Cara Mengecat Kayu Dengan Pori-Pori Tertutup Untuk Meja TV Kayu Jati

Cara Mengecat Kayu Dengan Pori-Pori Tertutup Untuk Meja TV Kayu Jati

Meja TV kayu jati adalah salah satu furniture wajib yang harus ada di ruangan keluarga. Elektornik TV merupaan benada yang saat ini pasti ada di setiap rumah. Untuk itu demi meletakan elektronik ini dibutuhkan meja TV khusus yang juga memiliki fungsi untuk memperindah ruangan. Kayu jati dipilih karena kuat untuk menampung dan juga kuat untuk menyimpan benda elektronik yang lainnya. Jangan sampai Anda mendapatkan   jenis kayu jati muda yang memang harganya lebih murah namun Anda juga harus siap dengan resikonya yang mudah untuk rusak. Namun sebenarnya Anda bisa mengatasi sebelum adanya kerusakan pada meja TV kayu jati menggunakan cat kayu. Fungsi dari cat kayu adalah untuk melindungi furnitur meja TV dengan baik dari rayap jamur dan juga juga berbagai hama lainnya. Selain itu cat juga akan memberikan penampilan yang sangat maksimal dan juga sangat indah.

Cara Mengecat Kayu Dengan Pori-Pori Tertutup Untuk Meja TV Kayu Jati
Macam-macam pori-pori kayu.

Penggunaan dari segi cat ini akan sangat mempengaruhi keberlangsungan dari kayu. Jadi kayu yang diberikan lapisan cat diibaratkan dengan jenis kayu yang diberikan lapisan pelindung dari luar. Hama seperti rayap yang datangnya dari luar tidak akan mudah menembus lapisan film yang dibentuk oleh cat. Bahkan untuk perubahan cuaca juga akan tidak akan mudah langsung mengenai kayu namun melewati lapisan film terlebih dahulu. Mengapa jenis kayu bahkan kayu jati yang terkenal sangat kuat dan tahan lama tetap akan mudah dihinggapi oleh rayap? Perlu Anda ketahui bahwa kayu apapun jenisnya merupakan serat alam yang memiliki pori. Nah pori tersebut akan menyerap kelembapan di udara apalagi jika terjadi hujan dan juga kebocoran air. Ketika pori sudah meresap air maka air akan disimpan di dalam substrat kayu yang membuat kayu menjadi basah.

Kayu yang basah tersebut akan menimbulkan jamur. Dimana jamur memang dapat tumbuh dengan mudah di udara lembab dan juga meterial yang basah terus menerus seperti kayu. Jika jamur sudah tumbuh maka rayap akan datang menggerogoti kayu. Ini akan membuat kayu menjadi lebih cepat rusak dibandingkan hanya dengan jamur saja. Rayap akan memakan kayu  hingga habis, nah oleh karena itu diubutuhkan lapisan dari cat yang akan membuat lapisan dari luar kayu dan melindungi dengan baik.

Menciptakan lapisan film pada kayu ini membutuhkan cara mengecat kayu dengan pori-pori tertutup. Meja TV kayu jati bisa Anda pilih dari berbagai jenis kayu tidak hanya jenis kayu jati saja. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda bisa menggunakan produk cat kayu Biovarnish yang akan menimbulkan efek warna sangat menarik. Meja TV memiliki berbagai macam desain dan juga gaya. Apabila Anda ingin mendapatkan gaya yang natural maka gunakanlah hasil finishing dari warna natural yang disediaakn oleh produk cat Biovarnish.

Baca Juga:  Sudah Tahu Perawatan Meja Kayu Cafe Agar Tahan Lama?

Apa Itu Finishing Dengan Pori-Pori Kayu Tertutup

Sebelum masuk ke dalam cara menegcat kayu dengan pori-pori tertutup. Maka pahami terlebih dahulu apa yang disebut dengan pori-pori tertutup ini. Dala dunia finishing ad dua jenis hasil finsihing yangs angat dikenal yaitu finishing dengan pori-pori tertutup dan kedua adalah finishing dengan pori-pori terbuka. Telah dijelaskan di atas bahwa kayu memiliki pori-pori yang memiliki fungsi untuk menyerap molekul air dalam uudara dan juga air. Nah pori-pori inilah yang akan ditutup oleh bahan cat. Untuk jenis finishing pori-pori terbuka ini artinya adalah membiarkan pori-pori kayu tetap terbuka. Lalu bagaimanakan dengan fungsi cat yang merupakan pelapisan luar? Nah di sinilah bedanya.

