cat charcoal

Cara Mengecat Furniture Kayu untuk Tampilan Charcoal

Ingin melakukan eksperimen dengan cat agar tampilan furniture lebih menarik? Anda bisa melakukannya tanpa harus takut salah. Tampilan furniture charcoal telah menjadi trend di tahun 2020 ini. Tampilan ini akan memperlihatkan kayu seperti warna arang, kehitaman tetapi tidak mengkilap. Mungkin biasanya Anda hanya melihat hasil ini di toko furniture.

Jika bagus, mengapa Anda tidak mencoba menerapkannya? Sudah banyak DIY yang bereksperimen untuk mendapatkan warna ini tetapi selalu gagal. Menduplikasi warna charcoal pada permukaan kayu yang berwarna coklat memang tidaklah mudah. Anda mungkin akan mempertimbangkan menggunakan primer, tapi itu belum tentu benar. 

Primer coat biasanya digunakan untuk mengecat furniture berwarna solid, jadi jika Anda menggunakannya, tampilan serat kayu akan hilang. Padahal warna charcoal masih memperlihatkan tekstur serat kayu. Jadi sebaiknya apa yang harus Anda lakukan? Produk apa yang sebaiknya dipilih? 

Anda mungkin sudah memiliki furniture dengan kayu jati. Jika benar, maka Anda sudah memiliki bahan dasar yang baik. Serat kayu jati lebih kuat, sehingga akan sangat terlihat jika Anda mengaplikasikan finishing ini. Cara mengecat furniture kayu jati dengan warna charcoal juga butuh ketelitian. Penasaran seperti apa? Yuk simak selengkapnya disini. 

Furniture Warna Charcoal yang Trend di Tahun 2020

Selama bertahun-tahun, tampilan natural dari kayu selalu menguasai. Tapi ada sedikit perubahan di tahun 2019 dan 2020 ini. Di pertengahan tahun 2019, warna charcoal sudah mulai diperkenalkan tetapi belum begitu banyak diminati. Warna gelap abu-abu banyak dicari seiring dengan desain minimalis yang semakin meningkat. 

Kesan gelap dari charcoal menjadikannya warna yang netral dalam sebuah ruangan. Ada yang menarik ketika warna ini diaplikasikan pada kayu. Anda bukan hanya mendapatkan warna hitam, tetapi juga keabuan. Selain itu, jika Anda mengaplikasikannya pada kayu jati maka kesan keemasan akan muncul yang membuatnya sangat mirip dengan arang. 

Baca Juga:  Tips Mendesain Kamar Tidur untuk Anak

Ada banyak tingkatan warna charcoal yang sebenarnya bisa dipilih. Bukan hanya sekedar hitam atau abu-abu saja. Hitam juga terdiri dari beragam tingkatan, kesan hitam juga akan berubah ketika selesai dilapisi dengan top coat. Khusus untuk mempresentasikan tampilan charcoal yang asli, maka top gloss sangat dihindari. 

Menggantikan top coat gloss, maka top coat matte lebih banyak digunakan untuk menurunkan kesan mengkilap. Karena tidak mengkilap, maka furniture yang sudah dilapisi dengan cat ini akan tidak terlalu tahan terhadap goresan. Jadi berhati-hatilah ketika menggunakan mebel yang sudah selesai dicat. 

Produk yang Digunakan untuk Tampilan Charcoal

Apakah produk yang digunakan untuk mengecat warna charcoal? Hal ini pasti akan muncul ketika Anda hendak memilih warna ini. Jawabannya adalah Bioduco. Produk ini adalah cat warna solid yang terbuat dari bahan dasar air. Jadi ketika digunakan akan lebih aman dan ramah lingkungan. 

Jika dilihat dari cara mengecat furniturenya, Bioduco adalah produk yang lebih mudah digunakan. Ada banyak pilihan warna solid, tetapi jika Anda ingin mengecat warna ini maka pilih Bioduco charcoal. Warna charcoal yang disediakan juga mulai dari warna hitam hingga abu-abu. Mana yang ingin Anda gunakan bisa disesuaikan dengan selera. 

Apa yang membuat Bioduco menjadi produk pilihan? Ada banyak alasannya yaitu sebagai berikut ini:

Menduplikasi warna charcoal sempurna

Tidak banyak produk cat yang mampu menduplikasi warna charcoal dengan lebih sempurna. Biasanya para DIY atau bahkan pengrajin akan membuat cat sendiri dengan mencampur beberapa produk. Seperti ketika hendak mengecat warna patina, maka ada banyak lapisan dan teknik yang digunakan. 

