Teknik Distress Untuk Mendapatkan Grey Wash Finish

Teknik Distress Untuk Mendapatkan Grey Wash Finish

Ingin memiliki kayu yang terlihat tua atau kayu yang memiliki tampilan seperti sudah lapuk? Anda tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama agar kayu benar-bvebnar berubah warna secara alami.

Anda hanya membutuhkan kuas, amplas dan juga cat untuk memunculkan  efek warna tersebut. Teknik distress adalah salah satu teknik yang dikenal untuk membuat kayu terlihat lebih tua daripada aslinya.

Rata-rata kebanyakan orang menggunakan teknik rustik terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan. Rustik dibutuhkan untuk menciptakan tekstur pada permukaan kayu. Sehingga kesan tua atau lama akan semakin terlihat jelas.

Namun bagi Anda yang tidak menyukai permukaan terlihat bertekstur Anda bisa tetap melakukan finishing wash pada permukaan kayu yang rata dan juga datar.

Perlu Anda ketahui bahwa adanya pori pada kayu dan juga serat kayu adalah salah satu bagian yang diperlukan untuk memperlihatkan permukaan kayu tampak lebih tua dari sebelumnya.

Serat kayu tentu akan tempak lebih gelap dan juga lebih berwarna tua. Dalam artikel ini Anda akan mempelajari apa saja syarat yang dibutuhkan untuk melakukan finishing grey wash pada furnitur hingga bagaimana langkah Anda mewujudkannya.

Hal-Hal yang Dibutuhkan untuk Finishing Grey Wash

Jika Anda akan memulai proyek finishing Anda sudahkah Anda memnuhi syarat untuk melakukan finishing? Jika Anda belum terpikirkan untuk menggunakan alat atau bahan tertentu maka sebaiknya Anda mempelajarinya sekarang juga.

teknik distress finish Untuk Mendapatkan Grey Wash Finish
Perubahan warna kayu dari natural menjadi grey finish.

Ada banyak bahan dan juga alat yang harus Anda gunakan. Bahkan persiapan media juga menjadi salah satu bagian yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan.

  1. Persiapan Media

Anda harus mempersiapkan media terlebih dahulu. Jika Anda akan melakukan finishing pada kayu maka pastika jika kayu sudah memiliki kelembaban standar. Adanya kelembaban yang masih tinggi saat pengecatan berlangsung akan mempengaruhi lapisan cat di kemudian hari.

Baca Juga:  2 Bahan Finishing Kayu Food Grade yang Harus Anda Miliki

Lapisan cat kering akan menahan penguapan air dari kelembaban kayu dan menimbulkan bubble. Jika Anda tidak ingin masalah ini terjadi pastikan kayu yang Anda gunakan sudah memiliki MC kayu standar.

  1. Pemilihan jenis kayu

Anda mungkin berfikir jenis kayu apa saja bisa difinishing wash. Namun sayangnya tidak semua jenis kayu akan berhasil dengan finishing ini. Walaupun bertujuan untuk memperlihatkan kayu tampak tua namun tanpa ada serat yang unik finishing wash tidak akan memperlihatkan sebuah furnitur wash menjadi menarik.

Pemilihan finishing menggunakan jenis kayu solid yang berserat baik atau alur seratnya unik akan menjadi nilai lebih pada hasil akhir nantinya. Pilihlah furnitur dengan kayu solid seperti kayu merbau, kayu jati bahkan mahoni.

Melihat kegunaanny pada kayu solid sangat mungkin untuk mendapatkan finishing ini pada lantai kayu maupun dinding kayu.

  1. Pemilihan jenis cat

Tentu saja salah satu hal yang sangat penting adalah bagaimana Anda bisa memilih jenis cat yang tepat. Ada banyak jenis dan juga banyak merk cat yang menawarkan berbagai macam warna dan perlindungan.

Namun perlu Anda ketahui bahwa furnitur yang akan digunakan adalah furnitur yang akan ada di rumah Anda. Jadi sebaiknya memilih cat ramah lingkungan seperti cat water based adalah pilihan yang paling tepat.

Baca juga : Cat Wash Terbaik untuk Menciptakan Furniture Antik Makin Menarik

Cat water based tidak menimbulkan bau, tidak menguning dan juga akan memberikan perlindungan yang makasimal pada furnitur Anda di rumah. Jika Anda memilih cat solvent maka Anda akan bermasalah dengan bau cat yang akan sulit hilang walaupun cat sudah benar-benar mengering.

