Produk chalk Paint Indonesia

Kreatif Mengecat dengan Chalk Paint untuk Meja Rias

Meja rias adalah salah satu furniture yang penting untuk rumah khususnya kaum hawa. Fungsi dari meja rias bukan hanya untuk tempat bersolek saja tetapi sekaligus memperindah ruangan. Apapun desain ruang tidur pasti akan diikuti dengan gaya meja rias. Jadi apakah desain menarik yang bisa diterapkan pada meja rias di rumah Anda saat ini?

Ada beberapa alternatif tampilan untuk meja rias yang simpel. Tampilan ini paling banyak disukai oleh ibu-ibu muda masa kini. Ukuran dari furniture biasanya tidak terlalu besar dan lebih ramping sehingga praktis untuk digunakan. 

Khususnya ketika meja rias diletakan di dalam ruan tidur yang berukuran sempit. Daripada hanya menggunakan kaca, beberapa pilihan meja rias berikut ini akan lebih efisien. Pemilihan warna dari meja rias juga tidak akan membosankan. 

Chalk paint akan membantu Anda untuk bisa membangun nuansa modern dalam sebuah meja rias. Bukan dengan warna solid yang terlalu tajam namun justru dengan kesan lembut dari warna pastel. Proses aplikasi chalk paint pada meja rias juga lebih praktis, tidak perlu menunggu waktu lama dalam menyelesaikan proses finishingnya. 

Bioduco Chalk Paint sebagai Cat yang Praktis

Chalk paint selama ini hanya tersedia sebagai cat impor yang mahal harganya. Kini Anda tidak perlu lagi bingung membelinya dari luar negeri. Bioduco chalk paint akan memberikan warna warni menarik pada meja rias di rumah dengan harga yang lebih murah. 

Mengusung tema cat yang aman dan ramah lingkungan, bahan utama dari Bioduco chalk paint adalah acrylic water based sehingga tidak ada efek negatif yang akan muncul. Cat akan aman, pada proses pengeringannya Anda tidak perlu lagi khawatir dengan aroma keras. Cat yang menguapkan air tidak membawa senyawa berbahaya yang dapat dihirup oleh manusia. 

Baca Juga:  Tempat Jual Plitur MDF Biovarnish Yang Murah

Selain aman dan ramah lingkungan ada beberapa keuntungan lainnya menggunakan Bioduco chalk paint yaitu sebagai berikut ini:

  1. Proses aplikasi mudah hanya dengan kuas dan air hasilnya halus.
  2. Daya rekat kuat dengan daya sebar yang luas akan membuat cat tahan lama.
  3. Cat bisa dilapisi lagi dengan bahan poles atau top coat.
  4. Memiliki 20 pilihan warna pastel yang sangat menarik.
  5. Proses kering yang sangat cepat hanya perlu 60 menit.

Semua keuntungan dari aplikasi Bioduco chalk paint harus dibuktikan sendiri. Tidak perlu seorang profesional untuk mengaplikasikannya. Siapa saja yang ingin memiliki tampilan meja rias baru bisa menggunakan beberapa trik kreatif aplikasi chalk paint ini. 

Trik Mengecat Meja Rias dengan Chalk Paint

Ada beberapa langkah untuk mengecat menggunakan Bioduco chalk paint secara umum. Pertama adalah dengan mencampurkannya chalk paint dengan air, kemudian menguasainya. Proses penguasan harus searah agar hasilnya rapi dan juga halus. Kedua adalah menunggu lapisan kering, mengamplas ambang kemudian memberikan lapisan kedua. 

Ketiga adalah Anda bisa memberikan lapisan terakhir berupa top coat matte atau wax. Biasanya menggunakan Bioduco top coat matte atau Biopolish Linseed Oil. Lapisan terakhir ini wajib untuk memberikan penampilan akhir sekaligus perlindungan.

Disamping proses aplikasi yang umum tersebut, ada beberapa trik yang bisa digunakan dengan mudah pada saat mengecat meja rias. Trik ini akan membantu para pemula untuk mengecat dengan lebih mudah. Apa saja triknya? 

