Cara Mengeluarkan Serat Kayu Pada Rak Kayu Pinus

Cara Mengeluarkan Serat Kayu Pada Rak Kayu Pinus

Kayu pinus adalah jenis kayu yang paling banyak ditemui. Alasan utamanya adalah karena kayu pinus adalah salah satu jenis kayu yang paling mudah tumbuh. Kayu pinus sangat mudah tumbuh di Indonesia yang beriklim tropis. Maka tidak heran jika Anda pergi ke pegunungan maka Anda akan menemukan banyak pohon pinus yang tumbuh.

Pohon pinus adalah salah satu pohon yang kayunya berjenis kayu ringan atau soft wood. Kayu pinus adalah jenis kayu yang mudah untuk diolah akrena bobotnya yang ringan dan seratnya yang empuk.

Kayu pinus adalah jenis kayu pinus yang mempermudah para pengrajin untuk membentuknya menjadi sebuah kerajinan. Jika tidak ada kayu pinus maka pilihannya adalah jenis hardwood atau kayu keras yang bobotnya berat. Padahal jenis hardwood adalah kayu yang memiliki harga cukup mahal.

Cara Mengeluarkan Serat Kayu Pada Rak
Rak dinding dari kayu pinus warna natural.

Karena kayu pinus sangat mudah untuk dibentuk maka Anda bisa membentuk kayu pinus sebagai rak kayu. Banyak sekali pengrajin kayu atau sekedar penghobi yang membuat rak daru kayu pinus. Bentuk dari rak ini mudah maka tidak heran jika Anda adalah pemula di bidang kayu maka pembuatan rak adalah yang paling mudah.

Bahkan banyak ibu rumah tangga yang menciptakan rak kayu sendiri untuk mainan anak di rumah sebagai bagian dari hobi.  Pembautan rak dari kayu pinus ini cukup membuat desain kemudian measangnya. Lebih mduah lagi jika Anda telah menggunakan jenis kayu pinus yang ebrbentu palet sehingga tidak terlalu sulit unutk memotongnya. Kecuali jika Anda ingin membuat rak yang berbentuk artistik.

Biasanya jika Anda menciptakan bentuk dari rak tersebut sederhana maka untuk membuat lebih menarik Anda bsia melakukan finishing yang mencolok. Artinya adalah hanya dengan benatuk atau desain rak yang sederhana namun karena finishing yang bagus maka hasilnya akan sangat memukau salah satunya adalah menciptakan finishing yang memperlihatkan serat kayu.

Anda tidak memerlukan cara yang sulit karena hanya menggunakan produk Biovarnish saja Anda bisa mendapatkan hasil yang memukau tersebut. Mengapa menggunakan produk Biovarnish? Karena cat kayu water based Biovarnish adalah produk  yang dirancang untuk memperlihatkan serat kayu.

Cara mengeluarkan serat kayu apda kayu pinus untuk tampilan yang natural menggunakan Biovarnish cukup menggunakan kuas dan juga air saja. Dengan dua komponen tersebut Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang serat kayunya terlihat sangat jelas.

Produk dengan bahan pelarut air ini memiliki tarikan kuas yang ringan sehingga Anda tidak perlu takut akan efek dari brush mark yang biasnaya sering muncul setelah aplikasi cat solvent atau cat water based lainnya. Hasilnya akan rata dan juga halus.

Penggunaan Rak yang Bervariasi

Berbicara mengenai rak maka ada banyak sekali jenis rak yang bisa digunakan untuk didalam rumah. Sebelum Anda menciptakan rak maka terlebih dahulu buatlah rancangan atau desain. Bentukd ari desain ini disesuaikan dengan fungsi rak sehingga tingkat kekuatannya dapat diatur sesuai dengan benda yang akan diletakan dalam rak tersebut.

Baca Juga:  Tips Memilih Cat Outdoor Yang Terbaik

Jika Anda membuat rak untuk buku namun tidak memiliki konstruksi yang baik maka rak tidak akan bertahan lama. Nah oleh karena itu berikut ini beebrapa jenis rak yang biasanya menjadi bahan pertimbangan ketika akan menciptakan suatu desain:

Cara Mengeluarkan Serat Kayu Pada Rak
Rak dengan kayu yang berserat cantik.
  1. Rak mainan

Jenis rak ini tentu saja biasanya dibutuhkan oleh anak-anak dan juga remaja. Untuk jenis mainan remaja biasanya akan meletakan jensi mainan seperti action figure yang memiliki berat yang ringan. Nah untuk rak ini Anda bisa menggunakan palet kayu yang panjang dan membentuknya menjadi rak sederhana.

