cat duco

Cara Mudah Mendapatkan Kabinet Dapur Tampilan Solid dengan Bioduco

Kabinet dapur adalah rangaain furniture yang sangat penting. Tanpa adanya kabinet pemilik rumah tidak bisa menata peralatan dapur dengan rapi. Belum lagi sebagai tempat penyimpanan makanan yang aman dari debu dan juga serangga. 

Pentingnya kabinet dapur membuat bahan finishing yang digunakan juga harus dipilih dengan baik. Mulai dari warna yang dihasilkan hingga perlindungan yang diberikan baik pada furniture dan juga makanan yang disimpan. 

Finishing dari kabinet dapur harus bebas toxic yang biasanya terkandung dalam jumlah banyak dari dalam cat. Cat duco adalah jenis cat yang paling banyak digunakan karena akan memberikan warna yang baru. Bagi Anda yang akan menggunakan material kayu buatan seperti plywood cat duco adalah pilihan yang sangat tepat. 

Anda tidak perlu memperlihatkan tampilan asli dari plywood namun memberikan warna yang benar-benar baru. Sebelum memilih cat duco yang tepat Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan kabinet. Perlakukan finishing kabinet dapur harus dibedakan dari furniture biasa. 

Kebutuhan yang Harus Dipenuhi Cat Duco untuk Kabinet Dapur

Ada banyak kebutuhan dari kabinet dapur yang harus dipenuhi oleh cat duco. Beberapa alasannya telah disebutkan di awal. Memenuhi kebutuhan dari kabinet dapur ini nantinya akan mempermudah untuk memilih manakah jenis cat duco yang tepat untuk digunakan. Tidak semua produk cat duco memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan kabinet dapur. 

Jadi sebelum akhirnya anda membeli cat duco dalam jumlah banyak untuk mengecat sebaiknya perhatikan kebutuhannya terlebih dahulu. Dilihat dari beberapa sudut pandang, kabinet dapur setidaknya membutuhkan cat duco seperti berikut ini. 

Masalah Keamanan yang Dimiliki Cat Duco

Kabinet dapur membutuhkan cat duco yang aman, cirinya adalah tidak menimbulkan bau yang menyengat. Ketika cat diaplikasikan dan masuk tahapan pengeringan akan mudah terasa apakah cat tersebut menimbulkan bau yang sangat menyengat. 

Baca Juga:  Belajar Cara Memperbaiki dan Mengecat Kabinet Oak yang Terbakar

Tidak semua cat duco memenuhi kebutuhan ini, hanya cat duco berbasis air yang memilikinya. Cat yang mengeluarkan bau biasanya mengandung formalin yang sangat tinggi bahkan timbal. Jika aroma tersebut terhirup manusia maka akan menimbulkan masalah kesehatan. 

Memberikan Ketahanan Terhadap Kelembaban

Musuh utama dari furniture dapur adalah kelembaban. Tingkat kelembaban di dapur akan lebih tinggi dibandingkan ruang lainnya. Seperti kamar mandi, semua furniture di dapur membutuhkan perlindungan lebih terhadap kelembaban. Cat duco harus memenuhi hal ini oleh karena itu biasanya Anda harus memilih top coat yang kompatibel dan memberikan kelebihan ini. 

Pastikan top coat yang digunakan sesuai dengan jenis coat duco dan perlindungan terhadap kelembaban. Tidak hanya itu saja perlindungan bisa diperluas dengan mencari top coat yang tahan goresan hingga perubahan cuaca. Biasanya Anda harus menggunakan top coat dengan tampilan glossy yang bisa menyamarkan tampilan goresan. 

Cepat Kering dan Tidak Blocking

Demi mendapatkan hasil sempurna, Anda harus memilih jenis cat duco yang lebih cepat kering. Apalagi jika Anda akan melakukan proses mengecat di dalam dapur karena kabinet sudah terpasang. Oleh karena itu memilih cat yang proses keringnya cepat sangatlah penting. 

Disamping cepat kering, cat juga harus tidak menimbulkan blocking. Sehingga hasilnya akan lebih halus dan juga merata. Anda bisa memilih cat yang bisa diaplikasikan dengan alat semprot untuk masalah ini. 