Cara Mengecat Kayu Dengan Pori-Pori Tertutup Untuk Meja TV Kayu Jati
Kayu walnut yang telah di isi dengan wood filler.

Dalam finishing pori-pori terbuka maka pori tidak akan dilapisi dengan cat namun tetap dapat diberikan perawatan yang mencegah jamur atau mencegah timbulnya berbagai macam kerusakan apda kayu. Caranya adalah melakuka finishing dengan memberikan bahan yang akan diserap oleh kayu. Bahan ini nantinya akan melindungi furnitur dari bagian dalam. Ada banyak sekali bahan untuk finishing meja TV kayu jati yang bisa digunakan yaitu Beeswax. Cara aplikasi Beeswax ini hanya dipoleskan saja pada permukaan kayu jati menggunakan kain bal. Proses aplikasi juga tidak boleh terlalu tebal karena justru terlalu tebal akan membuat jamur cepat tumbuh pada permukaan meja TV kayu jati.

Finishing dengan pori-pori terbuka disebut juga dengan unfinishing wood. Kayu akan mendapatkan kesan yang benar-benar natural. Cara bahan atab beeswax ini bekerja adalah dengan mencegah tumbuhnya jamur dari dalam. Ketika kayu menyerap kelemabapan maka akan bertemu dengan bahan beeswax di dalam kayu yang akan mencegah tumbuhnya jamur pada permukaan kayu. Jadi jika Anda  ingin mendapatkan hasil finishing yang natural dengan pori-pori terbuka maka gunakanlah produk Beeswax.

Cara Mengecat Kayu Dengan Pori-Pori Tertutup Untuk Meja TV Kayu Jati
Perbandingan penggunaan Biopolish pada kayu jati.

Aplikasi bahan finishing untuk pori terbuka adalah dengan beeswax, lalu bagaimana dengan finishing untuk mendapatkan hasil finishing pori tertutup? Anda bisa menggunakan bahan cat atua dempul wood filler. Ya pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah dempul. Dempul adalah bahan finishing yang berfungsi untuk menutup pori-pori. Namun khusus untuk pori kayu yang sangat kecil dan untuk hasil finishing warna natural maka Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler. Produk Wood Filler dari Biovarnish memiliki partikel yang sangat kecil sehingga dapat dipastikan akan masuk ke dalam pori kayu dengan baik.

Finishing dengan pori-pori tertutup tidak hanya tergantung dengan wood filler saja namun ada rangkaian produk yang juga harus digunakan agar pori-pori tertutup dengan sempurna dan tampilan dari meja TV kayu jati pun akan sangat menarik. Nah setelah Anda menggunakan wood filler maka gunakanlah produk wood stain dari Biovarnish. Anda bisa memilih beragam warna wood stain dari 20 pilihan warna yang tersedia. Di sini Anda bisa memilih warna kayu terang seperti Yellow Ox atau gelap seperti sonokeling dan papua rose. Terkahir untuk membentuk lapisan film yang kuat maka Anda bisa menggunakan Clear Coat dari Biovarnish. Ada dua jenis tampilan dari Clear Coat yang tersedia yaitu gloss dan juga doft. Keduanya akan sama-sama menciptakan lapisan film pelindung yang sangat kuat.

Baca Juga:  Manufaktur Cat Kayu Terbaik Biovarnish

Cara Mengecat Untuk Pori-Pori Tertutup Yang Benar Pada Meja TV Kayu Jati

Lapisan pelindung yang diciptakan oleh produk Biovarnish ini bahkan bisa menimbulkan meja TV kayu jati yang tahan goresan. Bagaimana cara lengkap aplikasi Biovarnish untuk pori-pori tertutup meja TV kayu jati? Berikut ini cara aplikasi lengkapnya:

  • Siapkan meja TV kayu jati yang siap difinihshing. Katagori siap finishing adalah sudah diampls halus sehingga pori-pori kayu terbuka. Bersihkan sisa debu amplas yang terdapat pada permukaan kayu. Kayu yang kotor akan menimbulkan hasil finishing yang tidak rata. Tak hanya itu cat juga mudah untuk melekat pada pori kayu.
  • Aplikasi pertama adalah Biovarnish Wood Filler untuk menutup seluruh pori kayu. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan kain bal. Prosesnya adalah suapkan ke seluruh pemrukaan meja TV kayu jati sambil ditekan. Aplikasikan tipis-tipis karena jika kurang Anda bisa mengulangi aplikasi setelah pengamplasan. Tunggu meja hingga kering sekitar 20 menitan setelah itu baru diamplas dengan kertas amplas nomor 240. Amplas hingga halus dan Anda bisa mendapatkan tampilan serat kayu yang terlihat.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga rata baru dikuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata searah serat kayu. Diamkan hingga cat menegring skeitar 60 menit tanpa harus dijemur pada panas matahari. Amplas dengan kertas amplas nomor 400 hingga halus.
  • Terakhir aplikasikan Biovarnish Clear Coat Gloss atua doft untuk hasil natural. Campurkan Biovarnish dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk dengan rata. Aplikasikan dengan kuas searah serat kayu. Jika sudah Anda bisa tunggu kering meja TV kayu jati semalaman.