Bahkan bsa saja Anda hanya menggunakan penyangga kemudian langsung meletakan palet kayu panjang di atas penyangga tersebut. Kuncinya kayu harus difinishing terlebih dahulu untuk mendapatkan penampilan yang manis.

  1. Rak Hiasan

Fungsi rak di sini adalah untuk menciptakan atau meletakan haisan ruamh. Rak jenis ini bisa dibuat menarik atau memiliki desain dan juga memiliki bentuk yang unik.

Rak yang artistik bisa diciptakan untuk jenis rak ini. Karena bnetuknya yang artisitik, finishing kayu yang memperlihatkan serat kayu akan menambah nilai artistik dari rak jenis ini.

  1. Rak buku

Seperti yang telah dijelaskan bahwa rak buku harus dibuat secara kuat dari sisi konstruksinya. Jadi untuk penampian biasanya lebih menitiberatkan pada saat finsihing. Tamp[ilan natural yang memperlihatkan serat kayu maka akan memperlihatkan atau memberikan kehangatan.

  1. Rak piring atau bumbu dapur

Untuk jenis rak ini sama seperti untuk rak buku harus dibuat dengan konstruksi yang lebih baik. Penampilan dari rak piring menggunakan kayu membutuhkan perlindungan yang lebih mengingat letak dari rak kayu pinus adalah di dapur yang sering memiliki suhu lembab yang tinggi.

Jadi jika Anda ingin mendapatkan hasil finsihing yang kuat dan tahan lembab maka Anda juga harus memberikan bahan anti jamur seperti BioCide Wood Fungicide sebelum melakukan finishing. Pemberian  bahan anti jamur ini sangat efektif dan akan membantu rak untuk tahan terhadap jamur walaupun diberikan pada tempat yang lembab seperti dapur.

Cara Finishing Rak Untuk Mengeluarkan Serat Kayu

Anda bisa menggunakan finishing ini untuk berbagai jenis rak yang tadi telah disebutkan. Nah sesuai janji yang telah di sebutkan di awal dalam artikel ini akan dijelaskan bagaiamana finishing yang tepat untuk mendapatkan hasil finishing natural yang dapat memperlihatkan serat kayu pinus. Anda bisa menggunakna produk Biovarnish Wood Filler Ramin, Biovarnish Wood Stain Light Brown dan Biovarnish Clear Coat Doft. Untuk langkah lengkapnya Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

Baca Juga:  Menggunakan Cat Kayu Hitam untuk Kusen Jendela
Cara Mengeluarkan Serat Kayu Pada Rak
Produk seri Biovarnish untuk menampilkan serat kayu.
  1. Pastikan permukaan kayu sudah bersih dan juga kering standar biasanya memiliki kering standar 12% setelah itu Anda bisa menghilangkan kotoran dari segi debu sisa pengamplasan atau kotoran kayu yang akan mengganggu penetrasi dari cat untuk masuk ke dalam kayu.
  2. Campurkan Biovarnish Wood Filler ramin dengan sedikit air, kemudian Anda bisa mengoleskan ke seluruh permukaan kayu dengan kain bal. Aplikasikan hingga permukaan kayu rata. Lalu Anda bisa langsung saja menjemur atau mengangin-anginkan saja ke seluruh permukaan kayu tanpa dijemur pada panas matahari.
  3. Proses pengeringan akan membutuhkan waktu selama 20 menit kemudian Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas alumunium oxide nomor 240. Amplas hingga permukaan kayu berubah hingga terlhat serat kayunya.
  4. Proses pengecatan menggunakan Biovarnish Wood Stain warna light brown. Anda bisa mulai dengan mencampurkan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mulai mengaduk hingga permukaan kayu berubah menjadi lebih tercampurkan. Oleskan menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu pinus searah serat.
  5. Tunggu hingga kering sekitar 60 menit setelah itu Anda bisa mulai untuk mengamplas halus menggunakan kertas amplas nomor 400. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa mengaplikasikan hingga 2 kali, namun untuk warna yang didapatkan akan lebih gelap.
  6. Langkah terakhir adalah menggunakan Biovarnish Clear Doft dengan dicampur menggunakan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung melakukan proses penguasan searah serat kayu. Lalu untuk kering sempurna Anda bisa menunggu sekitar semalaman

Cara Memperlihatkan Serat Kayu dengan Finishing Rustic

Jika langkah diatas untuk memperlihatkan serat kayu asli, ada juga cara lain yang tujuannya sama-sama memperlihatkan serat kayu yaitu kesan rustic. Untuk mendapatkan tampilan rustic, kayu pinus harus terlebih dahulu masuk ke tahapan rustic dengan mesin. 