Trik 1. Menguaskan sehingga Menimbulkan Brush Mark

Mengecat tidak selalu halus, jika pada cara dasar Anda bisa memberikan lapisan cat lain harus halus kali ini tidak. Chalk paint adalah cat primer yang akan menutup warna dan serat kayu. Demi mendapatkan hasil yang lebih artistik, brush mark dibutuhkan untuk menambahkan tekstur. 

Baca Juga:  Ini Dia Daftar Harga Cat Besi 2015

Prosesnya adalah kuaskan lapisan pertama secara acak ke seluruh permukaan kayu. Lapisan pertama yang tipis biasanya tidak akan menutup warna kayu. Nah pada lapisan yang kedua, aplikasikan cat dengan kuas sedikit ditekan. Pastikan penekanan harus searah dengan serat kayu dan berurutan. 

Setelah kering, tidak perlu mengamplas Anda bisa langsung mengaplikasikan bahan poles. Dengan begitu, tekstur brush mark tidak akan hilang. 

Trik 2. Menerapkan Teknik Distress agar Meja Terlihat Usang

Aplikasi teknik distress

Ingin memiliki meja rias yang terlihat antik? Kini saatnya menggunakan chalk paint yang digabungkan dengan teknik distress. Caranya adalah dengan memanfaatkan proses pengamplasan yang benar. Memilih kertas amplas dengan nomor yang kasar kemudian halus. 

Pertama, kuaskan chalk paint warna yang telah dipilih sesuai dengan diinginkan. Aplikasikan lapisan pertama tipis dan tidak harus rapi. Pada lapisan kedua Anda bisa membuat permukaan yang halus dan juga rata tunggu kering. Setelah itu mulai amplas dengan kertas amplas nomor 180.

Amplas hanya pada siku meja rias atau bagian yang datar hingga terlihat warna kayu aslinya. Sehingga Anda akan melihat meja rias yang mulai tampak usang. Belajar bagian mana saja yang wajib di amplas sangat penting. Terakhir haluskan permukaannya dengan amplas nomor 320.

Trik 3. Menggunakan Dua Warna Chalk Paint

Mengecat meja rias dengan dua warna membutuhkan tangan yang terampil, jika tidak justru akan terlihat aneh. Pemilihan warna disini juga sangat penting, mana yang harus digunakan sebagai warna pertama dan kedua. Setidaknya Anda bisa mencoba untuk memadukan warna kontras, yaitu warna terang sebagai warna pertama dan gelap warna kedua. 

Proses aplikasi cukup berbeda, Anda harus mengecat warna terang terlebih dahulu hingga merata ke seluruh permukaan meja rias. Gunakan kuas yang tebal dan berbentuk bulat agar cepat selesai. Setelah kering, tanpa mengamplas aplikasikan warna chalk paint yang kedua lebih gelap. 

Baca Juga:  Ingin Berhasil Mengaplikasikan Cat Duco Kayu Warna Putih? Intip Disini

Pada lapisan yang kedua Anda bisa mengaplikasikan tipis saja karena efek gelap lebih mendominasi. Setelah itu baru gunakan amplas 180 dan amplas bagian siku atau ornamen yang menonjol sehingga warna pertama chalk paint terlihat. Amplas juga hingga warna kayu terlihat sehingga meja rias memiliki tiga kombinasi warna. 

Trik 4. Menciptakan Kesan Rustic pada Kayu

Terakhir adalah membuat meja rias tampak rustic. Berbeda dengan finishing sebelumnya yang mengutamakan permukaan meja rias tampil merata dan juga halus. Anda bisa menggunakan permukaan yang justru telah dirusak menggunakan berbagai benda keras. Proses ini bisa menggunakan satu warna chalk paint atau dua sesuai kebutuhan. 

Semua prosesnya bertumpu pada persiapan, dimana meja rias harus dirusak terlebih dahulu sehingga permukaannya bertekstur. Cara mudah merusak adalah menggunakan sikat kawat, jika memiliki mesin rustic maka gunakanlah. Sikat permukaan meja rias searah dengan serta, kemudian bersihkan kotorannya. 

Terakhir, aplikasikan Bioduco chalk paint yang sudah dilarutkan dengan air. Kuaskan searah dengan serat, pastikan semua cekungan atau kerusakan yang telah dibuat terlapisi merata. Tunggu kering, aplikasikan sekali lagi chalk paint. Setelah itu gunakan teknik distress dan amplas bagian siku sehingga warna kayu terlihat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X