Waspadai Bahaya Cat Mudah Terbakar

Waspadai bahaya cat mudah terbakar. Kebakaran toko cat di Jalan Baliwerti Surabaya merupakan alarm mengenai bahaya seperti itu. Jenis cat yang mudah terbakar sendiri terutama ditemukan pada jenis cat berbasis minyak yang memanfaatkan thinner, spiritus, dan berbagai bahan sejenis lainnya sebagai pelarut.

bahaya cat mudah terbakar
hati-hati dengan bahaya cat mudah terbakar

Terdapat beragam jenis produk cat. Selama ini dikenal cat water based dan cat solvent based. Cat water based adalah cat yang dalam formulasi dan pelarutnya menggunakan air sedangkan cat solvent based memanfaatkan solvent seperti thinner dan spiritus. Di Indonesia, penggunaan cat solvent based masih begitu tinggi. Bahkan, banyak masyarakat awam yang masih kurang mengetahui keberadaan cat water based. Padahal, jenis cat solvent based lebih membahayakan. Selain kandungannya tidak baik untuk kesehatan, cat solvent based juga lebih rentan terbakar dibanding cat water based.

Bahaya cat solvent based salah satunya disebabkan oleh jenis pelarutnya. Penggunaan pelarutnya yang berasal dari bahan-bahan seperti thinner dan spiritus harus disikapi dengan hati-hati. Tindakan berbahaya saat mencampur pelarut dengan cat seperti merokok harus dihindari. Satu kesalahan kecil bisa berdampak sangat buruk hanya karena kita tidak mewaspadai bahaya cat mudah terbakar. Selain itu, cat solvent based juga memiliki kandungan mudah terbakar  di dalam formulanya sendiri. Jadi sebelum dicampur dengan pelarutnya pun, cat ini tetap harus diperlakukan dengan hati-hati. Kandungan  methylated spirits dan mineral turpentine merupakan dua contoh zat yang ada dalam cat solvent based yang membuatnya sebagai cat mudah terbakar.

Lalu, apakah cat water based benar-benar aman digunakan dan sama sekali tidak mudah terbakar? Jawabannya relatif lebih aman. Cat water based jenis tertentu memang memiliki kandungan yang flammable atau bisa terbakar. Misalnya cat yang mengandung poliuretan. Namun potensi atau resiko cat water based menyebabkan kebakaran memang tidak setinggi cat solvent based. Sebab, cat ini memanfaatkan pelarut air, bukannya spiritus atau thinner.

Baca Juga:  Jangan Memilih Cat Rak Sudut Ruangan, Sebelum Melihat Ini

Mewaspadai Bahaya Cat Mudah Terbakar dengan Memperlakukannya dengan Tepat

Boleh saja kita menyimpan cat di rumah. Akan tetapi, pastikan produk ini jauh dari jangkauan anak-anak. Jangan pula menyimpan terlalu banyak cat di rumah. Beli cat secukupnya saat Anda memang memerlukannya. Untuk menyimpannya, letakkan produk ini di tempat yang jauh dari jangkauan api dan suhu ekstrim. Hindari menuang dan menyimpan cat pada wadah lain. Tetap gunakan wadah aslinya sehingga kita bisa meminimalisir bahaya cat mudah terbakar.

1 thought on “Waspadai Bahaya Cat Mudah Terbakar”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X