Penyebab Utama Finishing Lantai yang Menggelembung dan Cara Mengatasinya

Penyebab Utama Finishing Lantai yang Menggelembung dan Cara Mengatasinya

Anda sedang mengecat lantai kayu dengan wood stain atau top coat lalu muncul gelembung dan ketika lantai mengering bekas gelembung tidak hilang. Ada yang salah dengan finishing Anda jika gelembung muncul pada lantai ketika Anda mengaplikasikan stain atau cat.

Sayangnya Anda tidak mengetahui apa penyebab utama dari gelembung pada lantai dan cat lalu ketika kering cara apakah yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Apabila Anda sedang mengecat dan muncul permasalahan gelembung sebaiknya Anda berhenti karena jika Anda teruskan seluruh lantai tidak akan mendapatkan finishing yang halus dan rata.

Baca Juga : cara mengatasi cat gelembung

Kemudian Anda harus tenang dan jangan panik, karena ketika Anda panik maka penyelesaian tidak akan muncul dan permasalahan akan semakin besar. Langkah pertama sebaiknya Anda bertanya kepada ahli dalam mengecat lantai atau pabrik yang mengeluarkan lantai kayu.

Jika Anda kesulitan maka cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mengatasi gelembung yang muncul pada lantai pada saat pengecatan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai penyebab utama munculnya gelembung pada saat proses pengecatan lantai sekaligus cara mengatasinya.

Alasan Gelembung Muncul Pada Lantai

Ketika mengecat lantai maka gelembung dapat muncul atau dapat pecah karena berbagai macam alasan.Lapisan coatunbg pada kayu adalah lapisan yang akan memberikan kilap dan akan memberikan lapisan pelindung.

Penyebab Utama Finishing Lantai yang Menggelembung dan Cara Mengatasinya
Contoh gelembung pada lantai yang sering muncul.

Lapisan coating bisa berupa sebuah pernis kayu yang dapat diserap boleh pori kayu namun ada yang jenisnya tidak tahan air bahkan tidak tahan terhadap cuaca. Jika kandungan air pada kayu terena panas dalam ruangan maka kayu akan memuasi dan akan menimbulkan luapan udara di bawah lapisan  cat.

Gelembung tersebut bisa berbentuk kecil ataupun besar tergantung uap yang dihasilkan kayu melalui pori-pori. Berikut ini beberapa alasan yang perlu Anda pahami mengapa gelembung muncul pada lantai Anda:

  1. Temperatur ekstrim

Gelembung pada kayu yang muncul di bawah lapisan cat atau pernis akan berada di berbagai macam area dalam bentuk bubble kecil. Temperatur yang ekstrim terutama di daerah tropis seperti di Indonesia pada saat musim kemarau akan menyebabkan kayu mengeluarkan uap air dari kelembaban yang sebelumnya diserap.

Gelembung pada lantai kayu juga bisa disebabkan dari thinner solvent yang menguap terlalu cepat atau ketika penguapan thinner di awal tidak sempurna sehingga masih tersisa pada bagian bawah kayu dan menguap secara berlebihan.

  1. Kelebihan Gas pada Saat Proses Pembuatan Lantai Kayu

Jika dilihat dari proses pembuatan lantai kayu di pabrik, gelembung pada lantai kayu dapat disebabkan dari gas yang masih berada di dalam kayu ketika proses pembuatan dari perawaran kayu. Sehingga ketika kayu digunakan dan sudah dilapisi cat gas yang tadinya masih ada di dalam kayu pada pori atau serat akan dipaksa keluar melalui lapisan coating jika udara memanas.

  1. Penguapan Terlalu Cepat

Penyebab Utama Finishing Lantai yang Menggelembung dan Cara Mengatasinya
mengecat ulang lantai.

Jika Anda menggunakan cat solvent maka akan sangat mudah gelembung muncul ketika kanudngan thinner menguap terlalu cepat. Dalam suhu yang terlalu rendah maka pelarut dalam cat akan menguap sangat lamban namun akan membuat cat melekat dengan baik dan sempurna.

Kebalikanny jika suhu terlalu tinggi maka cat akan menguap terlalu cepat, cat tidak dapat masuk ke dalam pori kayu dengan sempurna dan justru menimbulkan gelembung dimana-mana. Cara satu-satunya untuk mengtatasi gelembung yang muncul pada lantai kayu adalah dengan mengamplas ulang dan menghilangkan gelembung.

