Efek Formaldehyde Pada Tubuh

Waspadai Bahaya Cat Kayu Transparan Untuk Pintu Yang Mengandung Formaldehyde

Jika Anda menggunakan cat kayu transparan untuk pintu atau furniture kayu maka waspadai sejak dini kandungan formaldehyde yang bisa menimbulkan penyakit kanker dan leukimia.

Efek Formaldehyde Pada TubuhMungkin sebagian besar Anda tidak memperhatikan kandungan bahan kimia yang berada di sekitar atau di lingkungan. Salah satunya adalah formaldehdye yang merupakan bahan kimia berbentuk gas dengan tidak ada bau ataupun warna yang mencolok sehingga keberadaannya agak sulit dideteksi.  Bahan kimia ini sering digunakan sebagai bahan pembuat produk konsumsi rumah tangga. Di tahun 1996 banyak sekali pembuatan produk industri yang menggunakan formaldehyde hingga mencapai sekitar 8.7 juta ton per tahunnya. Industri yang banyak menggunakan bahan kimia ini adalah industri yang menggunakan resin seperti particel board dan bahan finishing atau coating. Selain bahan kimia, bentuk dari formaldehdye juga bisa berasal dari asap rokok, asap kendaraan atau asap yang dihasilkan dari gas kompor atau keroson. Untuk bahan kimia sendiri, formaldehyde banyak ditemukan dalam produk olahan seperti engineering wood (particle board, MDF, plywood, dll). Ada juga yang terdapat dalam bahan perekat atau lem, bahan cat (resin) atau coating, bahan pengawet serta produk konsumsi rumah tangga seperti sabun cuci, softener, obat, kosmetik, dll. Jika dihitung maka jumlah formladehyde yang ada dalam satu hunian saja pasti berjumlah sangat banyak. Anda bisa melihat juga dari cat kayu transparan untuk pintu, dinding, lantai, furniture, atau jendela yang digunakan.  Semua itu bisa saja terdapat kandungan formaldehyde yang tinggi.

Jika dilihat dari konsumsi formaldehyde yang banyak, lalu bagaimanakah bahan tersebut bisa mencemari lingkungan? Bentuk dari formaldehdye adalah gas yang juga bisa dilarutkan di dalam air dan bentuk cairnya dikenal dengan formalin. Bentuk cair inilah yang akan diolah keudian bisa menjadi produk finishing. Setelah diaplikasikan, cat kayu transparan untuk pintu atau untuk furniture lainnya akan menguap dan membentuk lapisan film yang kuat. Nah gas yang menguap inilah yang baisanya mengandung formaldehyde. Lalu Anda akan menghirup gas tersebut sehingga menimbulkan banyak keluhan dan juga bisa penyakit yang berbahaya seperti  berbagai jenis kanker dan juga leukimia. Melihat potensi berbahayanya formaldehyde ini maka Anda seharusnya sudah bisa menilai langkah apa yang seharunsnya bisa dilakukan.

Efek Buruk Formaldehyde Pada Kesehatan Tubuh

Jika melihat dari efek berbahayanya formaldehyde pada tubuh bukan karena sebab, karena sudah dilakukan penilitan dan riset yang menghasilkan kesimpulan tersebut. Jika formaldehyde digunakan dalam skala yang berlebihan pada cat kayu transparan pada pintu atau furniture lainnya maka bisa menimbulkan penyakit yang berat dan juga ringan.  Dari hasil riset mengatakan bahwa kandungan formaldehyde pada udara sejumlah 0.1 ppm akan menimbulkan efek seperti pusing kepala, iritasi mata yang membuat keluar air mata secara terus menerus, mata hidung dan tenggorokan terasa seperti terbakar, batuk dan bersin-bersin. Sesuai yang dilansir oleh American Cancer Society, percobaan yang dilakukan pada tikus yang menghirup gas formaldehyde dapat menimbulkan kanker dan leukimia. Sedangkan tikus yang meminum cairan formaldehyde bisa menimbukan penyakit tumor perut.

Efek Formaldehyde Pada TubuhWalaupun manusia  yang menghirup gas formaldehyda dalam jumlah 1.9 ppm dalam waktu 40 menit tidak menunjukan tingkatan tekanan darah yang signifikan, tetapi dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Telah dipeajari bahwa pada pekerja pabrik yang menggunakan resin terkena penyakit cancer of the nasopharynx (kanker tenggorokan), cancer of the nasal sinuses (kanker lubang hidung) dan leukimia.  Hal ini juga berlaku pada penghuni rumah yang udaranya sudah tercemar oleh formaldehyde seperti yang terdapat pada cat kayu transparan pada pintu atau furniture lain dan juga home building bisa mengidap penyakit kanker tersebut. Untuk kasus leukimia sendiri, gas formaldehdye yang tereserap ke dalam tubuh akan meningkatkan jumlah kromosom lebih dari normal dan mengubah sel darah putih pada tulang. Maka penyakit leukimia akan tumbuh dan berkembang dalam sum-sum tulang.

