mainan-anak-dari-kayu-berbentuk-sayuran

Tak Hanya Warna, Mainan Anak dari Kayu Juga Perlu Keamanan

Pernahkah Anda mempertimbangkan keamanan pada mainan anak? Jika Anda adalah orang tua yang sering membelikan anak mainan untuk menunjang kemampuannya, maka sebaiknya selektiflah dari sekarang. Tidak semua mainan anak itu aman. 

Sebut saja mainan anak dari plastik, jika Anda memberikan mainan tersebut kepada balita maka kemungkinan untuk memasukan makanan ke mulut sangatlah tinggi. Padahal mainan plastik bisa saja terbuat dari plastik daur ulang. 

Tentu saja bahan tersebut tidak aman jika digunakan untuk mainan anak. Berbagai resiko penyakit akan dihadapi di masa depan. Menggunakan mainan yang berstandar SNI tentu menjadi pilihan terbaik, mainan SNI biasanya telah lolos dari uji klinis. 

Mainan kayu adalah pilihan yang lebih baik daripada mainan dari plastik. Kayu adalah bahan alami yang bebas toxic, selain itu mainan kayu SNI biasanya sudah dilapisi dengan bahan cat yang aman. Seperti apakah bahan cat yang aman untuk mainan anak itu? Lalu bagaimana jika mainan kayu tetap menggunakan cat yang berbahaya?

Bahaya yang Diakibatkan Mainan pada Anak

Memilih menggunakan mainan kayu untuk anak adalah tindakan yang bijak. Namun tetap saja Anda harus terus berhati-hati dalam memilih mainan kayu. Pasalnya cat yang digunakan tidak selalu aman, cara praktis memang memilih mainan kayu dengan standar SNI. Apa jadinya jika Anda sampai salah pilih mainan kayu yang tidak berstandar SNI?

Ada beberapa macam akibat yang akan dialami oleh anak, tentunya berhubungan dengan kesehatan. Berikut ini risiko kesehatan yang akan dihadapi. 

Mual, Muntah, Diare

Masalah yang akan ditimbulkan cat pertama kali adalah mual, muntah dan diare. Artinya anak telah menelan toxic dari cat pada mainan kayu dalam jumlah banyak sekaligus. Mainan anak yang tertelan akan bereaksi pada saluran pencernaan. 

Baca Juga:  Dampak Merkuri bagi Lingkungan akibat Limbah Cat

Organ dalam tubuh tidak menerima zat asing yang masuk ke dalam akibatnya mual, dan muntah hingga diare adalah bentuk penolakan. Jadi jika anak Anda tiba-tiba merasakan gejala ini segera periksakan ke dokter. 

Menimbulkan asma

Mungkin anak Anda tadinya tidak memiliki penyakit asma. Anda juga sudah menjaga pola makannya agar tidak obesitas. Namun mengapa anak tiba-tiba sesak napas? Bahkan sesak itu terjadi berulang kali. Hati-hati bisa saja penyebabnya adalah mainan dari kayu di rumah. 

Anak mungkin telah mencium formaldehyde yang dikeluarkan cat terus menerus. Larutan ini tidak terlihat dan tidak tercium. Namun akan terus menerus masuk ke dalam tubuh anak. Jadi tidak heran jika anak tiba-tiba sakit mual, muntah dan juga diare. 

Mengganggu saraf otak

Paparan toxic yang terkandung dalam cat bernama timbal (lead) adalah bagian yang paling berbahaya dan bisa mengganggu saraf otak. Dalam paparan yang sangat tinggi, timbal akan dihirup oleh saluran pernapasan. Inilah awal mula kerusakan otak pada anak dimulai.

Susunan saraf yang diserang oleh timbal ini akan mengakibatkan berbagai macam masalah seperti tingkat kecerdasan anak yang menurun. Kerusakan otak akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan. 

Memicu penyakit kanker

Cat yang tertelan karena kebiasaan anak yang suka memasukan benda ke dalam mulut dapat memicu kanker. Berbagai macam bahan dalam cat seperti kromium, kadmium hingga formalin akan masuk ke dalam tubuh. Disinilah toxic akan mulai menimbulkan bibit kanker. 

Berbagai macam kanker bisa muncul tergantung reaksi toxic tersebut di dalam tubuh anak. Bahkan anak yang sudah memiliki imun kuat tetap tidak bisa melawannya. Jenis kanker yang biasanya muncul seperti kanker darah, kanker tenggorokan hingga kanker lambung.

