Tips Memilih Plitur Kayu Jati

Memilih plitur kayu jati harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini terkait dengan karakteristik kayu jati yang istimewa.

plitur kayu jati Furniture kayu jati memang membutuhkan perawatan khusus. Anda pasti tidak menginginkan furniture jati Anda yang super mahal salah dalam perawatannya, sehingga malah mengurangi nilainya. Banyak yang mengatakan bahwa kayu jati adalah berkah dari alam. Kayu jati memiliki keunggulan yang sulit ditandingi oleh jenis kayu lainnya.

Keunggulan Kayu Jati

Kayu jati terutama kayu jati Jawa merupakan jenis kayu yang sangat diminati. Kayu ini termasuk kayu kelas I, baik pada tingkat kekerasan maupun keawetan kayu tersebut. Meskipun termasuk kayu keras dan sangat kuat, namun kayu jati mudah untuk dipotong maupun diolah. Sehingga jenis kayu ini sangat disukai untuk dijadikan furniture maupun produk kerajinan.

Kayu jati memiliki daya tahan cukup kuat terhadap serangan jamur dan lumut, serangan serangga, maupun perubahan suhu dan cuaca. Ini disebabkan karena kayu jati memiliki kandungan minyak yang membuat kekuatan kayu tersebut lebih baik dari jenis kayu lainnya.

Selain itu, kayu jati memiliki karakteristik yang khas pada serat kayunya. Pola lingkaran yang menunjukkan umur kayu jati terlihat sangat jelas dan membentuk pola yang sangat menawan. Saat kayu di-finishing menggunakan plitur, permukaannya sangat halus, licin dan terlihat berminyak. Warna kayu jati yang eksotik semakin menambah poin dari kayu ini. Tak heran jika kayu ini masuk dalam golongan kayu premium berharga mahal.

Dengan berbagai keunggulan dari kayu jati tersebut, banyak perusahaan furniture yang menjadikan kayu jati sebagai bahan utamanya. Kayu jati sering diolah menjadi outdoor furniture, indoor furniture, elemen rumah seperti pintu, jendela, panel, bahkan tak jarang kayu jati digunakan untuk lantai.

Bagi Anda yang memiliki furniture atau elemen rumah berbahan kayu jati, sangat disarankan untuk merawatnya menggunakan bahan terbaik. Salah satu bahan yang sering digunakan untuk merawat kayu jati adalah dengan melapisinya menggunakan cat transparan seperti plitur. Namun sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih produk plitur. Memilih plitur yang berkualitas, aman dan ramah lingkungan akan membantu menjaga furniture kesayangan Anda.

Tips Memilih Plitur Kayu Jati yang Baik

Berikut beberapa tips memilih plitur kayu jati yang baik untuk untuk furniture maupun elemen rumah:

  • Pilih plitur yang praktis dan juga mudah diaplikasikan. Produk furniture terutama furniture kayu jati seringkali dihiasi dengan ukir-ukiran. Memilih plitur yang mudah diaplikasikan akan mempermudah proses finishing dilakukan.
  • Pilih plitur yang cepat kering dan yang efektif membentuk lapisan film, sehingga furniture maupun elemen rumah Anda lebih terjaga.
  • Pilih plitur yang aman, yaitu yang kandungan VOC-nya rendah dan tidak mengandung toksik. Jenis plitur solvent based seringkali memakai pelarut organik seperti thinner. Thinner dan berbgai pelarut organik lainnya diketahui mengandung VOC cukup tinggi, cukup untuk memicu tumbuhnya sel kanker dan memicu kerusakan organ dalam. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih plitur water based, yaitu plitur yang menggunakan air sebagai pelarutnya.
  • Pilih plitur kayu dengan harga terbaik. Harga plitur kayu jati water based lebih murah dibandingkan produk lainnya. Bahan pelarut air membuatnya lebih murah dibandingkan plitur kayu solvent

Mengenal Produk Plitur Ramah Lingkungan dari Bioindustries

biopolytureBioindustries adalah perusahaan yang concern dalam pengembangan produk cat, termasuk plitur yang aman dan ramah lingkungan. Bioindustries mengembangkan plitur dan varnish water based , yaitu Biocolours®Biopolyture untuk pemakaian outdoor dan Biocolours®Biovarnish untuk pemakaian indoor.

Kedua produk tersebut kadar VOC –nya rendah, di bawah ambang batas yang ditetapkan US-EPA VOC regulation compliance. Selain itu, kedua produk tersebut juga non toksik, dibuktikan dengan sertifikat dari EU-ECHA Reach regulation compliance. Jika Anda tertarik untuk mencoba produk-produk dari Bioindustries, silahkan menghubungi Customer Service Bioindustries via email [email protected]@gmail.com dan telp +62.274.388.301. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X