cara menyamakan warna rak bunga dari kayu

DIY Cara Menyamakan Warna Rak Bunga Dari Kayu untuk Pemula

DIY telah menjadi hobi yang menarik untuk dilakukan sendiri di rumah. Apalagi DIY kali ini yang akan Anda lakukan berhubungan produk kayu yang banyak ditemukan di rumah. DIY juga menjadi solusi supaya Anda bisa menghemat kantong dalam hal perabotan di rumah. Salah satunya adalah mengecat rak di rumah yang digunakan sebagai tempat rak bunga. 

Jika Anda adalah penggemar desain interior seperti minimalis dan shabby chic maka menggunakan rak untuk vas bunga hiasan atau tanaman asli bukan rahasia lagi. Komponen tersebut sangat penting supaya ruangan menjadi lebih menarik. Sayangnya rak yang sudah lama digunakan lama kelamaan akan rusak seperti memudar. 

Anda yang sering membersihkan rak menggunakan pembersih kaca atau air menjadi penyebabnya. Tapi mau bagaimana lagi, karena rak bunga pastinya mudah kotor karena debu. Tak perlu khawatir akan tampilan warna yang mulai memudar, karena warna yang rusak hanya pada bagian coating saja. 

Untuk memperbaikinya Anda bisa menyamakan warna cat dengan yang baru. Bisa juga sekaligus mengganti warna cat pada rak dengan yang baru apabila kerusakannya lebih parah. Bagaimana caranya? DIY di rumah tak perlu khawatir karena caranya sangatlah mudah. 

Memilih Warna dari Stain yang Tepat

Langkah pertama adalah menemukan warna yang tepat sesuai dengan warna pada bagian rak lainnya. Tentunya Anda tak ingin kan mendapatkan hasil warna yang belang? Proses penentuan ini sangat penting supaya Anda tak harus mengecat permukaan rak secara menyeluruh. 

Cara memilih stain tentu harus sama dengan warna stain lama. Coba bandingkan pada katalog warna yang Anda dapatkan di toko. Kenali juga warna kayu pada rak Anda. Warna akan berubah sesuai dengan warna dari kayu asli. Tak ada salahnya jika Anda mengamplas rak dan melihat warna aslinya. 

Baca Juga:  Mengenal Jenis-Jenis Kayu dan Cat Kayu Eksterior yang Tepat

Coba bandingkan dengan warna dari stain lama. Anda bisa memilih tiga tone warna yang biasanya ada pada stain yaitu warna coklat gelap, terang dan juga kemerahan. Di antara tiga tersebut manakah warna dari katalog warna yang paling mirip maka itulah yang harus Anda pilih. 

Untuk masalah ketepatan warna, nantinya bisa disesuaikan dengan jumlah lapisan dari stain. Semakin banyak lapisan stain maka hasilnya akan semakin tajam atau pekat, inilah yang harus Anda ketahui sebelum mengecat.

Jenis Produk yang Sebaiknya Digunakan

Ada dua macam stain yang dijual di toko sesuai dengan bahan pelarutnya yaitu solvent dan juga water based. Akan lebih baik jika Anda menggunakan stain berbasis air karena mudah diaplikasikan dan hasil warnanya lebih transparan. Anda bisa menyamakan warna lebih mudah dibandingkan solvent yang langsung pekat dalam sekali aplikasinya. 

Produk water based yang sebaiknya digunakan adalah Biovarnish liquid stain. Produk ini aman untuk menyamakan warna pada rak bunga dari kayu di rumah. Selain warnanya mudah untuk disamakan, cat ini juga aman karena tak mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin. 

Berbasis air, artinya stain juga memberikan warna transparan yang lebih tahan lama. Tenang saja, karena colorant yang digunakan adalah dye, maka hasilnya akan lebih meresap ke dalam pori kayu. Stain bisa bertahan lebih lama walaupun rak dibersihkan sesering apapun. 

Cara Mudah Menyamakan Warna Rak Bunga Kayu

Saatnya Anda mulai menyamakan warna rak bunga setelah mendapatkan warna dan produk yang tepat. Karena menggunakan Biovarnish liquid stain, DIY di rumah tak perlu bingung untuk proses aplikasinya. Kuas adalah alat yang digunakan yang pastinya akan mempermudah proses kerja pemula. 

