Cara Membuat Meja Kayu Palet untuk Coffee Table

Cara Membuat Meja Kayu Palet untuk Coffee Table

Siapa yang tidak mengenal kayu palet di Indonesia? Para DIY pasti sudah lama menggunakan kayu palet untuk berbagai macam proyek furnitur di rumah maupun pesanan konsumen. Mendapatkan kayu palet sangat mudah dan murah selain itu strukturnya yang lunak membuat kayu ini lebih mudah diolah baik dibentuk dan dipotong. Kayu yang sangat cocok baik bagi pemula maupun pada profesional sekalipun.

Walaupun ketahanannya yang rapuh apabila digunakan di luar ruangan, tidak banyak yang kecewa padanya ketika digunakan untuk hiasan bahkan sebagai furnitur dalam ruangan seperti coffee table. Cara pembuatannya yang mudah patut di coba bagi Anda yang sedang mencari proyek pertama untuk diolah.

Jika Anda belum memiliki kayu palet sebagai material, Anda bisa membelinya di toko khusus penjualan palet kayu atau di toko kayu. Banyaknya permintaan material ini membuat banyak toko khusus kayu palet mudah ditemukan bahkan di dekat rumah Anda.

Siapkan beberapa tumpuk kayu palet yang bisa Anda beli. Kayu palet yang dijual biasanya sudah memiliki kualitas baik. Namun jika Anda tidak bisa membelinya Anda bisa menggunakan tumpukan kayu bekas namun tentu saja Anda perlu menyortir manakah kayu yang masih layak untuk digunakan. Jangan lupa untuk menghilangkan benda logam seperti paku yang akan merusak hasil karya terbaru Anda.

Jika material utama sudah didapatkan berikut ini peralatan yang dibutuhkan:

  • Palet
  • Gergaji
  • Palu
  • Paku
  • Kertas Amplas
  • Glaze
  • Empat roda
  • Sekrup
  • Baut Kayu

Jika bahan dan alat sudah Anda siapkan, berikut ini langkah-langkah yang dilakukan secara berurutan.

  1. Mengatur ulang palet untuk table top

Pertama-tama, lihat palet sesuai ukuran yang Anda inginkan untuk digunakan dan buang paku yang tersisa. Gunakan bilah yang dipilih berlebih, juga kayu dari palet lain, untuk bagian atas meja. Tempatkan mereka secara merata, ukuran celah di antara berada di ukuran yang Anda buat sendiri. Pukulkan mereka ke tempatnya dan paku setelahnya.

  1. Potong kelebihan dan dan pasang kaki meja
Baca Juga:  Grosir Cat Duco Kusen BioColours Yang Mudah Kering

Melihat keluar dari kaki meja palet terpisah lain untuk coffee table Anda. Kuku di bagian bawah secara merata, tepat setelahnya. TIP: Gunakan amplas untuk membersihkan bagian atas coffee table  dari kayu palet Anda.

  1. Cat Semuanya

Sebelum kita mulai memakukan segala sesuatu lebih jauh yaitu memasang roda, cat dulu semuanya. Biarkan kering untuk sementara. Anda bisa menggunakan glaze yang telah disiapkan.

  1. Cara memasang roda dan rak bawah

Kini Anda telah selesai mengecat. Jika Anda ingin menambahkan ke coffee table  dari kayu palet Anda seperti di bawah rak dan roda, inilah cara melakukannya. Temukan tempat di bawah rak. Sebaiknya Anda melihat pada sudut-sudut meja kopi dan kemudian bagian tengah meja untuk menjaga kaki tetap aman.

Kemudian, bor lubang untuk baut. Sebaiknya Anda menggunakan baut pembawa untuk bagian proyek ini. Pastikan mereka dijamin bagus dan kencang. Seperti di bawah rak, bor lubang untuk baut untuk kastor. Pastikan bahwa semua roda sejajar dengan cara yang sama, sehingga mereka tidak bergerak.

Sebelum membalik meja kopi, periksa dan pastikan semua baut dan sekrup sudah kencang sekali lagi.

  1. Kagumi Produk Anda

Sekarang semua pekerjaan sudah berlalu, kagumi produk Anda yang sudah jadi, tentu saja!

