tangga kayu untuk rumah minimalis

3 Tips Memilih Tangga Kayu Untuk Rumah Minimalis

Rumah desain minimalis dengan dua lantai memang artistik. Aksesoris rumah juga biasanya cukup unik. Rumah minimalis dua lantai akan semakin terlihat natural jika menggunakan tangga kayu.

Rumah dengan desain minimalis memang tidak ada matinya. Bahkan semakin berkembang dan banyak peminatnya. Wajar saja jika banyak orang mencoba desain yang unik dan berbeda pada hunian rumah tersebut.

Begitu pula dengan rumah minimalis dengan dua atau tiga lantai. Rumah tersebut umumnya memiliki ruang yang tidak begitu luas sehingga membutuhkan ruang lebih untuk kebutuhan lainnya.

Untuk mencapai ruang atas tentu membutuhkan tangga. Nah, ada banyak desain tangga yang menarik dan unik yang bisa diterapkan untuk hunian rumah minimalis dua lantai ini.

3 Tips Memilih Tangga Kayu yang Bagus Untuk Rumah Minimalis

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat tangga kayu pada hunian minimalis. Apabila melakukan kesalahan mungkin saja akan tidak nyaman ketika Anda melintasi tangga tersebut.

tangga kayu untuk hunian minimalis

Bingung cara memilih tangga kayu yang baik untuk hunian minimalis bertingkat Anda? Berikut 3 tips yang dapat Anda perhatikan ketika membuat tangga kayu.

  1. Perhatikan Dimensi Tangga

Bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat yang sempit harus mempertimbangkan banyak hal termasuk tangga. Jika bingung dalam memilih tangga maka Anda harus perhatikan dimensi tangga yang digunakan.

Jika ruang di rumah Anda memang sempit, gunakan tangga dengan panjang 80cm. Panjang tersebut cukup untuk dilewati satu orang dan dengan ukuran tersebut akan terkesan lebih minimalis namun tetap nyaman ketika dilintasi.

Selain itu, sangat mempertimbangkan untuk tidak menggunakan beton karena material tersebut cukup memakan tempat. Dimensi tangga dari beton akan memakan banyak tempat sehingga membuat ruang terasa lebih sempit dan sesak. Oleh karena itu, kayu menjadi pilihan tepat dalam penggunaan material tangga kayu.

  1. Jarak Antar Anak Tangga
Baca Juga:  Produsen Cat Kayu Yang Bagus Biovarnish Di Indonesia

Jarak antar anak tangga yang terlalu jauh justru akan menyulitkan seseorang untuk melangkah begitu pula sebaliknya. Sebaiknya buat anak tangga yang mudah untuk dijangkau kaki yakni sekitar 15-19 cm.

Ukuran di atas tidak hanya aman ketika digunakan melangkah orang dewasa saja tetapi juga bagi anak-anak. Seperti yang diketahui, anak-anak sangat suka naik-turun tangga, maka Anda perlu mempertimbangkan jarak antar anak tangga tersebut.

  1. Hindari Tangga Curam

Karena ruangan yang sempit bukan berarti tangga yang digunakan harus curam agar sesuai dengan kondisi tersebut. Justru, ciptakan model anak tangga dengan desain yang tidak curam sehingga tetap nyaman ketika digunakan.

Namun, jika terpaksanya harus menggunakan desain anak tangga yang curam karena menyesuaikan ruangan maka Anda dapat menambahkan railing sehingga tetap aman dan nyaman.  Di sisi lain, Anda bisa menggunakan model tangga melingkar sehingga tidak akan membuat anak tangga terlalu curam.

Tips Finishing Tangga Kayu Agar Mengkilap dan Nyaman Untuk Dilintasi

Kayu merupakan material yang sering digunakan untuk konstruksi bangunan dan kebutuhan rumah lainnya. Mengingat kondisi kayu yang gampang diserang jamur dan serangga, perlu kiranya menggunakan cat kayu khusus untuk melindunginya.

Sangat disarankan untuk menggunakan cat kayu polyurethane yang mengandung hardener sehingga dapat melindungi kayu dengan optimal. Penggunaan jenis cat dengan kandungan polyurethane ini sangat bagus untuk perlindungan kayu agar tidak mudah tergores, tahan air dan lain sebagainya.

Cat polyurethane yang direkomendasikan untuk finishing tangga kayu adalah Biothane 2K. Cat ini merupakan cat kayu yang ramah lingkungan karena penggunaan bahan dasar serta pelarut air, selain itu tidak mengandung senyawa kimia berbahaya.

Berikut tahap-tahap finishing anak tangga kayu menggunakan Biothane 2K:

  • Siapkan material kayu yang akan di-finishing. Pastikan material tersebut sudah aman untuk finishing, bersih dari debu, noda atau kotoran serta permukaannya yang halus.
  • Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk memperhalus tekstur ketika usai finishing sehingga tampilan kayu semakin tajam. Larutkan terlebih dahulu dengan air kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan tangga kayu tersebut.
  • Diamkan selama 60 menit dan kemudian ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grid 400 apabila sudah kering sentuh
  • Untuk tahap akhir, aplikasikan Biothane 2K yang sudah dilarutkan dengan air. Tunggu cat kering yakni dengan mendiamkannya selama semalaman. Setelah cat kering, anak tangga sudah dapat digunakan.
Baca Juga:  Aplikasi Finishing Food Grade Untuk Tableware Yang Mudah Dilakukan

Cat Biothane 2K yang ramah lingkungan ini akan membuat Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan bahannya. Cat ini tidak menimbulkan bau yang menyengat. Anda tidak akan terganggu oleh bau cat saat aplikasi dan pasca-aplikasi

Cara Pemesanan

Bagi Anda yang ingin menggunakan Biovarnish Sanding Sealer dan Biothane 2K, silakan menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Anda juga dapat melakukan pemesanan melalui marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X