Baca Juga:  Manfaat Varnish untuk Interior Furniture

Kuas yang digunakan harus berbahan nilon karena tak mudah mengeras bulunya walaupun sering terkena air. Sudah siap untuk proses finishing? Ikuti beberapa langkahnya disini. 

Mempersiapkan Rak Bunga untuk Finishing

Rak sebaiknya dilepaskan terlebih dahulu dan tidak dicat di tempatnya. Pilih tempat lain untuk mengecat supaya tidak mengotori ruangan. Kemudian bersihkan debunya dengan kain kering, pastikan semua kotoran lengket yang menempel hilang. Biasanya kotoran ini muncul lebih banyak jika Anda menggunakan bunga asli. 

Anda bisa membersihkan semua kotoran tersebut dengan scrape. Baru kemudian rak bisa di amplas dengan kertas amplas alumunium oxide. Mulai dengan amplas kasar nomor 100 atau 150. Amplas harus searah dengan serat kayu dan dibalutkan pada balok kayu. Tekan amplas hingga pasirnya hilang dan diganti dengan baru. 

Ganti dengan amplas yang lebih halus nomor 180 dan terakhir 220. Pengamplasan dilakukan hingga lapisan pernis hilang dan yang tersisa warna stain lama dengan beberapa spot yang warnanya belang. Terakhir bersihkan debu amplas dengan kain kering atau microfiber yang sudah dibasahi. 

Sebelum menyamakan warna, sekali lagi Anda harus mengamplas pada permukaan warna yang sudah memudar. Anda bisa mengamplasnya dengan kertas nomor 220 hingga warna kayu terlihat. Jika warna kayu terlihat maka akan lebih mudah untuk menyamakan warna nantinya. 

Menyamakan Warna Stain Pada Rak Kayu

Langkah pertama adalah mencampur bahan finishing yaitu Biovarnish liquid stain dengan air. Proses pencampuran dilakukan di wadah terpisah, karena yang digunakan hanya sedikit Anda bisa menggunakan gelas plastik. Buat perbandingan 2:1 antara bahan dan juga air, kemudian aduk hingga homogen. 

Celupkan ujung kuas, pastikan Anda menggunakan kuas yang ukurannya kecil saja. Kemudian ketuk pada bibir gelas sehingga cat berlebih pada kuas berkurang. Baru kemudian kuaskan ke bagian warna yang memudar. Satu arah sesuai dengan serat dari ujung stain lama ke ujung lainnya. 

Baca Juga:  Cara Memilih Warna Cat Plitur yang Tepat untuk Lantai Kayu di Rumah

Pastikanlah tidak menekan kuas berlebihan karena warna akan terlalu tebal dan muncul brush mark. Pegang kuas dengan sudut 45 derajat dari permukaan kayu. Baru tarik dan bukan didorong, harus dengan ringan karena cat akan menempel tipis. 

Baru tunggu kering dalam 60 menit, warna kering akan berubah lebih pucat. Apabila warnanya masih belum sama, Anda bisa mengamplas permukaan tersebut dengan amplas dan lapisi ulang. Biasanya pada lapisan kedua Anda sudah bisa melihat warna yang sama. Apabila warna sudah sama, langkah terakhir adalah mengamplas ambang seluruh permukaan rak dengan amplas 400. 

Memberikan Lapisan Pernis pada Rak Bunga

Warna yang diinginkan pada rak sudah sama dan tak terlihat perbedaanya. Kini Anda harus memberikannya lapisan pernis ulang secara menyeluruh. Fungsinya supaya rak bunga mendapatkan perlindungan yang lebih baik lagi. Karena Anda sudah menggunakan stain water based maka pernis yang digunakan juga harus sama. 

Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat gloss yang kompatibel dengan lapisan stain. Cara aplikasinya pun mudah, cukup campurkan clear coat dengan air di wadah berbeda. Anda juga bisa menggunakan perbandingan 2:1 dan aduk clear coat. 

Gunakan kuas baru dengan bulu yang sama, kemudian kuas pernis ke permukaan rak searah dengan serat kayu. Kali ini juga sama sesuai dengan serat kayu, kemudian tunggu rak kering selama semalaman. Baru keesokan harinya Anda bisa memasang rak bunga kembali. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X