tirai bambu yang bagus untuk rumah minimalis

Tirai Bambu yang Cocok untuk Semua Tipe Rumah

Untuk menghalau sinar matahari, umumnya bagian jendela diberikan tirai. Salah satu tirai yang cukup sering digunakan adalah tirai bambu.

Hampir semua rumah menggunakan tirai untuk menghalau sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan melalui jendela. Salah satu tirai yang sangat familier di masyarakat Indonesia adalah tirai bambu atau juga disebut dengan kerai. Tirai ini sangat unik karena terbuat dari bilah-bilah bambu-bambu yang dibentuk menjadi pola.

Umumnya, tirai bambu ini banyak dipilih untuk bagian komponen eksterior karena tahan terhadap cuaca. Meskipun demikian, tirai bambu juga sangat cocok jika diterapkan di dalam ruangan. Tahukah Anda bahwa model tirai tidak hanya model gulung saja? Ya, walau tirai bambu dengan model gulung banyak digunakan, namun ternyata tirai ini tidak hanya model gulung saja.

5 Model Tirai Bambu Untuk Hunian Rumah

tirai bambu adalah jenis tirai yang  cocok digunakan untuk rumah minimalis

Tidak sedikit orang yang memilih tirai bambu untuk tirai di rumahnya. Bagi Anda yang sangat menyukai desain interior mungkin akan menyukai penggunaan tirai dengan model-model tertentu. Untuk dapat mempercantik ruangan maka harus mengetahui model-model dari tirai bambu tersebut. Berikut 5 model tirai bambu yang dapat Anda pilih.

  • Tirai Gulung

Tirai bambu dengan model gulung adalah model yang paling umum dan banyak dijumpai di pasaran. Umumnya, tirai ini dibuat dari lembaran bambu yang ditata secara horizontal. Banyak orang menggunakan tirai bambu ini untuk bagian eksterior pada jendela rumah karena tergolong cukup kokoh.

  • Tirai Anyaman

Untuk model tirai satu ini sangat cocok jika diterapkan dalam ruangan seperti di kamar. Tirai ini menggunakan lembaran bambu yang sangat tipis sehingga dapat dianyam menjadi sebuah lembaran tirai. Karena kerapatannya yang tinggi membuat tirai ini sangat cocok untuk menjaga privasi dalam ruangan. Selain itu, dengan tirai bambu model anyaman ini dapat menghalau sinar matahari dengan optimal.

  • Tirai Geser

Pernahkah Anda menggunakan tirai bambu dengan model geser? Sepertinya cukup jarang orang menggunakan tirai ini namun model tirai bambu geser benar-benar ada, loh. Tirai ini memerlukan bambu-bambu yang dipotong menjadi lembaran tipis kemudian dijahit dan disusun secara vertiral dengan kerapatan yang cukup baik.

Tirai ini juga sangat cocok diterapkan untuk interior karena dapat menghalau sinar matahari dengan cukup baik.

  • Tirai Bambu Kombinasi Anyaman Tali

Salah satu model yang cukup unik untuk tirai bambu adalah mengkombinasikan dengan anyaman tali. Desain unik yang sederhana adalah menggunakan tiga tali yang dianyam menjadi pola tertentu pada tirai bambu. Meskipun terkesan sederhana namun model ini cukup estetik.

  • Tirai Vertikal untuk Partisi

Selain dapat digunakan sebagai penghalau sinar matahari, tirai bambu juga dapat digunakan sebagai partisi. Model tirai ini adalah fokus pada susunan bambu yang disusun vertikal baik secara lepas atau direkatkan dengan tali.

Dari berbagai model tirai bambu diatas, mana kah yang sesuai dengan konsep rumah Anda? Model-model tirai bambu yang unik ini memang sangat cocok jika diterapkan pada tipe rumah apapun. Anda dapat menyesuaikan model tirai bambu tersebut karena umumnya menerapkan warna yang natural.

