9 Fakta Mengenai Cat yang Menarik untuk Diketahui

Banyak fakta mengenai cat yang menarik untuk diketahui. Tahukah Anda bahwa pigmen merah dalam cat dihargai lebih tinggi dibanding emas oleh suku Aztec? Temukan 8 fakta menarik lainnya pada artikel di bawah ini.

9 fakta mengenai cat.
Ketahui 9 fakta mengenai cat.

Cat merupakan produk yang banyak digunakan oleh manusia. Produk ini juga telah begitu lama digunakan. Cat difungsikan untuk memberikan proteksi dan meningkatkan estetika suatu produk. Hampir semua benda yang kita kenal dicat. Dari furniture kayu hingga mobil, cat selalu digunakan untuk memberikan perlindungan dan meningkatkan keindahan.

Karena penggunaannya yang begitu luas dan lama, banyak sejarah menarik yang bisa Anda ketahui mengenai produk ini. Apa saja kesembilan fakta mengenai cat yang menarik tersebut?

9 Fakta Mengenai Cat: Dari Cat untuk Bangsawan Hingga Cat untuk Lambang Kematian

  1. Cat warna ungu adalah catnya para bangsawan di zaman dulu. Hal ini dikarenakan tingginya ongkos produksi cat warna ungu. Pada zaman dahulu, diperlukan sekitar 4 juta cangkang moluska hanya untuk menghasilkan 18 kg pigmen warna ungu.
  2. Plato merupakan pihak yang dikenal sebagai orang yang mencetuskan ide mencampurka dua warna untuk menghasilkan suatu warna baru.
  3. Setiap warna dianggap memiliki efek tersendiri pada kesehatan mental manusia. Sebagai contoh, warna hijau dianggap dapat memberikan kesan yang damai dan warna kuning dapat memberikan kesan yang ceria.
  4. Bagi suku Aztec, pigmen warna merah rupanya dianggap sangat berharga. Pigmen warna merah bahkan dianggap lebih berharga dibanding emas.
  5. Suku Indian di Amerika menganggap pigmen kuning merepresentasikan kematian sedangkan pigmen hitam melambangkan kehidupan.
  6. Beragam naskah pada abad pertengahan dicat menggunakan kuning telur dan logam semi mulia.
  7. Desain interior menggunakan cat sudah dilakukan sejak 40.000 tahun yang lalu yang saat ini dikenal sebagai gua primitif di Perancis. Tentu saja cat yang digunakan masih sangat terbatas.
  8. Penari Woodabe di Niger menggunakan cat untuk menghiasi wajah mereka. Tujuannya? Tentu saja untuk menarik perhatian para pria!
  9. Tahu jembatan Golden Gate? Jembatan tersebut tidak pernah diwarnai dengan warna cat lain sejak pembangunannya lengkap pada tahun 1937.
Baca Juga:  Memilih Pernis untuk Bambu yang Bagus

Demikian 9 fakta mengenai cat yang menarik. Temukan berbagai informasi menarik dan bermanfaat mengenai cat lainnya pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X