Cara Mengkilapkan Kayu Palet dengan Cat Water Based

Cara Mengkilapkan Kayu Palet dengan Cat Water Based

Siapa yang saat ini tidak mengenal produk water based? Cat water based diciptakan untuk menggantikan semua produk finishing yang menggunakan solvent. Mengapa produk solvent diganti? Karena produk solvent mengandung bahan kimia logam berat yang berbahaya untuk digunakan di lingkungan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Bayangkannya saja berapa jumlah gas yang dikeluarkan dan mencemari lingkungan dari p[enguapan solvent yang digunakan pada pabrik furnitur. Tentunya sangat banyak dan menimbulkan polusi udara bagi lingkungan sekitarnya.

Jika Anda tinggal di dekat pabrik atau industri perkayuan atau furnitur yang masih menggunakan cat solvent, permasalahan udara yang kotor akibat pengeringan furnitur dari bahan solvent  pasti akan muncul. Di lingkungan Anda saat ini pasti merasakan bagaimana penatnya dan sesaknya udara yang dihirup pada siang hari akibat pengeringan dari furnitur tersebut.

Ya ini adalah salah satu ciri dimana furnitur mengeluarkan banyak gas logam berat di udara yang membuat Anda menjadi sesak bernapas. Lalu jika Anda adalah seorang penghobi dan mengetahui hal ini apakah Anda akan menggunakan pekerjaan finsihing kayu palet Anda di rumah menggunakan cat solvent?

Tentu saja disarankan untuk tidak menggunakan cat solvent untuk segala bentuk bahan finishing yang digunakan untuk melapisi hasil akhir karya seni perkayuan yang Anda buat dan ciptakan. Demi menjadi kelesatrian dan kesehatan lingkungan menggunakan cat kayu water based tidak ada salah dan tidak ada ruginya.

Menggunakan cat water based untuk finishing kayu palet adalah salah satu pilihan yang sangat tepat. Selain untuk memberikan keamanan terhadap lingkungan ada banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan cat water based.

Keunggulan Mengkilapkan Kayu Palet dengan Cat Water Based

Membahas mengenai keuntungan dari penggunaan cat water based mungkin masih asing dan masih meragukan di telinga Anda. Maklum penggunaan cat solvent yang hingga kini masih dianggap berkualitas tinggi masih sangat sulit untuk dirubah. Padahal penggunaan cat water based memiliki hasil perlindungan dan penampilan yang tidak kalah dengan cat kayu solvent.

Baca Juga:  Pabrik cat kayu warna gloss BioVarnish

Menggunakan cat water based Anda akan menjaga keamanan lingkungan adalah salah satu faktor keunggulan yang tidak dapat dilawan oleh penggunaan cat solvent. Namun bagaimana dengan proses aplikasi dan hasil yang diberikan.

Dalam proses aplikasi cat water based tentu lebih unggul. Anda bisa mencobanya sendiri. Bagaimana bisa cat berbasis air mengalahkan cat berbasis minyak dengan kecepatan keringnya. Pada proses pengeringan cat berbasis minyak Anda akan membutuhkan panas matahari agar cat dapat mengering sempurna.

Jika tidak maka akan muncul efek memutih pada permukaan cat dan mengakibatkan furnitur tidak tampak sempurna. Namun ketika Anda menggunakan cat kayu water based hal sebaliknya akan muncul. Anda tidak lagi memerlukan panas matahari.

Cara Mengkilapkan Kayu Palet dengan Cat Water BasedYang Anda perlukan dalam proses pengeringan adalah ruangan bersih dengan sirkulasi udara yang baik. Bahkan Anda bisa melakukan pengecatan dalam ruangan yang memiliki AC. Cat berbasis air pada dasarnya dapat mengering tanpa panas matahari. Air dapat menguap dengan cepat tanpa harus menggunakan panas matahari.

Bahkan cat dapat mengering dengan sempurna tanpa menimbulkan efek menguning atau mengembun. Jika Anda hanya memiliki waktu singkat untuk pengecatan cat water based bisa Anda dapatkan hanya dalam waktu 60 menit setiap lapisannya. Kecepatan kering dengan udara yang tidak panas menjadi sebuah kelebihan yang tidak dimiliki cat solvent.

