Finishing Kusen dan Furniture

Produk Cat Kayu Anti Air Yang Dibutuhkan Saat Ini

Anda sering mengeluhkan kusen yang rusak karena air hujan atau suhu udara yang lemba? Kini ada solusinya dengan produk cat kayu anti air modern di tahun 2017.

Kusen rumah Anda cepat pudar hanya dalan waktu satu tahun? Banyak jamur yang tumbuh sehingga menyita waktu Anda untuk membersihkannya setiap hari? Atau banyaknya rayap yang tinggal di dalam ksuen rumah Anda? Masalah demi masalah yang terlihat sepele tetapi cukup mengganggu aktivitas harian Anda ini harus segera diatasi. Kusen adalah salah satu bagian dari rumah yang sangat jelas terlihat. Bahkan tidak sedikit juga yang mendesain kusen unik agat sesuai degan desain rumah. Sudah membuat desain yang unik dan berharga mahal tetapi tampilan kusen tidak tahan lama, tentu akan menjadi masalah berkepanjangan. Untuk rumah natural pasti akan memanfaatkan jenis kusen kayu. Material kayu inilah yang sering menimbulkan banyak masalah, mungkin bagi Anda yang menginginkan kemudahan akan menggunakan kusen logam tetapi dengan konsekuensi harga yang mahal. Kusen logam tidak lebih baik juga dibandingkan dengan kusen kayu karena jika terkena kelembapan atau air juga akan cepat berkarat.

Fungsi kusen tidak hanya untuk penghias atau memberikan gaya dalam sebuah hunian tetapi juga untuk tempat memasang pintu dan juga jendela. Tanpa adanya kusen baik pintu dan jendela tidak akan terpasang dengan baik bukan? Jika Anda menginginkan hal yang praktis tanpa perawatan berkala jangka pendek maka kusen harus dilakukan finishing dengan cat. Produk cat sendiri juga harus dipilih secara khusus baik itu cat kayu tahan air, tahan panas, tahan serangga atau rayap. Tahan jamur dll. Itulah pelrindugan yang dibutuhkan pada kusen kayu. Terlebih cuaca yang tidak menentu baik itu panas maupun hujan serta pada saat perubahannya akan membuat kusen rumah Anda cepat rusak, maka segeralah perbaiki kusen dengan melakukan finishing ulang atau pastikan kusen Anda telah dilakukan finishing dengan produk cat berkualitas.

Baca Juga:  Perawatan Mangkok Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur

Funrtuire Juga Butuh Perlindungan

Jangan berpikir bahwa kusen saja bagian rumah yang membutuhkan sebuah perlidungan dari cat. Furniture seperti meja makan, lemari, kursi, atau home decor juga membutuhkan perlindungan dari cat. Alasan utama adalah bukan hanya karena furniture banyak diletakan di dalam ruangan, justru keberadaanya di dalam ruangan tersebut akan berbahaya. Cuaca yang tidak menenetu terutama pada saat musim hujan terus menerus akan menimbulkan suhu ruangan memilki kelembapan yang tinggi. Kelemaban inilah yang akan meresap ke dalam susbtrat kayu kemudian menumbuhkan jamur dan mepercepat proses pengeroposan pada furniture di rumah Anda. Jadi baik itu kusen yang sering terkena panas matahari atau air langsung atau furniture yang berada di dalam ruangan sama pentingnya untuk dilindungi.

Berbagai macam jensi kayu dibentuk dan diciptakan sebagai metarial pembuat kursi, meja maka, lemari atau furniture indoor lainnya. Saat ini jenis kayu yang paling banyak digunakan adalah jati belanda. Mengapa? Jenis kayu jati belanda adalah yang paling murah, paling mudah dibentuk dan paling banyak stoknya di Indonesia. Jenis kayu ini adalah kayu softwood  dimana sangat mudah ditumbuhi jamur dan lebih cepat rusak karena karakternya yang lunak. Warna kayu jati belanda yang putih memang menjadi favorit karena bisa difinishing warna natura ataupun solid. Seratnya yang halus membuat jayu pinus pantas untuk diperlihatkan dengan warna natural.

Maka produk cat kayu anti air manakah yang direkomendasikan pada kusen dan furniture di atas? Anda bisa menggunakan produk Biovarnish yang bisa diaplikasaikan pada produk olahan kayu di dalam ruangan da n di luar runagan. Tida seperti produk finishing warna natural lainnya yang hanya direkomendasikan untuk dalam ruangan saja. Anda akan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan satu produk bisa untuk finishing indoor dan outdoor.