Jika tidak memiliki mesin rustic, Anda bisa juga menggunakan sikat kawat. Kayu hanya perlu disikat dengan searah serat kayu. Karena kayu pinus lunak, maka akan lebih mudah untuk proses perusakannya. 

Selain menggunakan sikat kawat, kayu juga perlu dilapisi dengan glaze. Bahan finishing ini berfungsi untuk memberikan warna yang lebih tajam pada bagian serat dan permukaan kayu yang telah dirusak. 

Keindahan rustic bukan hanya pada serat kayunya yang tampak jelas tetapi juga permukaan kayu memiliki tekstur indah. Jika Anda ingin mendapatkan tampilan ini, berikut langkah-langkah finishingnya. 

  • Menciptakan permukaan kayu rustic

Untuk menciptakan tekstur pada rak kayu pinus, Anda bisa menggunakan sikat kawat, palu dan juga paku. Rusak bagian permukaan dengan sikat kawat. kemudian pada siku yang presisi, Anda bisa menggunakan palu. 

Pukul-pukul di beberapa bagian saja, kemudian paku juga di beberapa sudut. Ciptakan lubang dan guratan agar kayu tampak rusak secara alami. Setelahnya bersihkan debu dengan kain kering. 

  • Memberikan warna dasar

Supaya tampilan kayu lebih menarik Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain warna walnut brown sebagai warna dasarnya. Gunakan cat kayu ini untuk membuat satu lapisan coating saja. Proses aplikasinya pun lebih mudah. 

Baca Juga:  Tiga Langkah Mudah Mengecat Ulang Bangku Teras

Tuangkan cat 2 bagian dan air 1 bagian. Aduk merata kemudian kuaskan cat ke permukaan kayu searah dengan serat. Kemudian biarkan kering selama 60 menit baru amplas ulang dengan amplas nomor 400. Cukup buat satu lapisan saja, jangan lupa bersihkan debu bekas pengamplasan. 

  • Mengaplikasikan sanding sealer

Supaya nanti glaze bisa melekat dengan baik, dibutuhkan lapisan cat dasar kayu berupa sanding sealer. Anda bisa menggunakan Biovarnish sanding sealer yang cara aplikasinya mirip yaitu mencampurkan bahan dan air perbandingan 2:1. Kemudian aduk hingga cat merta. 

Kuaskan sanding sealer merata dan ikuti juga alur serat kayu. Setelah itu biarkan kering selama 60 menit. Baru lanjutkan dengan proses glazing. 

  • Menciptakan serat kayu rustic

Untuk glaze, Anda sebaiknya menggunakan Biovarnish glaze warna black. Karena warna walnut brown sudah cenderung gelap maka serat kayu harus memiliki warna yang lebih gelap lagi. Anda bisa menggunakan Biovarnish glaze black,

Cara mengaplikasikannya adalah larutkan glaze dengan sedikit air supaya mudah diaplikasikan. Kemudian kuaskan glaze searah serat kayu, biasanya warna akan terlihat sangat gelap. 

Tunggu glaze sedikit mengering selama 15 menit saja, kemudian lap glaze menggunakan kain kering. Cara mengelap harus ditekan dan searah serat kayu dalam satu kali sapuan. Maka akan terlihat serat kayu yang tampak jelas dan menawan. 

  • Mengaplikasikan Biovarnish clear coat

Supaya glaze kering dan rak kayu pinus terlindungi, lapisan terakhir yang wajib diaplikasikan adalah Biovarnish clear coat. Anda bisa memilih clear coat gloss atau matte. Cara mengaplikasikannya pun sama yaitu, campurkan terlebih dahulu dengan perbandingan 2:1. 

Kuaskan clear coat gloss atau matte yang sudah dilarutkan dengan air. Caranya juga harus mengikuti arah serat kayu. Kemudian biarkan coating kering selama 24 jam. Anda juga bisa mendiamkan kayu selama semalaman di dalam ruangan. Rak sudah bisa digunakan keesokan harinya. 

Produk cat kayu Biovarnish bisa Anda dapatkan melalui website ini yang merupakan toko online produk cat kayu water based merk berkualitas. Pembelian melalui website ini adalah cara yang paling mudah dibandingkan jika Anda membeli melalui toko bahan bangunan yang lainnya.

Pembelian produk cat kayu water based secara langsung bisa datang langsung ke alamat Jl. Kisabalanang no. 23 Megucilik, Weru, Cirebon, Jawa Barat, 45154. Bagi Anda yang datang langsung bisa berkonsultasi untuk masalah finishing water based yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X