Anda akan mengerjakan pekerjaan finishing di akhir pekan atau bahkan di malam hari dengan cepat. Menggunakan cat water based maka Anda bisa lebih fleksibel memilih alat untuk finishing. Cat water based dapat diaplikasikan dengan alat apa saja dengan mudah.

Misalnya saja penggunaan spray gun, Anda tentu membutuhkan ruangan yang luas atau memiliki penyedot asap bahkan bisa mengaplikasikan di luar ruangan dengan peralatan keamanan lengkap jika menggunakan cat solvent. Tidak hanya itu saja walaupun Anda sudah menggunakan peralatan keamanan bau menyengat dari cat yang diaplikasikan menggunakan spray masih dapat Anda hirup.

Baca Juga:  Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Menjadi Furnitur Lebaran

Berbeda dengan cat water based, ketika Anda membuka dari kaleng tidak akan ada aroma menyengat tercium apalagi ketika Anda mengaplikasikannya menggunakan spray system. Menggunakan spray system artinya akan ada banyak cat terbuang dan terkontaminasi dengan udara.

Cat water based tidak memilik aroma keras karena kandungan logam berat yang rendah maka Anda tidak akan kesulitan bernapas ketika mengaplikasikannya. Hasil yang diberikan pun sempurna jika Anda mengikuti petunjuk pemakaian pada kaleng dengan benar.

Empat Langkah Mudah Mengkilapkan Kayu Palet

Penggunaan cat kayu water based adalah salah satu cara dan juga alternatif yang tepat untuk menggantikan cat solvent. Hasil yang diberikan pun dapat mengkilap hingga sheen level 85%. Ketika Anda ingin menggunakan cat water based sebaiknya pilih cat BioColours yang memiliki pilihan warna lengkap, tingkat mengkilap yang tinggi serta aplikasi cepat dan mudah.

Cara Mengkilapkan Kayu Palet dengan Cat Water BasedJika Anda ingin mengaplikasikannya pada palet kayu yang Anda perlukan hanya mempersiapkan material. Siapkan permukaan kayu palet yang akan dicat sudah bebas debu dan kotoran serat halus. Permukaan halus akan membuat hasil finishing yang juga rata dan halus.

Untuk mendapatkan hasil finishing mengkilap cepat pada kayu palet ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Aplikasikan BioColours wood filler dengan warna sesuai warna kayu palet. Aplikasikan wood filler dengan pisau palet ke seluruh permukaan kayu. Jika perlu aplikasikan berlawanan arah serat agar filler dapat masuk merata ke pori kayu. Tunggu lapisan filler mengering sekitar 20 menit dan amplas dengan amplas aluminium oxide nomor 240 hingga serat kayu terlihat.
  • Aplikasikan BioColours sanding sealer. Lapisan ini berwarna transparan untuk memperkuat lapisan filler dan lapisan wood stain di atasnya. Campurkan sanding sealer dengan air dan aduk rata kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Kemudian tunggu kering biasanya membutuhkan waktu 60 menit dan jika kering lanjutkan dengan pengamplasan ambang amplas 400.
  • Aplikasikan BioColours wood stain dengan warna pilihan Anda dan campurkan dengan air sesuai keterangan pada kemasan kaleng. Aduk rata dan semprotkan dengan rata ke seluruh permukaan kayu. Letakan kayu palet tertidur agar tidak terjadi tetesan pada permukaan kayu. Tunggu lapisan wood stain mengering dan amplas dengan kertas amplas 400. Jika warna belum sesuai Anda bisa mengaplikasikan kembali wood stain.
  • Lapisan terakhir sekaligus lapisan pelindung adalah BioColours Top coat gloss. Campurkan top coat gloss dengan air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Pastikan Anda mendapatkan hasil yang rata sebelum lapisan mengering sempurna. Jika sekiranya lapisan belum rata tunggu 60 menit dan amplas dengan amplas 400 kemudian Anda bisa menyemprotkan kembali top coat. Tunggu lapisan akhir ini mengering hingga 24 jam.
Baca Juga:  Tips Menggunakan Cat untuk Mainan Anak yang Ramah Lingkungan

Rangkaian aplikasi di atas jika menggunakan satu lapisan dalam setiap bahan cat maka Anda hanya akan membutuhkan waktu sekitar tiga setengah jam hingga empat jam sisanya Anda cukup menunggu hingga lapisan cat mengering sempurna.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X