Cara Finshing berbagai Jenis Kayu Kusen dan Furniture Dengan Biovarnish

Finishing Kusen dan FurnitureKetahanan tidak hanya didapatkan dari sekali finishing saja, Anda bisa menggunakan beberapa produk untuk mendapatkan finishing yang sempurna. Ada tiga produk yang akan Anda gunakan jika memilih merk cat kayu terbaik Biovarnish untuk finishing kusen dan furniture. Pertama adalah dempul, lalu wood stain dan juga top coat. Untuk finishing yang diharapkan Anda bisa mengikuti langkah mudah berikut ini:

  1. Menyiapkan media kayu baik itu kusen atau furniture yang memiliki kekeringan MC 12%. Jika kayu sudah kering maka tandanya sudah siap difinishing. Kayu yang masih lembab akan mempengaruhi pertumbuhan jamur dan lapisan cat tidak akan berfunsgi dengan baik. Selain itu media juga harus bersih. Kayu memiliki banyak kotoran dan harus dibersihkan dengan amplas. Kotoran yang masih menempel akan mempengaruhhi lapisan cat tidak menempel dengan baik. Misalnya saja masih ada sisa lem kayu maka hasil warna juga bisa menjadi belang dan tidak rata. Haluskan permukaan kayu juga dengan amplas dan bersihkan debu amplas hingga bersih benar.
  2. Mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler. Permukaan kayu yang memiliki banyak cacat tekstur harus dihaluskan. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan pisau pallet untuk cekungan permukaan kayu yang dalam. Untuk permukaan kayu yang datar gunakan kain katun bersih dan kering. Larutkan Biovarnish Wood Filler dengan sedikit air perbandingan bahan :1 air. Oleskan pada seluruh permukaan kayu dengan kain sambil ditekan perlahan. Tunggu dempul hingga kering sekitar 20 menit kemudian di amplas dengan kertas amplas no. 240. Bersihkan serbuk amplas. Jika bagian cekungan kayu masih belum rata isi kembali dengan Biovarnish Wood Filler hingga mendapatkan permukaan yang rata.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain. Tambahkan Biovarnish Wood Stain dengan air perbandingan 4 bahan :1 air dan aduk hingga homogen, untuk lebih tepatnya ukur dengan NK2 dan mendapatkan viskositas 9-12 detik. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serta kayu dengan kuas saja. Jika berlawanan serat kayu maka hasilnya tidak rapi dan halus. Setelah rata tunggu kering tanpa dijemur pada panas matahari cukup suhu ruangan saja sekitar 60 menit. Lalu amplas pemrukaan kayu hingga halus dan rata, jika perlu raba permukaan untuk meyakinkan. Jika warna belum sesiai maka Anda bisa mengaplikaskan Biovarnish Wood Stain.
  4. Gunakan Biovarnish Clear Coat. Pada produk terakhir ini Anda bisa memilih dua tingkat glossy yaitu doff dan gloss. Campurkan Biovarnish Clear Coat dengan air dan aduk hingga rata. Aplikasikan dengan kuas serata serat kayu dan tunggu kering sekitar semalaman. Maka tampilan dari kusen atau furniture akan menarik dan tercipta lapisan film anti air.
Baca Juga:  BioColours® Wood Stain Outdoor (WSO)

Mengapa Harus Memilih Seri Biovarnish?

regulation Biovarnish
Sertifikasi Biovarnish

Memprediksi efek jangka panjang dalam penggunaan cat ada dua yang harus diperhatikan, pertama penampilan furniture atau kusen kedua kesehatan Anda sebagai pengguna. Untuk penampilan maka Biovarnish akan memberikan penampilan yang tahan lama. Sesuai dengan keunggulannya yaitu cat kayu anti air dan panas, mencegah serangan dan jamur serta aplikasi mudah tentu saja penampilan jangka panjang akan Anda dapatkan. Sedangkan efek jangka panjang untuk kesehatan Anda adalah kandungan bahan beracun yang biasanya digunakan dalam cat. Produk Biovarnish sama sekali tidak mengandung bahan beracun bagi tubuh. Hal ini dibuktikan dengan pembuatan produk yang sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency).  Kedua regulasi tersebut sangat ketat menyeleksi bahan kimia mana saja yang boleh dan tidak boleh digunakan untuk bahan cat. Sehingga cat Biovarnish sudah aman untuk digunakan di lingkungan hunian karena tidak adanya kandungan berbahaya seperti formalin, merkuri, timbal, dll. Waspadai produk cat yang masih beredar dipsasaran dengan kandungan kimia yang berbahaya, selalu pilih produk Biovarnish yang aman dan ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X