Tampil Lebih Memukau, Motif Loreng Pada Meja

Tampil Lebih Memukau, Motif Loreng Pada Meja

Meja adalah kebutuhan penting manusia yang tidak boleh dilewatkan. Sama seperti kebutuhan pokok sandang pangan dan juga papan. Meja yang sudah digunakan seja berabad-abad yang lalu memberikan banyak keuntungan pada manusia di zaman sekarang.

Perkembangan dari meja lebih mengarah pada bentuk atau desain. Desain meja yang unik atau modern bisa Anda pilih bahkan pada desain klasik sesuai dengan dimana Anda akan meletakan dan memfungsikan meja tersebut.

Salah satu meja yang unik bahkan artistik yang bisa Anda gunakan adalah moti loreng seperti harimau yang bisa Anda lakukan sendiri. Bagi para DIY sudah bukan hal yang asing lagi jika ingin melakukan finishing yang artistik sendiri tanpa bantuan tukang.

Hasilnya pun lebih memuaskan, ketika menggunakan meja tersebut ada kebanggaan tersendiri yang bisa dirasakan. Bagi Anda yang ingin menggunakan cara finishing meja dengan motif loreng seperti harimau maka Anda bisa mengikutinya dalam artikel ini.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum masuk ke tahapan finishing misalnya seperti quality control dari meja yang siap untuk dilapisi cat.

Menilik Quality Control Meja Sebelum Difinishing

Jika Anda ingin membeli kayu maka pastikan kayu tersebut telah kering dan siap untuk diolah. Ada beberapa masalah jika Anda tetap akan menggunakan kayu yang masih lembab bahkan belum masuk dalam tahapan pengeringan.

Nah dalam pabrik, kontrol kualitas kayu dimonitor di setiap langkah produksi. Sebagian besar ruang penyimpanan untuk bahan baku kayu tinggal antara 50-85 ° F (10-29 ° C) dan kelembaban sedang. Kandungan air, yang dikenal sebagai MC dalam perdagangan, adalah berat air yang terkandung dalam kayu dibandingkan dengan berat kering oven kayu.

Baca Juga:  Cat Mainan Kayu Water Based Tetap yang Terbaik

Tampil Lebih Memukau, Motif Loreng Pada MejaKandungan kelembaban ini tidak boleh melebihi 25% dan idealnya harus tinggal sekitar 12%. Sebagian besar pabrik mencoba untuk menemukan satu suhu dan kelembaban dan menjaga ini konstan sehingga kayu datang ke konten kelembaban kesetimbangan. Suhu dan kelembaban haruslah moderat untuk memastikan bahwa suatu produk tidak melengkung, retak, atau melengkung setelah pembuatan.

Kelembaban yang berlebihan dapat menyebabkan melonggarnya dan melemahnya sendi dan bahkan kegagalan pada sendi. Bahkan, sebagian besar masalah yang terkait dengan kayu dalam pembuatan furnitur dikaitkan dengan perubahan dimensi atau pergerakan kayu karena variasi kelembaban.

Setiap orang yang membantu produksi secara konstan melakukan pemeriksaan visual terhadap kayu. Kayu diperiksa untuk keretakan, mata kayu, atau perubahan warna yang tidak sedap dipandang atau dapat melemahkan struktur secara struktural ketika papan pertama dipilih untuk bagian atas dalam proses perekatan.

Perekatan tangan dan stapling pada laci dan rakitan tangan seluruh meja membantu memastikan meja yang kuat dan kokoh. Jig secara hati-hati diletakkan di atas meja dan celemek agar sekrup ditempatkan pada posisi yang benar, yang memastikan stabilitas lebih lanjut. Bahkan setelah bagian atas direkatkan dan diampelas, mereka diperiksa lagi untuk cacat pada kayu. Perakit tangan dan sanders tangan yang datang di akhir proses memberikan meja pemeriksaan visual juga. Akhirnya, dalam pengemasan, seluruh meja diperiksa, lalu dikirim ke gudang untuk disimpan.

Itu adalah proses pengolahan meja kayu yang ada di pabrik, kini sangat mudah untuk membeli meja kayu dalam bentuk mentah atau belum difinishing. Cara ini memudahkan para konsumen untuk memilih warna meja yang diinginkan dan mengaplikasikannya sendiri di rumah.