Jika lapisan gelembung sudah hilang Anda bisa menggunakan jenis cat yang tepat dan mudah kering tanpa terpengaruh dengan temperatur secara signifikan. Anda bahkan bisa melapisi wood stain sebelum Anda melapisi dengan top coat untuk memberikan warna pada lantai kayu.

  1. Resin Sulit untuk Larut

Jika Anda akan melapisi lantai kayu Anda menggunakan shellac maka Anda akan mencampurnya dengan resin. Namun pilihlah jenis resin yang mudah larut. Resin yag mudah larut akan mencegah timbulnya gelembung pada permukaan lantai kayu baik itu pada saat aplikasi dan sesudah aplikasi. Pemilik rumah harus mengatur temperatur yang ada dalam ruangan sehingga produk shellac yang digunakan akan memberikan perlindungan yang maksimal.

  1. Bahan kimia

Baik itu rumah atau kantor dengan lantai kayu harus lebih berhati-hati kerika menggunakan beberapa bahan kimia yang akan mempengaruhi secara langsung lantai kayu. Kayu harus dilapisi dengan lapisan cat yang terbaik. Jika Anda menggunakan bahan kimia tertentu yang akan menimbulkan kerusakan pada pernis di lantai. Kerusakan akan lagsung mengnai permukaan lantai kayu. Misalnya saja seperti penggunaan aseton pembersih cat kuku yang akan langsung merusak permukaan lantai jika tertumpah.

Cara Mengatasi Gelembung Muncul Pada Lantai Kayu

Sekilas telah disampaikan di atas untuk mengatasi gelembung yang muncul pada lantai kayu karena adanya penguapan udara adalah dengan mengamplas dan malapisi ulang menggunakan lapisan pernis baru atau wood stain baru.

Berikut ini akan dijelaskan lebh terperinci mengenai cara mengatasi timbulnya gelembung udara ketika Anda mengaplikasikan cat dan sesudahnya. Cara berikut ini akan menghasilkan finishing lantai bebas dari masalah gelembung.

  • Bekerja menggunakan cat water based

Sebaiknya Anda memilih cat water based yang memiliki resiko timbulnya gelembung udara. Karena masalah temperatur dan tekanan udara cat solvent sulit untuk menguap sehingga penguapan tidak sempurna dan menimbulkan gelembung bahkan kabut dalam hasil finishing.

Penyebab Utama Finishing Lantai yang Menggelembung dan Cara Mengatasinya
Mengecat ulang lantai dengan cat water based.

Apabila Anda menggunakan cat water based maka Anda tidak akan bermasalah dengan penguapan pelarut karena air sebagai bahan pealrut tidak membutuhkan banyak tekanan udara atau temperatur yang tinggi maupun rendah. Yang diperlukan hanyalah sirkulasi udara baik sehingga cat dapat mengering dengan sempurna.

  • Menggunakan kuas

Cara kedua adalah ketika Anda mengaplikasikan menggunakan kuas. Anda harus menggunakan kuas beberapa kali namun tipis-tipis saja dalam satu kali sapuan. Jangan terlalu menekan karena udara dalam pori akan menimbulkan ghelembung. Gunakan kuas secara ringan saja searah serat kayu dengan sudut hampir vertikal.

Sapukan beberapa kali hingga ghelembung kecil-kecil benar hilang dan juga tidak ada brush mark yang muncul.

  • Mangamplas

Salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan gelembung yang muncul pada lantai kayu setelah cat mengering adalah dengan mengamplas kembali. Ketika gelembung muncul maka Anda bisa melakukan pengamplasan hingga gelembung benar-benar hilang.

Langkah selanjutnya karena Anda mengamplas maka lapisan film akan hilang, ulangi pengecatan kembali hingga lapisan lantai kayu kembali seperti semula dan Anda tidak akan mendapatkan gelembung udara kembali.

Cara-cara di atas bisa Anda langsung praktekan jika Anda akan melakukan proses pengecatan lantai kayu.  Pastikan Anda sudah menggunakan cat kayu water based yang tepat seperti BioThane yang merupakan top coat dengan kemampuan tinggi mengatasi cuaca yang mengenai lantai kayu.

Masalah gelembung juga akan teratasi karena produk BioThane mudah mengering dengan sempurna dan tidak menimbulkan gelembung di kemudian hari.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X