Melihat dari hasil riset baik dari hewan dan juga pengamatan manusia secara langsung banyak lembaga kesehatan dan lembaga bahan kimia yang mewaspadai produk mengandung formaldehyde. Lembaga seperti The National Toxilogy Program ( NTP) yang mengatakan bahwa formaldehyde “known to be a human carcinogen”. The International Agency for Research on Cancer mengklasifikaskan sebagai “ carcinogenci to humans” karena salah satu bahan yang beresiko tinggi menimbulkan kanker dan leukimia. The Enviromental Protection Agency (EPA) yang mengatur Integrated Risk Information System (IRIS) yaitu data elektronik yang berisi tentang informasi efek kesehatan manusia yang terganggu akibat berbagai macam bahan kimia. EPA mengklasikfikasikan formaldehyde sebagai “probable human carcinogen”.

Bagaimana Mencegah Formaldehyde?

Berbahayanya formaldehyde pada kesehatan tubuh yang sudah banyak dipercaya ini harus dicegah sejak dini. Terutama jika Anda suka dengan semua produk yang terbuat dari kayu dan merupakan penghobi yang menciptakan, berkreasi bahkan melakukan finishing sendiri di rumah. Hindari kesadaran setelah Anda terjangkit penyakit kanker dan juga leukimia akibat gas formaldehyde ini. Baik pada semua produk cat kayu transparan untuk pintu, jendela, kusen, dan semua produk furniture kayu lainnya. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini:

  1. Menggunakan air conditoner. Menyebarnya formaldehyde dalam ruangan diakibatkan suhu ruangan yang panas. Dengan adanya air conditioner maka suhu ruangan akan lebih stabil sehingga gas formaldehyde tidak akan menyebar deegan luas dan cepat.
  2. Perbanyak ventilasi udara, ketika Anda tidak bisa menggunakan air conditioner maka bisa memperbanyak ventilasi udara. Dengan ventilasi yang banyak maka sirkulasi udara akan berjalan dengan baik. Udara luar akan masuk dan menggantikan udara di dalam ruangan yang mengandung formaldehyde yang tinggi.
  3. Bebas asap rokok. Ruangan yang penuh dengan asap rokok maka gas formaldehyde juga tinggi. Udara akan kotor dan Anda akan menghirupnya terus menerus. Ciptakan area atau ruangan bebas asap rokok dalam hunian terutama kamar.
  4. Memilih jenis coating atau cat kayu transparan untuk pintu, kusen, jendela, lantai atau perabotan yang rendah VOC (Volatile Organic Compound). Ciri produk tersebut adalah terdapat label no VOC atau low VOC. Tentu saja dengan adanya label no VOC pasti pasti produk sudah terverifikasi bebas bahan kimia yang berbahaya.

Beli Produk Cat Kayu Transparan Untuk Pintu Dan Furniture

Apa saja produk penyumbang terbesar kandungan formaldehyde yang tinggi? Jawabannya adalah coating dan juga bahan pengawetan. Ketika Anda menggunakan coating pada perabotan atau home building maka maka harus memilih yang aman dan juga ramah lingkungan. Produk cat kayu transparan untuk pintu atau furniture lainnya yang aman adalah cat water based. Dilihat dari formulasinya saja, cat water based mengguanakan resin air yang mengurangi kandungan bahan kimia berbahaya. Disinilah keuntungan yang harus Anda manfaatkan. Produk cat water based salah satunya adalah produk Biovarnish yang aplikasinaya sangat mudah yaitu hanya dengan kuas saja. Selain itu yang terpenting adalah pembuatan Biovarnish sudah sesuai dengan standar regulasi US EPA tentang bahan kimia berbahaya seperti VOC. Kandungan VOC yang adalah dalam produk Biovarnish dibawah ambang batas yang ditetapkan yaitu dibawah 50 gr/ liternya. Kesimpulannya adalah salah satu langkah terbesar dalam mencegah formeldehyde yang berbahaya adalah menggunakan produk Biovarnish untuk finishing semua perabotan kayu di rumah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X