Bandingkan Kecepatan Cara Finishing Kayu dengan BioColours dengan Cat Solvent

Bandingkan Kecepatan Cara Finishing Kayu dengan BioColours dengan Cat Solvent

Apakah Anda pernah membandingkan antara kecepatan kering dari produk water based dan juga produk solvent. Perbandingan ini perlu Anda lakukan untuk mengukur bagaimana kecepatan kering keduanya sehingga akan menghemat waktu finishing Anda. Apalagi jika Anda adalah pengrajin furnitur yang selalu dikejar target akan wakltu kering dari furnitur yang telah dipesan.

Menhuraikan maslaha tersebut maka Anda perlu mncoba berbagai macam bahan finishing tak terkecuali produk cat water based. Produk water based adalah produk yang akan membuat Anda lebih mudah proses finishing. Sekilas memang terlihat mahal namun Anda akan merasakannya setelah beberapa kali pemakaian bahwa cat water based lebih murah budget.

Kecepatan kering bagi industri furnitur adalah masalah utama terlebih lagi masa kering yang seringkali hanya akan memakan banyak waktu. Proses kering dari furnitur harus benar jika tidak akan terjadi masalah ketika barang sampai di kirim ke luar pulau, luar kota bahkan hingga luar negeri.

Pengemasan furnitur yang tidak kering akan meninggalkan bekas dan sehingga akan menimbulkan cacat pada permukaan furnitur. Setidaknya pada furnitur yang telah difinishing dibutuhkan full curing sebelum dikirim yaitu selama 7X24 jam. Dalam waktu tersebut maka lapisan furnitur mengeras dan tidak akan meninggalkan bekas seperti cap bahkan dapat menempel pada kertas pembungkuas.

Menghindari hal tersebut maka masa kering yang semakin cepat dibutuhkan oleh semua penguasa dan juga pengrajin furnitur untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Jika Anda tidak memilihnya dari awal maka kesalahan dan kerugian yang sangat besar akan ditanggung kemudian hari.

Proses Aplikasi BioColours Spray System

Biasanya jenis bahan finishing yang digunakan oleh para pengrajin furnitur selama ini adalah cat solvent. Penggunaan cat solvent dianggap sangat mudah dan cepat kering. Memang benar kecepatan kering dari cat solvent sangat baik jika terkena panas matahari dan bukan cuaca mendung.

Baca Juga:  4 Langkah Mudah Mengaplikasikan Polyurethane Sehalus Kaca

Kebutuhan akan panas matahari membuat cat solvent dapat kering sempurna tergantung dengan cuaca. Padahal ketika musim berganti maka cuaca bisa berubah menjadi lembab yang membuat penguapan bahan pelarut dalam cat solvent tidak sempurna.

Masalah ini sering terjadi pada semua bahan finishing yang menggunakan pelarut thiner atau spiritus. Nah untuk mengatasi hal ini maka Anda perlu mencoba produk BioColours, yang merupakan produk cat water based dengan bahan finishing yang tidak akan membuat Anda kecewa.

Banyak perbedaan yang akan Anda dapatkan ketika mulai mencoba aplikasi cat BioColours. Perbedaan juga akan Anda rasakan langsung melalui pengeluaran uang untuk membeli bahan. Berikut ini cara aplikasi cat BioColours yang mudah dan bisa Anda ikuti:

  1. Persiapan media kayu. Kayu yang digunakan harus kering dengan standar kelembaban kayu. Kayu juga harus diamplas untuk mendapatkan permukaan dasar halus. Pastikan Anda menggunakan amplas sesuai urutan nomor untuk mempercepat hasilnya. Gunakan vakum atau blower untuk menghilangkan debu amplas yang masih tersimpan dalam pori kayu.
  2. Pertama untuk aplikasi dasar Anda membutuhkan BioColours wood filler. Bahan ini perlu digunakan untuk pengisi pori kayu. Aplikasikan dengan kape atau pisau palet. Campurkan terlebih dahulu wood filler dengan sedikit air kemudian aduk rata dan oleskan. Isi hingga penuh jangan takut boros karena wood filler nantinya akan mengendap. Tunggu kering dan amplas dengan amplas 240 hingga permukaan halus dan terlihat serat kayu dengan jelas.
  3. Pelapisan wood filler yang berhasil dilanjutkan dengan proses aplikasi BioColours sanding sealer. Campurkan dengan air perbandingan 2 sanding sealer dan 1 air. Campurkan hingga homogen kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata tunggu kering. Proses pengeringan tidak membutuhkan panas dan justru jangan dijemur. Diamkan dalam ruangan kering selama 60 menit dan Anda bisa mengamplas ambang dengan amplas 400.
  4. Selanjutnya adalah aplikasi BioColours wood stain, pilih warna yang Anda sukai kemudian campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Semprotkan wood stain merata ke seluruh permukaan kayu. Jika sudah Anda bisa memulai untuk proses pengeringan dalam ruangan kering selama 60 menit. Amplas ambang kembali, jika warna belum sesuai Anda bisa mengaplikasikan kembali.
  5. Terakhir adalah aplikasi BioColours top coat, pilih top coat sesuai dengan sheen level yang Anda inginkan mengkilap atau tidak. Lalu campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan semprotkan secara merata. Jika Anda ingin langsung menggunakan maka tunggu selama 24 jam, sedangkan jika Anda ingin mengemas furnitur kemudian tunggu kering selama 7X24 jam.
Baca Juga:  Cara Merawat Lantai Kayu Merbau Mingguan, Bulanan, Tahunan

Melihat proses aplikasi dari cat kayu water based BioColours dengan sistem semprot maka Anda bisa membandingkannya dengan cat solvent yang mungkin selama ini telah Anda gunakan. Penggunaan ini bisa Anda rasakan bagaimana mudah dan juga murahnya aplikasi.

Perbandingan BioColours dan Cat Solvent

Perbandingan antara cat BioColours dengan cat solvent sangat bertolak belakang. Bahkan hasil yang diberikan pun akan berbeda jauh. Kemudahan dari cat water based tidak akan Anda rasakan ketika menggunakan cat solvent.

Nah berikut ini beberapa penjabaran yang bisa Anda cermati sebelum meneruskan menggunakan cat solvent.

  • Warna

Perbandingan warna yang dihasilkan dari cat solvent dan BioColours sangat berbeda jauh. Cat solvent yang mengandung banyak formalin akan berubah transparansinya seiring berjalannya waktu. Sedangkan bagi BioColours tidak ada yang berubah baik warna dan juga transparansinya karena bahan dasar air yang digunakan.

  • Kecepatan kering

Karena tidak bergantung dengan matahari maka kecepatan kering lebih baik dan Anda bisa mengaplikasikannya dimana saja tanpa perlu ragu atau takut lapisan tidak kering. Cat solvent yang tidak kering sempurna akan timbul efek memutih karena proses bahan pelarut yang masih tertinggal. Sedangkan bahan pelarut air dari BioColours akan tetap menguap dengan sempurna dalam waktu yang singkat.

  • Harga

Bandingkan Kecepatan Cara Finishing Kayu dengan BioColours dengan Cat SolventSekilas jika Anda membeli cat BioColours harga yang ditawarkan sangat mahal. Bahkan Anda perlu membeli empat bahan sekaligus untuk proses aplikasi yang lengkap. Namun dalam satu kaleng bisa Anda gunakan untuk 8 hingga 10 m2 jadi Anda tidak perlu khawatir akan aplikasi yang boros. Belum lagi Anda hanya perlu mengaplikasikan secara tipis agar lapisan yang terbentuk lebih kuat. Selain itu bahan pelarut thinner tidak perlu lagi Anda membeli dan sudah digantikan dengan air yang lebih mudah Anda dapatkan.

  • Keamanan
Baca Juga:  Suplier Cat Kayu Orchid

Tingkat keamanan lingkungan dari cat BioColours sangat tinggi dibandingkan cat solvent. Pencemaran lingkungan sangat mudah timbul dari cat solvent karena mengandung banyak logam berat seperti timbal dan juga formalin yang dapat menguap ke udara. Sedangkan cat BioColours adalah produk yang terbuat dari air dan Anda tidak perlu khawatir akan proses pengeringan yang tentu saja tidak akan menimbulkan polusi ke udara.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X