Padahal itu pun belum tentu mampu memberikan warna yang tepat. Hanya dengan Bioduco charcoal saja, Anda bisa mendapatkan warna yang sempurna. 

Baca Juga:  3 Keuntungan Menggunakan Alat Serap Lembab Pada Ruangan Spa

Proses finishing yang lebih mudah

Sama-sama menggunakan alat semprot, Bioduco charcoal mampu memberikan proses yang lebih mudah. Tidak ada primer yang digunakan, jika kayu berlubang, Anda bisa mengaplikasikan dempul. Waktu kering yang cepat semakin mempermudah finishing. Tidak ada lagi yang harus Anda khawatirkan bahkan ketika di musim hujan. 

Bioduco charcoal mampu kering dengan sempurna hanya dengan suhu ruangan. Tidak perlu panas matahari untuk membuatnya cepat kering. Penasaran bukan untuk mencobanya? 

Menutup warna dengan sempurna

Bukan hanya menduplikasi, tetapi daya tutup warna kayu pun juga sempurna. Anda tidak perlu takut cat mengelupas atau bahkan sagging ketika diaplikasikan. Cat yang sudah dilarutkan dengan tepat, akan langsung menempel dan rata selesai disemprotkan. Jadi permukaan furniture apapun akan langsung tertutup secara maksimal. 

Anda bahkan bisa mengaplikasikan hingga beberapa lapisan coating hingga mendapatkan warna charcoal seperti yang diinginkan. 

Daya rekat maksimal 

Ketika Anda mengecat furniture lama kebanyakan kegagalan yang muncul adalah lapisan coating tidak menempel dengan sempurna. Ada beberapa kesalahan yang bisa saja menjadi penyebabnya. Pertama adalah kerekatan dari produk tidak maksimal sehingga tidak menempel bahkan tidak tahan lama. Kedua adalah Anda tidak membersihkan lapisan coating pada furniture yang lama secara sempurna. 

Untuk alasan yang pertama, Anda tidak akan menemukannya dari produk Bioduco. Asalkan lapisan coating sebelumnya adalah cat water based dan sudah di amplas maka cat akan tetap menempel. Bukan hanya menempel tetapi juga kuat sehingga cat bisa bertahan lebih lama. 

Langkah Mudah Mengecat Furniture Charcoal

Dilihat dari banyaknya keuntungan menggunakan Bioduco charcoal, apakah Anda masih ingin berpindah menggunakan produk lainnya? Tentu saja tidak. Jika sudah siap menggunakan produk ini baik untuk furniture baru atau lama, ikuti langkah mudahnya berikut ini:

Baca Juga:  Obat Pemutih Kayu di Jawa Tengah Untuk Home Industri

Langkah 1. Siapkan substrat kayu yaitu furniture dengan tepat. Amplas permukaan dengan amplas nomor 220. Kemudian bersihkan debunya, Anda harus mengamplas dengan balok atau mesin searah serat. Dengan begitu hasilnya akan lebih halus. 

Langkah 2. Campurkan Bioduco charcoal dengan warna grey atau black sesuai keinginan. Campurkan bersama air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik dengan alat NK2. Pastikan cat bercampur dengan merta.

Langkah 3. Tuang cat Bioduco ke dalam tabung alat semprot jangan sampai penuh dan tutup. Semprotkan cat ke arah vertikal secara merata kemudian ulangi lagi dengan arah horizontal. Diamkan cat mengering selama 60 menit. 

Langkah 4. Proses pengeringan tidak dijemur, setelah kering amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas dan ulangi langkah 3 dan amplas kembali, bersihkan dengan kain. 

Langkah 5. Larutkan Bioduco top coat matte dengan air. Dapatkan juga viskositas yang sama seperti Bioduco charcoal. Cara menyemprot juga sama, hanya saja proses pengeringan berbeda. Setelah top coat diaplikasikan Anda bisa mengeringkan selama 24 jam. 

Melalui kelima langkah ini, sudah pasti jika Anda bisa mengecat furniture sendiri. Bahkan warna charcoal yang menduplikasi sempurna akan didapatkan. Menggunakan Bioduco tidak akan mengecewakan, karena cat water based ini sudah aman dan sangat mudah diaplikasikan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X