Manfaat Varnish untuk Interior Furniture

Manfaat varnish untuk furniture interior sangat penting untuk menjaga kualitas dan estetika furniture.

keunggulan biovarnish

Varnish atau pernis merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk finishing produk kayu. Selain berfungsi untuk memperindah tampilan dari produk kayu, varnish juga berfungsi untuk proteksi.

Meskipun interior furniture terletak di dalam rumah yang terlindung dari sinar matahari maupun efek cuaca secara langsung, namun tetap membutuhkan perlindungan. Proses finishing menggunakan varnish bisa membantu Anda untuk melindungi furniture agar lebih awet dan memperindah estetikanya.

Varnish sering dipakai untuk finishing karena penggunaannya yang sangat praktis dan hasilnya juga menawan. Varnish mampu memperlihatkan eksotis-nya tekstur dari serat kayu. Produk varnish dapat Anda gunakan secara langsung tanpa menggunakan bahan finishing lainnya.

Varnish untuk Pemakaian Indoor

Berbeda dengan produk finishing lainnya, varnish lebih diperuntukkan bagi pemakaian indoor. Hal ini terkait dengan bahan dasar yang digunakan, yaitu colorant dan juga top coat. Pewarna pada varnish biasanya menggunakan jenis pewarna dye. Sedangkan pewarna tersebut kurang tahan bila terpapar cuaca secara langsung.

Manfaat Varnish untuk Furniture

manfaat varnish

Varnish sangat cocok digunakan sebagai bahan finishing untuk furniture indoor dengan kemampuan proteksinya yang mampu melindungi furniture berbahan kayu. Varnish bisa melindungi furniture Anda dari serangan jamur, rayap dan efek cuaca, yang meskipun tidak langsung menerpa namun tetap memberikan pengaruh.

Selain fungsi proteksi, kegunaan pernis atau varnish lainnya yaitu mampu memperindah tampilan dari furniture Anda. Varnish akan melapisi furniture Anda tanpa menutupi keindahan dari serat kayu. Saat ini, kecenderungan masyarakat adalah menggunakan furniture yang serat kayunya tetap kelihatan. Furniture yang serat kayunya terlihat, terkesan lebih natural.

Baca Juga:  Realistis Mengenai Harga Cat dan Kualitasnya

Memilih Varnish yang Terbaik

Saat ini ada banyak sekali produk varnish di pasaran. Hampir semua brand cat di Indonesia juga memiliki produk varnish. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk meneliti terlebih dahulu, varnish mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Secara umum, varnish dibedakan menjadi dua, yaitu varnish oil based dan varnish water based. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Varnish Oil Based

Varnish oil based biasanya menggunakan pelarut minyak dan pelarut organik lain, seperti thinner, spiritus dan methanol. Dari sisi warna lebih cerah dan lebih glossy, dan lebih tahan lama dibanding varnih water based. Namun, varnish jenis ini mengandung VOC cukup tinggi yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, proses keringnya lebih lama, sehingga aplikator lebih lama terpapar VOC dan toksik. Bau yang menyengat merupakan kelemahan lainnya.

Varnish Water Based

manfaat varnish
varnish water based ramah lingkungan

Varnish water based menggunakan air sebagai pelarutnya. Varnish water based untuk saat ini memang belum banyak dikenal di Indonesia. Namun, di Eropa dan AS, dominasi cat termasuk varnish dan polyture oil based sudah tergantikan oleh water based, karena produk water based dianggap lebih ramah lingkungan. Selain itu, cat water based kadar VOC-nya sangat rendah dan non toksik, serta lebih cepat kering.

Itulah beberapa perbedaan antara varnish oil based dan varnish water based. Melihat dampak jangka pendek dan jangka panjangnya, sangat disarankan untuk menggunakan varnish water based. Selain lebih aman dan ramah lingkungan, hasilnya juga tidak kalah dengan varnish oil based, bahkan lebih baik. Demikianlah manfaat varnish bagi furniture interior. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X