Bagaimana Memilih Kursi Teras yang Tahan Lama?

Bagaimana Memilih Kursi Teras yang Tahan Lama?

Kendala sering datang ketika saatnya Anda memilih kursi teras yang tahan lama. Apapun bahan yang digunakan untuk membuat kursi teras kebanyakan bahan tersebut tidak akan bertahan lama. Alasan terkena panas matahari dan juga hujan silih berganti terus menerus membuat berbagai macam material tidak dapat bertahan lama. Maka Anda perlu mengleuarkan budget yang lebih banyak untuk membeli kursi teras setiap tahunnya.

Masalah ini bisa Anda atasi jika dari awal telah menentukan jenis kursi teras dan perabot lainnya yang lebih tahan lama. Mulai dari pemilihan material, bahan finishing hingga kesesuaian dengan gaya yang diterapkan pada teras rumah Anda.

Adanya panas dan juga hujan memang tidak dapat dihindari namun dengan pemakaian bahan finishing yang tepat, kursi teras akan terlindungi dan bertahan lebih lama. Pertama bagaiamana Anda menentukan apakah kursi yang akan Anda lihat di toko online atau toko perabotan rumah dapat bertahan lebih lama dibandingkan kursi sebelumnya?

Berikut ini cara memilih kursi teras yang akan sesuai dengan gaya Anda.

  1. Membuat daftar

Mulailah dengan berpikir tentang bagaimana Anda ingin ruang luar Anda berfungsi. Jika Anda akan menempatkannya pada halaman belakang rumah apakah Anda ingin menyajikannya sebagai ruang makan outrdoor? Apakah Anda ingin menyelenggarakan pesta makan malam Anda berikutnya atau pesta ulang tahun putri Anda?

Buat daftar banyak hal yang ingin Anda lakukan di ruang dan gunakan sebagai panduan untuk menentukan jenis furnitur apa yang diperlukan. Jika fungsi utama dari teras 12×16-kaki Anda adalah untuk menyelenggarakan koktail malam santai, tidak perlu meja makan. Pilihlah kursi yang nyaman, beberapa meja samping.

  1. Cobalah untuk duduk
Baca Juga:  Waspadai Cat untuk Sangkar Burung yang Toksik

Bagaimana Memilih Kursi Teras yang Tahan Lama?Duduklah sebelum membeli. Furnitur teras yang nyaman, seperti furnitur interior, akan digunakan secara teratur sebagai lawan dari perabot teras yang tidak menarik, yang mungkin memiliki kelihatannya bagus tetapi tidak begitu nyaman.

Jangan ragu untuk mencoba duduk pada kursi di toko perabotan, jika Anda akan membeli secara online pertimbangkan biaya pengembalian jika kursi yang sampai ternyata tidak nyaman.

  1. Memilih Bahan dengan Perawatan Mudah

Anda akan memilih furnitur maka bahan menjadi pertimbangan utama. Jika Anda memilih bahan pastikan Anda dapat membersihkannya dengan mudah. Pembersihan juga merupakan proses perawatan jadi pastikan Anda dapat membersihkan untuk metode perawatan yang membuat kursi menjadi lebih tahan lama.

  1. Pertimbangkan untuk Penyimpanan

Anda bisa menyimpan kursi teras Anda jika musim berganti dan ingin menggantinya dengan yang baru. Sebagai gantinya Anda bisa menyimpan di tempat yang mudah seperti pada garasi. Ketika musim yang lama tiba Anda cukup memoles sedikit kemudian menggunakan kembali kursi lama Anda. Pertimbangkan jika saat ini terdapat kursi di garasi yang bisa Anda manfaatkanya.

  1. Pemilihan Warna

Saat membeli furnitur teras, Anda tidak terbatas pada warna alami kayu; hitam, putih, dan krem dari anyaman; atau potongan logam. Finishing dengan warna-warni berlimpah di dunia furnitur luar ruangan. Untuk gaya hidup yang stylish, simpan cipratan warna yang tebal untuk bantal dan potongan aksen.

  1. Berinvestasi dalam Kualitas

Pepatah lama “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar” adalah benar untuk furnitur teras. Kursi resin plastik atau meja samping tampak bagus di rak dan akan menjaga penampilan baik mereka selama satu atau dua tahun di bawah sinar matahari, tetapi pada saatnya mereka akan menjadi rapuh dan kehilangan warna cerah mereka. Hal yang sama berlaku untuk beberapa produk kayu dan potongan rotan. Berbelanja dengan hati-hati, periksa laporan dan ulasan konsumen, sebelum melakukan pembelian besar.