Cara Aplikasi Motif Loreng Pada Meja

Untuk menciptakan motif loreng ini Anda perlu menggunakan beberapa bahan cat dan teknik yang tepat berupa alat yang murah. Nah untuk memulai Anda hanya menyiapkan cat Biovarnish papua rose sebagai warna dasar kemudian untuk memberikan efek Anda bisa memilih produk Orchid Green.

Baca Juga:  Jalusi yang Cocok digunakan untuk Rumah Bergaya Tropis

Cat kayu water based akan lebih baik digunakan pada proyek rumahan Anda karena tidak mengeluarkan bau yang menyengat serta tidak membahayakan para tetangga atau keluarga Anda. Jika Anda ingin memulainya maka siapkan alat dari gelas plastik, kain lap dari bahan katun, kuas busa, air dan juga sendok sebagai pengaduk.

Tampil Lebih Memukau, Motif Loreng Pada MejaPertama Anda bisa mengamplas seluruh bagian meja, yang akan menjadi dasaran finishing halus. Jangan lupa Anda dapat menggunakan finishing loreng ini pada jenis kayu solid seperti kayu jati belanda. Jenis kayu inilah yang cocok karena memiliki serat kayu artistik untuk motif loreng.

Setelah mengamplas, Anda bisa mencampurkan Biovarnish wood stain papua rose ke dalam gelas plastik dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian diaduk hingga rata. Untu takaran Anda bisa menggunakan sendok. Aplikasikan searah serat kayu dengan kuas busa tipis-tipis saja.

Tunggu kering sekitar 10 detik dan hapus menggunakan kain lap kering. Lakukan ini hingga lapisan wood stain meresap ke dalam serat kayu dan membentuk loreng. Pengelapan harus dilakukan searah serat kayu dan sambil ditekan, tunggu lapisan cat mengering selama 60 menit.

Amplas permukaan kayu dengan amplas 400 secara ambang, pengamplasan dibutuhkan untuk menghaluskan permukaan serta membuka pori kayu kembali agar lapisan cat diatasnya dapat menyerap ke dalam dengan baik.

Campurkan cat kayu besi Orchid warna green dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air, takaran dapat menggunakan sendok. Aduk hingga rata kemudian kuaskan dengan kuas busa yang telah dicuci bersih dan dikeringkan. Kuaskan beradasarkan serat kayu seperti aplikasi wood stain sebelumnya. Tunggu 10 detik dan lap kembali lapisan cat dengan kain.

Tunggu cat mengering selama 60 menit dan amplas dengan amplas 400 secara ambang saja. Bersihkan debu amplas dan meja siap untuk dilapisi lapisan cat terkahir yaitu clear coat.

Baca Juga:  Finishing Kayu Kelapa Tidak Harus Sulit, Lihat Di Sini!

Pada lapisan akhir ini Anda bisa menggunakan Biovarnis Clear Coat, ada dua pilihan yaitu tampilan mengkilap dengan gloss atau tampilan rendah kilap atau matte. Kedua tampilan bisa dipilih sesuai selera. Cara aplikasinya sangat mudah cukup campurkan clear coat dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk rata.

Aplikasikan lapisan cat dengan kuas busa hingga merata searah serat kayu, jika sudah tunggu kering selama 24 jam. Diamkan meja dalam ruangan yang bersih dengan sirkulasi udara yang baik. Jangan simpan dalam basement atau bahkan di area yang banyak anak-anak.

Debu akan mudah menempel pada lapisan clear coat yang masih basah. Jadi pastikan Anda mendiamkannya dalam ruangan yang bersih serta kering. Setelah kering Anda baru bisa menggunakan meja dan hasilnya adalah warna loreng dengan lapisan warna hijau seperti hijau tentara.

Anda bisa meletakan meja dimana saja Anda butuhkan, misalnya seperti ruang tamu, meja Tv atau bahkan sebagai meka belajar anak Anda. Motif doreng akan memberikan kesan dominan sedangkan warna hijau transparan yang diberikan akan memberikan kesan kesejukan dan lebih dekat dengan alam.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X