kokoh dan tidak keropos, maka proses refinishing bisa segera dimulai. Beli terlebih dahulu Biovarnish series lengkap dan pastikan Anda sudah membeli warna yang sesuai dengan plafon kayu. Siapkan air, wadah untuk melarutkan cat, kuas berbulu nilon dan isolasi kertas. 

Jika semua alat sudah siap, Anda bisa melanjutkan dengan cara mengecat kayu untuk lis plafon berikut yang tepat. 

• Persiapan permukaan lis kayu

Sebelum memulai bekerja, Anda bisa memberikan isolasi kertas terlebih dahulu pada pinggiran lis kayu. Tujuannya supaya pengecatan berjalan rapi dan tidak merusak cat di dinding atau plafon. 

Baca Juga:  Cara Efektif Menghilangkan Noda Kayu Warna Biru Kehitaman akibat Jamur

Setelah itu baru amplas lis kayu dengan kertas amplas nomor 220. Pengamplasan dilakukan hingga warna kayu asli terlihat atau lapisan cat lama sedikit menghilang. Baru Anda bisa membersihkan debu amplas dengan kain. 

Karena letak lis kayu berada di atas dan bentuknya kecil, Anda bisa mengamplasnya secara manual saja. Tidak perlu menggunakan mesin karena pengecatan tetap berjalan dengan rapi. 

• Merapikan lis dengan wood filler

Selesai mengamplas maka permukaan lis kayu yang rusak atau cacat biasanya terlihat. Kebanyakan lis plafon terbuat dari jenis kayu ringan yang mudah berlubang. Material ini juga biasanya memiliki banyak cacat warna. Supaya warna kembali merata dan mudah dicat maka aplikasi wood filler sangat penting. 

Anda bisa memiliki warna Biovarnish wood filler sesuai kebutuhan hasil akhir yang diinginkan. Baik itu warna jati hingga mahoni. Sedangkan cara aplikasinya mudah bisa dengan kain dan juga air. Pertama ambil sedikit wood filler ke dalam wadah terpisah. 

Tambahkan sedikit air pada wood filler dan aduk hingga merata. Gunakan kain katun kering dan bersih untuk meratakan wood filler ke permukaan lis plafon. Tekan dan usapkan searah bentuk lis kayu hingga merata dan mengisi cacat. 

Biarkan kering dan pastikan tidak ada cacat kayu yang terlihat atau permukaan halus. Jika sudah kering Anda bisa melanjutkan dengan mengamplasnya. Gunakan amplas nomor 240 dan amplas searah serat kayu. 

• Memberikan warna pada lis plafon

Saatnya memberikan warna, Anda bisa memilih warna natural yang tersedia dari produk Biovarnish wood stain. Untuk cara mengaplikasikannya pertama campurkan wood stain dengan air perbandingannya 2:1. Aduk hingga merata dan campurkan di wadah lain yang terpisah. 

Langsung kuaskan cat ke permukaan lis plafon searah bentuk lis. Anda bisa memegang kuas secara horizontal dan jangan sampai melebihi isolasi kertas. Kuas tipis saja dan biarkan kering setelah merata. Jika sudah kering lanjutkan dengan pengamplasan ambang, Anda bisa menggunakan amplas nomor 400. 

• Memberikan tampilan akhir

Sebagai tampilan akhir pada lis Anda bisa memberikan lapisan Biovarnish clear coat gloss. Kayu akan tampak mewah dan juga terlindungi dengan pernis kayu ini. Cara mengaplikasikannya cukup campurkan terlebih dahulu Biovarnish clear coat dengan air. Perbandingannya juga 2 bahan :  1 air. 

Kuas bahan hingga merata ke permukaan lis dan ikuti arah wood stain tadi. Lepaskan isolasi setelah Anda selesai mengecat. Lis plafon kayu akan kering setelah 24 jam. 

Penasaran bagaimana hasilnya jika Anda mengecat lis plafon sendiri? Anda bisa segera membeli Biovarnish terlebih dahulu di link berikut ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/rayapjamur
  2. https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X