  1. Periksa Bagian Kaki Kursi
Baca Juga:  Tips FInishing Mudah Kusen Warna Solid Dengan Cat Orchid

Selalu periksa bagian bawah kaki kursi. Apakah Anda akan menempatkannya secara langsung di atas tanah atau Anda akan menggunakannya di atas karpet. Jika di atas tanah dan material adalah kayu pastikan bagian kaki kursi menggunakan perlindungan karet. Namun jika berada di atas karpet Anda bisa lebih aman.

Material yang Tepat untuk Kursi Teras

Ketika memilih kursi maka pertimbangkan material yang akan dipilih sekaligus bagaimana Anda akan melakukan perawatan nantinya. Aspek ini akan sangat membantu Anda mendapatkan kursi teras yang lebih tahan lama. Berikut ini beberapa material kursi yang bisa Anda cermati.

  • Besi

Tampilan luar klasik yang cukup berat untuk bertahan di cuaca berangin, besi kini hadir dengan sentuhan dan warna modern, serta desain gulir romantis yang akrab. Karena bobotnya, paling cocok untuk pajangan furnitur luar ruangan yang tidak perlu dipindah-pindahkan. Merawat kursi yang terbuat dari besi cukup menggunakan bahan cat kayu besi yang tahan karat. Penggunaan cat ini dapat diulangi setiap 5 tahun sekali.

  • Aluminium

Sebagian besar furnitur teras logam yang tersedia saat ini terbuat dari aluminium, dan untuk alasan yang baik: ringan, tidak berkarat, dan mudah dirawat. Hal ini sering dipasangkan dengan bantal kain atau kain yang mudah dibersihkan. Lebih mudah perawatan dengan besi, bahan ini biasanya sudah dilengkapi dengan anti karat jadi Anda cukup memberikan cat kayu besi anti karat untuk memberikan lapisan warna.

  • Plastik dan Polimer

Sintetik tahan lama seperti polimer dan plastik kelas laut yang terbuat dari kendi susu daur ulang adalah pilihan yang cocok untuk iklim pantai. Dirancang agar terlihat seperti kayu yang dicat, furnitur yang dibuat dengan bahan ini berat, dapat ditinggalkan dalam elemen sepanjang tahun, dan tidak pernah membutuhkan pengecatan atau penyegelan. Tidak banyak yang dilakukan dalam merawat kursi plastik, Anda hanya membersihkannya dari debu.

  • Kayu
Baca Juga:  Cat Kayu Mengkilap Sebagai Finishng Kayu Buatan

Bagaimana Memilih Kursi Teras yang Tahan Lama?Pastikan Anda tahu jenis kayu apa yang Anda beli dan bagaimana cara merawatnya untuk mencegah membelah, retak, membusuk, atau menginfeksi serangga. Carilah jenis-jenis kayu yang lebih kuat dan keras, seperti jati atau eukaliptus; mereka lebih tahan lama dan lebih mudah dirawat karena mereka menahan air secara alami. Varietas lain mungkin perlu disegel setiap tahun. Hindari furnitur kayu yang sudah dilem karena tidak tahan terkena air. Perawatan yang dilakukan pada kursi kayu cukup menggunakan bahan poles kayu seperti Biopolish Linseed Oil yang dilakukan setiap satu bulan sekali.

Bahan Finishing untuk Kursi Teras dari Kayu

Jika mmepertimbangkan material kayu, maka Anda bisa memberikan berbagai macam warna. Tidak seperti plastik atau aluminium yang sudah memiliki warna dari pabrik. Bahan cat kayu water based dari BioColours bisa Anda gunakan untuk memperpanjang waktu ketahanan dari kursi teras. Perlindungan dari lapisan film yang dibuat akan sangat keras sekaligus lentur.

Cat kayu water based BioColours bisa Anda aplikasikan sendiri menggunakan spray gun dan dari banyak warna yang dipilih ini Anda akan mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai kursi teras, cat BioColours akan memberikan warna baru pada teras dengan 24 pilihan warna solid yang dimiliki.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X