Tips Memilih Pernis untuk Gitar

Gunakan pernis untuk gitar yang berkualitas dan aman digunakan. Pililhlan pernis water based dibanding solvent based karena kualitasnya yang lebih baik serta keamanannya yang sangat terjamin.

Gunakan pernis untuk gitar yang bagus dan aman.
Gunakan pernis untuk gitar yang bagus dan aman.

Berbagai macam produk pernis tersedia di pasaran dengan kualitasnya yang beragam. Untuk gitar kesayangan, pilihlah jenis pernis kayu yang kualitasnya terbaik. Salah satu pernis yang banyak dimanfaatkan untuk gitar adalah pernis NC. Apakah pernis jenis NC memang yang terbaik untuk gitar Anda?

Pernis untuk Gitar dari NC?

NC atau Nitroselulosa adalah suatu senyawa yang flammable atau memiliki sifat mudah terbakar. Senyawa ini dibentuk dalam suatu proses nitrasi pada selulosa dengan menggunakan asam nitrit. Bahan ini banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah untuk finising produk-produk kayu seperti gitar.

Kualitas pernis NC sendiri pernah begitu diakui dengan kepopulerannya menggeser Shellac Gum yang lebih dulu terkenal. Shellac gum adalah semacam getah yang dihasilkan serangga yang hidup di pohon-pohon di India. Kala itu, pernis NC dianggap bisa mengatasi berbagai kekurangan pada sistem finishing menggunakan shellac gum. NC dianggap bisa memproteksi dan memberikan keindahan yang lebih menawan dibanding shellac gum. .

Namun demikian, sebagaimana produk lain pada umumnya, NC juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan pernis untuk gitar nitroselulosa adalah tingkat toksiksitasnya yang relatif tinggi. Toksiksitas tersebut pada dasarnya berasal dari penggunan pelarutnya yang merupakan pelarut solvent atau organik seperti thinner dan spiritus.

Waspadai Bahaya Volatile Organic Compounds pada Pelarut Pernis NC

Memanfaatkan pernis NC sebagai pernis untuk gitar memang harus dipertimbangkan masak-masak. Sifat NC yang mudah terbakar dan kandungan toksik pada pelarutnya patut diwaspadai. Pelarut NC yang termasuk golongan pelarut organik seperti spiritus dan thinner, bisa menyebabkan gangguan yang membahayakan. Menurut EPA, VOC bisa menyebabkan iritasi mata, iritasi hidung, kehilangan kontrol pada beberapa bagian tubuh, kerusakan hati, gagal ginjal, hingga kerusakan pada sistem syaraf pusat.

Baca Juga:  Politur untuk Eksterior yang Bagus

Pernis Water Based untuk Keamanan dan Kualitas Lebih Baik

Daripada memanfaatkan pernis NC, akan lebih baik bila Anda memanfaatkan pernis water based sebagai pernis untuk gitar Anda. Sebagaimana namanya, pernis untuk gitar dari golongan water based hanya menggunakan air sebagai pelarutnya. Gunakan Biocolour Biovarnish yang merupakan pernis water based. Selain aman, Biocolour Biovarnish juga bisa mempercantik produk kayu Anda dengan proteksi terbaik serta tahan lama.

Kontak dan Pemesanan

Untuk informasi dan pemesanan Biocolour Biovarnis, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X