Tentu saja, untuk menjaga kualitas bambu serta mempercantik tampilannya maka dibutuhkan proses finishing. Seperti halnya dengan proses finishing pada kayu atau pun rotan, bambu dapat menggunakan cat kayu seperti pelitur.

Dengan tampilan natural kayu pada tirai bambu maka akan memberikan kesan ruangan lebih comfy dan elegan. Seperti yang diketahui, elemen warna kayu memberikan kehangatan pada ruangan sehingga tirai sangat cocok digunakan untuk ruang tamu ataupun kamar.

Finishing Tirai Bambu Warna Natural Transparan

Tirai bambu merupakan tirai yang cukup banyak digunakan di hunian rumah Indonesia. Meskipun banyak diterapkan untuk bagian luar agar dapat menghalau sinar matahari namun cara ini justru cukup rawan bagi tirai bambu. Pasalnya, tirai bambu juga tidak tahan terhadap cuaca sehingga akan dengan cepat lapuk.

Sangat disarankan untuk meletakkan tirai bambu dalam ruangan dengan model-model yang cukup unik seperti yang dijelaskan pada pembahasan diatas. Atau Anda dapat menggunakan cat kayu guna menjaga bambu terlindungi dengan baik. Tentu saja cat yang digunakan adalah cat yang dilengkapi dengan fitur weather resistance.

Anda dapat menggunakan cat water based sebagai pelapis tirai bambu. Pasalnya digunakan untuk dalam ruangan maka dibutuhkan cat kayu yang cukup nyaman dan aman. Jika setelah finishing, umumnya perlu diangin-anginkan terlebih dahulu agar uap cat cepat hilang dan bau cat memudar. Berbeda dengan cat water based yang tidak mengalami penguapan dan tidak berbau sehingga sangat cocok untuk dalam ruangan.

Nah, berikut langkah-langkah finishing tirai bambu menggunakan cat water based, Biovarnish:

  • Ampelas terlebih dahulu permukaan bambu untuk menghilangkan noda atau kotoran
  • Karena warna bambu untuk tirai ini terkesan pucat maka sebaiknya gunakan wood stain. Gunakan Biovarnish Wood Stain yang dicampurkan dengan air agar tidak terlalu kental. Kemudian aplikasikan baik dengan cara kuas atau pun semprot ke seluruh permukaan bambu. Lalu diamkan selama 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400
  • Untuk sentuhan akhir, gunakan Biovarnish Clear Coat gloss yang sudah dilarutkan dengan air. Aplikasikan ke seluruh permukaan tirai bambu dengan merata. Lalu diamkan selama semalaman hingga cat benar-benar kering.
  • Tirai bambu pun siap untuk digunakan atau dijual.

Membuat tirai bambu memang tergolong mudah. Dibutuhkan keterampilan tangan untuk Bisa menciptakan tirai bambu terkhusus dengan model-model unik seperti yang sudah dijelaskan diatas. Nah, apakah Anda memiliki ide lagi untuk membuat tirai bambu dengan model lain? Bisa juga Ioh asalkan tirai tersebut bisa berfungsi sebagai penghalau sinar matahari dengan baik.

Kreatifitas tidak terbatas selama material-material tersebut sudah Anda persiapkan sebelumnya. Terlebih lagi penggunaan bambu notabene material yang cukup mudah ditemui di lingkungan sekitar kita. Harga bambu pun juga cukup terjangkau apabila Anda ingin lebih hemat maka Anda dapat mencari di sekitaran sungai karena bambu umumnya tumbuh di sekitar sungai.

Bagamana Cara Mendapatkan Produk Biovarnish?

Untuk informasi lebih lengkap tentang Biovarnish, dapat langsung menghubungi melalui email di [email protected]. Atau dapat juga bertanya mengenai produk ini ataupun melakukan pembelian dengan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini.

Untuk pemesanan yang lebih praktis dan cepat, Anda dapat melakukan pembelian melalui marketplace kesayangan Anda dibawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/Biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X