Finishing Lain untuk Meningkatkan Penampilan

Anda bisa saja merasa penampilan dari meja kopi yang terbuat dari kayu palet tersebut kurang menarik. Alasanya adalah Anda kurang berkesperimen dari bahan cat yang digunakan. Anda tidak hanya bisa menggunakan cat kayu Glaze saja namun Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan wood stain dan top coat. Bahkan tambahan yang menarik Anda bisa menciptakan tampilan yang unik dan bertekstur seperti rustik.

Baca Juga:  Temukan Cara Mendempul Kusen Kayu Keropos

Cara Membuat Meja Kayu Palet untuk Coffee TableTidak sulit untuk mengubahnnya bahkan setelah roda dipasang, Anda bisa memutuskna untuk melakukan proses pengecatan di akhir. Nah jika Anda ingin mendapatkan finishing rustik dan tetap menggunakan Glaze, bahan tambahan lain yang dibutuhkan adalah wood stain dan top coat. Dalam finishing kali ini Anda bisa menggunakan produk BioColours.

Pertama-tama, tutup bagian roda karena jika terdapat benda logam, cat akan membuatnya cepat berkarat jadi sebaiknya lindungi bagian tersebut. Tutup juga bagian kayu lain yang tidak ingin Anda berikan lapisan cat.

Amplas seluruh bagian meja kayu tersebut dengan amplas kasar 220. Anda bisa melakukan sedikit penekanan. Jika sudah gunakan sikat kawat dan sikatkan ke seluruh permukaan searah serat kayu. Anda akan menciptakan goresan seperti tekstur kayu yang sudah berumur lama dan rusak pada bagian permukaan. Ini akan menghasilkan finishing rustik yang sempurna.

Berikan lapisan dasar dari BioColours wood stain, pilih warna wood stain yang Anda inginkan seperti warna walnut atau warna kayu jati. Warna kayu palet yang putih akan memudahkannya untuk dilapisi warna wood stain apapun. Campurkan BioColours wood stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air ke dalam wadah plastik dan diaduk hingga rata.

Semprotkan larutan wood stain ke seluruh permukaan meja yang telah Anda siapkan. Lakukan tipis-tipis jika kurang tebal Anda bisa mengaplikasikan ke dua kalinya setelah kering. Anda bisa mengamplas jika lapisan wood stain sudah benar-benar kering. Lakukan cara ini dengan kertas amplas 400.

Bersihkan debu amplas dan Anda bisa mengulangi aplikasi yang kedua. Lakukan tahapan selanjutnya yaitu aplikasi Glaze. Campurkan Glaze dengan air perbandingan 5 bahan : 1 air dan aduk. Kuaskan merata dan tunggu 10 menit baru bersihkan sisa cat dengan kain lap yang telah dibasahi.

Baca Juga:  5 Desain Rak Sepatu Agar Tertata Rapi

Aplikasikan langsung BioColours top coat. Anda bisa memilih top coat gloss atau matte jika ingin tampak lebh natural. Campurkan BioColours top coat dengan air terlebih dahulu. Aduk rata dan masukan ke dalam tabung alat semprot. Lakukan penyemprotan dengan rata seperti Anda mengaplikasikan wood stain.

Jika sudah rata Anda tidak perlu menunggu kering dan mengamplas. Cukup diamkan meja di dalam tempat yang kering dan memiliki ventilasi udara yang baik selama 24 jam. Lakukan ini hingga benar-benar mengering sebelum Anda menggunakannya.

Jika Anda mendiamkannya semalaman lakukan pengecekan apakah tingkat kering sudah didapatkan. Letakan ibu jari Anda pada permukaan meja yang tidak terlalu terlihat, perhatikan apakah lapisan cat masih lengket dan meninggalkan ibu jari, jika masih diamkan kembali namun jika tidak maka lapisan cat sudah benar-benar mengering.

Sebelum meletakannya pada ruang tamu Anda bisa melepas pelindung pada bagian roda. Lapisan cat tidak akan menembus dan mengotori bagian logam di roda atau bagian lainnya yang telah Anda tutup dengan sempurna. Kini proyek pertama Anda menggunakan kayu palet telah selesai bahkan memiliki hasil finishing rustik yang menakjubkan.

Jangan pernah lupa untuk menggunakan bahan cat yang aman karena Anda akan menggunakannya di dalam ruangan. Pastikan bahan cat tidak mengeluarkan bau seperti produk BioColours ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X