Produk Cat Duco Terbaik untuk Furniture Dapur

Di antara semua produk cat duco water based, salah satu yang memenuhi kebutuhan kabinet dapur adalah Bioduco. Cat ini merupakan cat duco water based dengan kandungan logam berat dibatasi sesuai regulasi. Regulasi yang diacu adalah EPA (Environmental Protection Agency) dan juga ECHA (European Chemical Agency). Hal ini bisa dibuktikan dengan tidak adanya aroma yang mengganggu pernapasan. 

Baca Juga:  Merk Zat Pemutih Kayu WA 250, Produk Yang Tidak Menimbulkan Karat

Bioduco memiliki dua pilihan warna untuk dipilih yaitu warna solid dan juga warna metalik. Keduanya sangat cocok digunakan untuk kabinet dapur sesuai dengan gaya yang ingin Anda terapkan. Keuntungannya tidak hanya sesuai kebutuhan kabinet, masih banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah mengaplikasikan cat ini. 

Apa saja keuntungan yang diberikan dari Bioduco? Berikut ini macam-macamnya. 

  1. Daya tutup yang maksimal sehingga warna dan serat kayu tidak akan terlihat. 
  2. Perlindungan terhadap panas hingga perubahan cuaca membuatnya tidak hanya bagus untuk kabinet dapur. 
  3. Tampilan matte atau gloss sesuai kebutuhan karena tersedia juga Bioduco top coat. 
  4. Hasil finishing tidak akan sagging selama Anda mendapatkan viskositas cat yang tepat. 
  5. Memiliki 24 pilihan warna dari solid dan juga metalik yang menarik untuk dipilih. 

Jika Anda berencana untuk mengecat kabinet dapur secepatnya sebaiknya pilih Bioduco sekarang juga. Tidak ada kerugian yang diberikan, karena dari segi budget akan lebih hemat mengingat bahan pelarut yang dibutuhkan adalah air. 

Cara Mengaplikasikan Bioduco yang Tepat 

Bioduco akan memberikan perlindungan dan warna yang sesuai pada kabinet dapur asalkan Anda melakukan finishingnya dengan benar. Langkah-langkah finishing ini akan dimulai dari pengamplasan kabinet. Bersihkan semua kotoran yang menempel dan pastikan kabinet memiliki permukaan yang halus. 

Jika persiapan material sudah dilakukan dengan benar, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pengecatannya sebagai berikut ini. 

Mengaplikasikan Bioduco Wood Putty

Lapisan pertama yang digunakan untuk memperhalus permukaan kabinet adalah wood putty. Selain itu juga akan menutup pori kayu sehingga tidak akan menyerap kelembaban berlebih. Caranya cukup ratakan dengan scrape ke seluruh permukaan kayu. 

Tunggu kering selama 20 menit kemudian amplas permukaan kayu dengan kertas amplas nomor 240.Bersihkan debu amplas. 

Baca Juga:  Harga Obat Pemutih Kayu WA 250 Terjangkau Untuk Sawn Timber

Mengaplikasikan Bioduco Bioduco Primer Coat

Lapisan kedua adalah primer yang akan menutup warna asli kayu dan membuat cat duco menjadi lebih tajam warnanya. Proses aplikasi dimulai dengan membersihkan debu amplas sisa dari wood putty. Kemudian campuran primer dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. 

Semprotkan primer ke permukaan kabinet hingga merata kemudian diamkan selama 60 menit. Amplas ambang kemudian ulangi hingga warna kayu tertutup dengan benar. 

Mengaplikasikan Bioduco Warna Solid

Ketiga adalah lapisan dari cat solid, namun Anda bisa juga memilih warna metalic dari Bioduco metalik. Cat ini bisa diulangi hingga mendapatkan warna sesuai kebutuhan. Prosesnya juga tidak jauh berbeda dari primer coat. 

Campurkan cat duco dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Semprotkan merata ke permukaan kabinet, tunggu kering dan amplas ambang dengan amplas 400. Ulangi aplikasinya hingga warna tajam. 

Mengaplikasikan Bioduco Top Coat

Terakhir adalah top coat dan disarankan untuk menggunakan top coat gloss. Proses aplikasi bisa satu atau dua kali tergantung kebutuhan Anda. Sebaiknya cobalah mengaplikasikan satu lapisan saja. Prosesnya dimulai dengan mencampurkan cat dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. 

Semprotkan top coat ke seluruh permukaan kabinet hingga merata kemudian diamkan kabinet selama semalaman. Baru kembalikan semua bagian kabinet dan gunakan seperti biasanya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X