tips dan trik mengecat pintu menggunakan biovarnish

Temukan 6 Tips dan Trik Mengecat Pintu Menjadi Baru

Tampilan pintu kusam sering menjadi masalah karena penampilan rumah jadi buruk. Temukan 6 tips dan trik mengecat pintu menjadi baru kembali dalam artikel ini.

Fungsi penting pintu terlebih pintu utama haraus diperhatikan, tidak hanya fungsi sebagai keluar masuk saja tetapi juga penampilannya memberikan keindahan tersendiri.

Keindahan pintu ini akan menurus seiring dengan berjalannya waktu. Walaupun pintu sudah diberikan finishing dengan cat kayu terbaik sekalipun pasti memiliki umur.

Banyak pengaruh atau gangguan luar yang mempengaruhi pintu memiliki penampilan yang kurang menarik speerti perubahan cuaca, serangga bahkan jamur.

Maka Anda harus melakukan perawatan atau melakukan pengecatan ulang. Dalam artikel ini Anda akan menemkuan 6 tips dan trik mengecat pintu lama rumah menjadi tampak baru kembali. Sebelum masuk lebih lanjut maka Anda harus bisa membedakan jenis kerusakan pintu sebelum melakukan pengecatan.

  1. Pintu rusak ringan, kerusakan ringan ini hanya penampilan pintu saja yang berkurang. Misalnya saja sudah tidak glossy lagi atau warna yang sedikit memudar. Selain itu terdapat jamur permukaan yang menggangu dan Anda harus menghilangkan dengan lap berulangkali tetapi dalam waktu dkeat akan muncul kembali. Anda bsia melakukan proses recoating yaitu dengan mangamplas halus permukaan untuk membuka pori-pori kayu. Lalu gunakan top coat untuk memberikan lapisan film. Untuk pencegahan jamur permukaan, Anda bisa mengunakan BioCide Film Preservative yang dicampur pada top coat sebelum diaplikasikan. Dengan kedua produk mudah yaitu top coat dan obat anti jamur maka pintu yang tadinya tampak kusam akan cerah kembali dan jamur permukaan tidak akan udah tumbuh.
  2. Pintu rusak parah. Kerusakan ini bisa dikatakan 70 % lapisan coating pada pintu sudah tidak berfungsi. Anda akan menemkuan lapisan coating yang mengelupas dan juga banyak jamur permukaan yang lama-kalaman akan sulit dihilangkan. Jika tidak segera diberikan perawatan maka pintu akan rusak dan juga tidak bisa berfungsi kembali. Jenis pintu yang sudah rusak parah ini membutuhkan perlakukan khusus atau penanganan khusus yang lebih detail. Pada tips dan trik mengecat pintu kali ini akan dibahas lebih rinci bagaimana menangani pintu yang sudah rusak parah ini tanpa bantuan tukang.
Baca Juga:  Kebutuhan Furniture Rotan Meningkat Dengan Cat Kayu Mengkilap

Ikuti 6 Tips dan Trik Mengecat Pintu Kayu Dengan Mudah

Cara-Menghilangkan-Cat-KayuJika Anda bisa melakukan sendiri mengapa membutuhkan tukang? Sebenarnya untuk melakukan proses recoating atau pengecatan ulang ini Anda tidak membutuhkan bantuan dari tukang. Anggap saja Anda melakukan sedikit olahraga yang hasilnya nanti akan memuaskan batin. Bahkan Anda tidak perlu membeli pintu baru yang harganya saat ini tidak murah. Anda akan hemat biaya dengan melakukan pengecatan ulang. Berikut ini tips dan trik mengecat pintu yang bisa Anda lakukan dalam melakukan pengecatan ulang pintu.

  1. Membersihkan pintu

Jika pintu yang sudah lama pasti memiliki lapisan coating yang lama lapisan ini harus dihilangkan karena akan mengganggu penetrasi dari cat untuk masuk dan merekat dalam permukaan pintu. Anda bisa menggunakan Bio remover atau dengan diamplas. Ikuti petunjuk cara menghilangkan cat di kayu pada produk Bio remover. Pengamplasan tentu membutuhkan tenaga lebih, selain itu untuk cacat tekstur atau cat yang sulit dikelupas Anda bisa menggunakan cutter secara perlahan agar tekstur atau pemrukaan kayu tidak rusak.

