Bahaya Cat Mainan Kayu Mengandung Logam Berat

Waspadai bahaya cat mainan kayu mengandung logam berat. Bukan hanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan sesaat, logam berat juga bisa menyebabkan kerusakan permanen pada organ tubuh anak.

Apa Itu Logam Berat?

bahaya cat mainan kayu mengandung logam berat
Waspadai bahaya cat mainan kayu mengandung logam berat

Secara kasar, logam berat merujuk pada metal yang memiliki massa atom tinggi. Akan tetapi, terdapat perbedaan pendapat mengenai seberapa besar massa atom agar suatu logam bisa disebut logam berat. Dikutip dari WHO, Bennet (1986) mengatakan logam yang massa atomnya lebih besar dari natrium, bisa disebut logam berat. Sedangkan menurut EPA, definisi logam berat adalah logam dengan massa atom tinggi yang bisa menyebabkan keracunan pada konsentrasi rendah dan cenderung terakumulasi dalam rantai makanan. Meski berbeda-beda, namun secara umum kelompok logam berat meliputi contoh-contoh di bawah ini:

  1. Timbal
  2. Merkuri
  3. Kadmium
  4. Arsen
  5. Merkuri
  6. Kromium

Efek Membahayakan Logam Berat

Sebagaimana dijelaskan EPA, logam berat cenderung membahayakan kesehatan meski konsentrasinya sangat rendah. Pollutionissues menjelaskan beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan paparan logam berat sebagai berikut:

  1. Kadmium: kerusakan ginjal
  2. Kromium: Alergi dan dermatitis
  3. Tembaga: pada paparan jangka pendek dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sedang pada paparan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal
  4. Timbal: menghambat pertumbuhan fisik dan kecerdasan
  5. Merkuri: kerusakan ginjal
  6. Arsen: keracunan arsen dapat berakibat kematian

Logam Berat dalam Cat

Sayangnya, meski logam berat tergolong sebagai bahan membahayakan, zat ini terdapat di berbagai benda yang digunakan manusia. Termasuk di antaranya adalah cat mainan kayu. Seringkali beberapa logam berat dimanfaatkan sebagai komponen cat. Sebagai contoh timbal, tembaga, dan merkuri yang dulunya sering digunakan sebagai pewarna. Zat-zat tersebut juga sering dicampur sebagai bahan anti hama agar lapisan cat tidak mudah rusak.

Baca Juga:  Tips Membersihkan Rumah agar Ramadhan Makin Berkesan

Mainan Kayu Edukatif Sebabkan Gangguan Organ Dalam?

Regulasi cat mengandung logam berat memang sudah banyak diusahakan. Tapi kondisi di lapangan belum tentu terjamin. Padahal untuk kebutuhan krusial seperti cat mainan kayu bebas logam berat, kebutuhannya sudah sangat mendesak.

Selama ini, mainan kayu banyak dipilih sebagai alternatif lebih sehat dibanding mainan plastik yang mengandung BPA (BPA bersifat karsinogenik). Jadi penggunaan cat pada mainan kayu yang tidak aman sudah jelas akan mematikan pasar mainan kayu itu sendiri. Apalagi, bahaya cat mainan kayu mengandung logam berat akan lebih berefek pada anak. Selain karena tubuhnya kecil, anak juga belum membangun sempurna sistem pertahanan tubuhnya.

Menghindari Cat Mainan Kayu Mengandung Logam Berat

Bioindustries cat mainan kayu aman
Seri cat mainan kayu Biocolours menawarkan produk-produk aman dan ramah lingkungan.

Sebagai konsumen, untuk menghindari bahaya cat mainan kayu mengandung logam berat, usaha yang dilakukan termasuk sulit. Sebab, tidak mungkin bagi orang awam seperti kita untuk mengetes kandungan logam dalam suatu cat. Namun kita dapat mengusahakan untuk selalu membeli mainan kayu standar nasional atau lebih tinggi lagi, standar internasional. Akan lebih baik, bila kita menilik langsung apakah perusahaan pembuat mainan tersebut sepenuhnya mengandung bahan yang aman atau tidak.

Usaha lebih mudah bisa dilakukan perusahaan mainan kayu. Sebab meski terbatas, sudah terdapat produk cat mainan kayu bebas logam berat dengan standar internasional seperti cat Biocolours. Seri cat Biocolours diformulasikan sesuai standar EPA (Environmental Protection Agency) dan ECHA (European Chemical Agency). Sehingga produk-produk mainan kayu yang dicat tak perlu diragukan lagi keamanannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X