Baca Juga:  5 Tips Kreatif Mempersiapkan Lebaran untuk Percantik Rumah Anda

Cara Memilih Mainan Kayu Anak yang Aman

Anda mungkin memilih mainan anak karena warnanya yang menarik. Berhati-hatilah di balik warna yang menarik, cat menjadi sumber toxic yang harus diwaspadai. Jadi bagaimana Anda seharusnya memilih jenis mainan kayu untuk anak yang aman?

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk memberikan anak mainan yang aman. Berikut ini caranya:

  1. Pastikan bahan kayu yang digunakan adalah kayu solid karena memiliki struktur kuat. Hindari membeli mainan kayu dari bahan engineering wood karena mengandung bahan lem cukup berbahaya. 
  2. Bahan cat yang digunakan sebaiknya terbuat dari bahan water based daripada solvent based. Cat water based memiliki kandungan low voc yang aman untuk mainan anak. 
  3. Apakah mainan menggunakan treatment khusus yang aman. Jenis treatment aman antara lain adalah penggunaan beeswax. 
  4. Bagi balita yang giginya masih tumbuh sebaiknya pilih mainan kayu yang hanya dilapisi dengan beeswax. Sedangkan anak yang umurnya lebih tua bisa menggunakan mainan yang dilapisi cat solid. 

Apapun mainan yang Anda pilih, tentukan juga fungsinya. Apakah mainan hanya digunakan sebagai hiburan semata atau juga untuk membantu tumbuh kembang anak. Memilih mainan berbentuk angka, mainan balok susun dan warna-warni akan membantu kecerdasaan kognitifnya. 

Merk Cat Kayu untuk Anak yang Aman

produk-cat-Bioduco-chalk-paint

Kini saatnya untuk mengetahui, apakah jenis cat kayu yang aman dan produk mana paling recomended. Seperti yang sekilas telah dijelaskan, cat yang aman terbuat dari bahan dasar air. Bahan pelarut yang digunakan nantinya juga adalah air. Coba bandingkan antara cat water based dengan cat solvent untuk mainan anak, tentu saja tingkat keamanannya berbeda. 

Merk cat kayu aman untuk mainan anak sangat direkomendasikan adalah Bioduco chalk paint. Produk ini sangat aman digunakan untuk mainan anak dikarenakan kandungan volatile organic compound (voc) sudah dibatasi. 

Baca Juga:  Cat Mainan Kayu Aman dan Ramah Lingkungan: Penting tapi Tak Cukup!

Tingkat keamanannya bisa dilihat sendiri dalam kemasannya bahwa Bioduco chalk paint termasuk dalam kategori low voc. Cat sudah mengikuti regulasi keamanan baik itu European Chemical Agency (ECHA) dan juga Environmental Protection Agency (EPA) dari Amerika. Jadi dilihat dari jumlah voc nya cat sudah sangat aman dan direkomendasikan untuk finishing mainan anak. 

Selain aman, Bioduco chalk paint juga menawarkan kelebihan lainnya. Kelebihan cat ini akan dirasakan langsung oleh penggunanya baik itu penghobi dan produsen mainan kayu. Berikut macam-macam kelebihannya. 

Mengatasi Cacat Tekstur Kayu

Kayu yang biasanya memiliki cacat pada permukaan dapat diatasi dengan produk Bioduco chalk paint. Fungsinya adalah memperbaiki tekstur kayu karena juga berperan sebagai cat dasar kayu (primer coat). Ketika diaplikasikan, permukaan kayu hanya perlu di amplas dengan rata, kemudian dilapisi chalk paint. 

Waktu Kering yang Cepat

Tak perlu menunggu lama untuk cat bisa mengering dengan sempurna. Chalk paint akan mengering setiap lapisannya dalam waktu satu jam. Itu pun tidak membutuhkan panas matahari. Cat akan tetap kering dengan sempurna. 

Daya Tutup yang Sempurna

Bekerja sebagai cat primer, artinya chalk paint akan menutup permukaan kayu dengan sempurna. Anda tidak akan dilihat lagi mainan kayu yang memperlihatkan serat dan juga warna kayu. Warna yang dihasilkan akan sempurna indahnya dan dijamin anak-anak akan suka menggunakan mainan lamanya dengan tampilan baru. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X