  1. Menutupi permukaan pintu

Dalam bagian pintu pasti ada bagaimana yang tidak ingin terkena cat seperti knop atau engsel. Pada bagian ini jika terkena cat maka akan sulit untuk hilang. Maka tutupi knop atau engsel pintu dengan lakban kertas. Cara ini sangat efektif untuk melindungi knob pada saat proses aplikasi.

  1. Meratakan permukaan kayu

Pintu lama pasti memiliki permukaan yang tidak rata. Permukaan yang tidak rata ini tentu akan mengurangi penampilan dari pintu. Untuk cacat tekstur ini Anda bisa menggunakan wood fiiller yang sudah diencerkan dengan sedikit air. Aplikasikan wood filler dengan kain katu kering dan bersih secara merata ke seluruh permukaan sambil ditekan. Jika pada bagain cacat kayu cukup dalam gunakan pisau pallet dan aplikasikan wood filler yang tidak dicampur air.

  1. Aplikasi kuas
Baca Juga:  Cat Kayu Terbaik Tahan Air untuk Furniture

Untuk recoating pintu, Anda tidak memerlukan alat khusus seperti yang digunakan dalam skala industri yaitu spray gun. Anda cukup menggunakan kuas saja dan memilih produk yang tidak meninggalkan brush mark seperti Biovarnish Wood Stain. Gunakan kuas atau aplikasikan kuas sesuai dengan bidang. Untuk bidang yang luas Anda bisa mengaplikasikan searah serat kayu secara horizontal. Sedangkan pada bidang yang sempit gunakan secara vertikal.

  1. Pengualangan

Jika penampilan pintu belum sesuai lakukan pengulangan aplikasi cat hingga mendapatkan warna yang dinginkan. Tetapi perlu diingat semakin banyak warna yang diulang maka warna yang dihasilkan akan semakin gelap atau warna tua.

  1. Guankan Top Coat

Untuk sentuhan terakhir serta perlindungan gunakan top coat. Penggunaan top coat ini akan meeberikan lapisan film yang kuat untuk melindungi pintu dari panas matahari, hujan atau jamur dan serangga. Top coat adalah cat dengan bentuk cairan transparan yang akan memberikan tingkat glossy pada pintu.

Produk Tepat untuk Penampilan Baru Pintu Rumah

tips dan trik mengecat pintu menggunakan biovarnishJika ingin berhasil dalam menjalankan tips dan trik mengecat pintu rumah di atas maka Anda harus mencari jenis produk yang sesuai. Ada tiga jenis produk yang digunakan dalam finishing yaitu base coat, coloring dan juga top coat. Ketiga produk ini akan memberikan penampilan baru pada pintu Anda. Base coat ini adalah lapisan pertama setelah pintu dibersihkan  yang terkenal dengan dempul kayu. Jenis dempul kayu yang terbaik adalah ketika diaplikaskan dengan pisau pallet dan menghasilkan tarikan yang panjang tanpa adanya retakan. Tandanya dempul benar-benar masuk dan mengisi pori-pori kayu. Untuk produk dempul Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler.

Beralih pada produk coloring, Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain. Warna natural yang lengkap akan memperindah dari tampilan pintu rumah Anda.  Pilhan warna natural tentu tidak akan merusak warna kayu aslinya tetapi malah akan dipertajam lebih baik. Produk terkahir adalah top coat, di sini Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat yang terbagi dalam doff dan gloss. Yang terbaik dari produk finishing seri Biovarnish adalah aman dan ramah lingkungan.

Baca Juga:  Bebas VOC, Ini Dia Sanding Sealer Non Toxic yang Banyak Dicari

Produk Biovarnish dibuat sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency). Regulasi tersebut adalah regulasi standar untuk mendapatkan produk cat yang aman dan ramah lingkungan. Terdapat 82 jenis bahan kimia yang digunakan di dalam produk cat karena tergolong bahan kimia berbahaya untuk tubuh.  Bahan kimia yang tergolong dan VOC (Volatile Organic Compound)  adalah formalin, timbal, merkuri, amonia, ftalat, dll. Kandungan bahan kimia tersebut akan membahayakan kesehatan tubuh terlebih lagi formalin yang gasnya akan menyebar di dalam ruangan. Diharapakan dengan tips dan trik mengecat pintu kali ini akan membantu Anda dalam memperbaiki tampilan pintu dan juga mendapatkan produk cat yang aman dan ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X