Trik Finishing Close Pore agar Berhasil 

Finishing close pore adalah jenis finishing yang cukup banyak dipilih dibandingkan dengan finishing poles atau open pore. Alasannya karena pori tertutup dengan rapat, apalagi untuk jenis kayu dengan pori yang terlalu besar ukurannya. Tujuannya agar kelembaban tidak menyerap dan jamur atau rayap muncul seketika. 

Walaupun cukup sering diaplikasikan, namun tidak semua pemula yang baru pertama kali mencoba bisa langsung berhasil menerapkannya. Hasil finishing bisa berhasil atau gagal tergantung apakah sudah mengikuti sesuai dengan instruksi. 

Supaya hasil finishing bisa berhasil, Anda bisa mengikuti beberapa trik berikut ini. 

  • Mencampurkan wood filler dengan air
Baca Juga:  Mengenal Jenis-Jenis Kayu dan Cat Kayu Eksterior yang Tepat

Wood filler biasanya memiliki bentuk seperti pasta sedikit encer, tetapi ada juga yang padat. Untungnya jika Anda menggunakan Biovarnish wood filler larutannya agar encer. Nah untuk hal ini, Anda bisa menambahkan sedikit air agar bahan lebih encer lagi. Mengapa harus encer? Supaya lebih mudah diaplikasikan. 

Wood filler yang lebih encer akan mudah diratakan dengan kain bal dan sudah pasti bisa masuk ke dalam pori daripada yang lebih kental. Langkah ini akan sangat membantu ketika Anda menggunakan kayu yang ukuran pori lebih kecil dan rapat seperti jati. 

  • Menambahkan sanding sealer

Supaya lapisan coating kuat dan benar-benar menutup pori kayu, Anda bisa menambahkan sanding sealer pada permukaan coating wood stain. Jadi setelah Anda mengaplikasikan stain dan kering kemudian di amplas aplikasikan Biovarnish sanding sealer. Lebih cocok lagi jika Anda menggunakan Biovarnish liquid stain yang sama seperti wood stain. 

Adanya sanding sealer ini akan membantu coating jadi lebih kuat dan melindungi warna stain. Selain itu clear coat atau pernis di atasnya juga akan mudah diaplikasikan dan merekat kuat. Pastikan saja bahwa sanding sealer juga berpelarut air. 

  • Memilih warna yang sesuai

Karena Anda akan menutup pori kayu, maka akan lebih baik untuk menentukan warna sejak awal. Keuntungan dari close pore adalah Anda akan lebih mudah untuk memberikan warna yang sama sekali berbeda dengan warna kayu aslinya. Bahkan untuk jati, Biovarnish menyediakan banyak pilihan warna jati. 

Oleh karena itu untuk warna wood filler juga harus dipilih yang sesuai yaitu kayu jati. Warna ini sangat penting agar meja tv kayu jati tidak memiliki warna belang. Selalu disesuaikan juga warna ini dengan gaya interior ruangan. 

  • Cara menguas harus searah serat kayu

Anda harus mengaplikasikan coating searah dengan serat kayu sehingga hasilnya merata dan juga halus. Pastikan bahwa semua coating ini tidak menciptakan brush mark jadi pastikan untuk memilih jenis kuas yang tepat. Khusus Biovarnish Anda bisa menggunakan kuas dari bulu nilon yang cocok dengan cat berpelarut air. 

Jika cat diaplikasikan searah dengan serat kayu sudah pasti hasilnya juga halus. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal hasil warna yang berbeda atau belang. Serat kayu jati juga memiliki warna yang sangat terlihat indah. 

  • Selalu mengamplas antar lapisan coating

Setiap lapisan coating yang sudah kering harus di amplas terlebih dahulu sebelum akhirnya dilapisi dengan coating baru. Fungsi dari amplas adalah untuk meratakan permukaan sehingga hasil close pore bisa maksimal. Selain itu coating juga memiliki guratan halus yang memudahkan cat di atasnya untuk melekat. 

Semua trik ini jika dilakukan dan dicermati pada saat aplikasi maka hasil finishing close pore bisa sempurna. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X