Produk cat water based yang kini sedang Anda butuhkan adalah cat BioColours. Poroses aplikasinya sangat mudah dan Anda akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal tanpa harus bermasalah dengan bau cat yang lama.

Baca Juga:  5 Jenis Kayu yang Cocok Untuk Material Tangga Kayu

Proses aplikasi mudah hanya dengan spray system dan Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Kecepatan kering tidak perlu ditanya hanya dalam waktu menit cat mengeing dengan baik dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik.

  1. Pemilihan alat

Jika cat dan media sudah siap Anda tinggal mempersiapkan alat yang dibutuhkan. Gunakan amplas kertas aluminium oxide yang dibalut dengan balok kayu untuk mendapatkan pengamplasan yang rata.

Untuk setiap lapisan cat Anda membutuhkan amplas dengan grit halus yaitu nomor 400. Amplas ini hanya berfungsi sebagai pembuka pori kayu agar setiap lapisan cat dapat merekat dengan baik.

Alat lain yang dibutuhkan adalah spray. Gunakan alat spray dengan nozle 1 yang akan mengeluarkan cat dengan baik. Cek terlebih dahulu peralatan Anda khususnya spray agar Anda tidak bermasalah dengan cat yang keluar dengan tidak sempurna.

Cuci bersih spray setiap kali Anda selesai menggunakan. Menghindari gumpalan cat yang mengering di dalam nozle akan lebih baik daripada Anda harus mengganti semua peralatan yang telah rusak.

Baca juga : Mengenal Teknik Distressing untuk FInishing Shabby Chic

Cara Finishing Grey Wash pada Furnitur

Kini Anda sudah sampai pada tahapan siap untuk melakukan finishing. Pastikan ruang Anda bersih dan bebas dari debu atau kotoran yang akan menempel dengan mudah pada saat cat mengering. Jangan nyalakan kipas dalam ruangan karena debu dapat berterbangan.

Langkah pertama siapkan produk BioColours Biodcuco Grey yang telah dicampur dengan air dengan perbandingan yang cukup banyak. Sebaiknya encerkan cat agar Anda mendapatkan warna abu-abu yang diinginkan baik itu gelap atau muda.

teknik distress finish Untuk Mendapatkan Grey Wash Finish
Macam-Macam warna greay wash.

Setelah itu semprotkan cat secara merata ke seluruh permukaan media kayu yang bersih dan juga bebas debu atau kotoran. Diamkan furnitur kayu jika Anda sudah selesai mengecat selama 60 menit.

Baca Juga:  5 Model Kursi Taman dari Besi

Kini Anda siap untuk mengamplas jika permukaan cat sudah benar-benar mengering. Amplas hingga tersisa cat pada bagian serat kayu saja. Anda bisa menggunakan amplas yang dibalut balok kayu. Amplas khususnya pada bagian permukaan yang Anda inginkan warna lebih pudar.

Bersihkan debu amplas dan Anda hanya mendapati warna abu-abu pada serat kayu.

Jika sudah selesai Anda bisa mempersiapkan BioColours Top Coat Death Matte yang sudah dicampur dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk rata dan mulai semprotkan dengan spray gun secara merata ke seluruh permukaan kayu.

Pastikan semua permukaan kayu sudah Anda lapisi dengan baik dan tunggu hingga benar-benar mengering. Diamkan furnitur selama 24 jam. Anda akan mendapatan finishing grey wash hanya dengan dua produk pada furnitur Anda.

Anda bisa menggunakan finishing ini untuk melengkapi gaya di rumah Anda. Gunakan finishing sesuai selera Anda semakin Anda sering melakukan finishing wash maka Anda akan semakin mahir dalam melakukannya.

Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas untuk mendapatkan hasil maksimal dan tahan lama. Satu tips yang perlu Anda lakukan adalah jangan menggunakan jenis top coat gloss karena finishing wash berfungsi untuk memperlihatkan sifat natural kayu yang sudah bertambah tua.

Jika Anda memberikan lapisan top coat gloss maka furnitur akan tampak mengkilap dan kehilangan kesan tua.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X