Seni Kayu Palet Hanya Dengan Cat Water Based

Seni Kayu Palet Hanya Dengan Cat Water Based

Mengenai seni kayu palet apa saja yang meliputi di dalamnya? Adanya seni dari pekerjaan kayu berasal dari olah pikiran manusia setelah melihat sebuah objek dan mengapresiasikannya dengan menciptakan karay senbi baru dari kayu yang lebih indah. Keindahan pun memiliki nilai yang baragam. Anda perlu mengetahui cara menciptkanannya jika memiliki minat di bidang ini.

Bagi Anda yang memiliki minat tinggi dalam bidang kesenian kayu maka kayu palet adalah objek atau material pertama yang harus bisa Anda taklukan sebelum beralih pada jenis kayu yang lainnya. Kayu palet adalah objek yang paling ringan dan juga mudah.

Kayu palet mudah ditemukan dan Anda tidak akan kesulitan jika akan melakukan pengolahan. Ada banyak sekali jenis kayu palet yang bisa Anda gunakan namun kayu palet pinus adalah kayu yang sangat disarankan khususnya bagi pemula.

Memulai pekerjaan seni dari kayu palet yang pertama harus dipahami adalah jenis kayu yang digunakan, kedua adalah alat yang akan Anda gunakan dan terkahir adalah bahan finishing apa yang akan Anda pilih.

Ketika seorang profesional di bidang kayu bekerja maka rencana adalah suatu hal yang wajib dan harus diwujudkan dalam bentuk desain. Setiap orang pasti memiliki gambaran bentuk dari hasil akhir yang diinginkan.

Bagaimana bentuk dari kayu palet selanjutnya, apa saja asesoris yang akan ditambahkan pada kayu palet dan perkiraan warna apa saja yang akan Anda pilih. Semua ini sudah harus disiapkan sebelum memulai pekerjaan.

Nah untuk itu Anda bisa memulainya dengan mencermati jenis kayu terlebih dahulu.

Mengenal Jenis Kayu Palet

Untuk memulai menciptakan sebuah karya seni dari kayu palet maka tentukan terlebih dahulu jenis kayu apa yang ingin Anda gunakan dan dimanakah Anda akan meletakannya. Jika Anda akan meletakan furnitur di luar ruangan maka pilih kayu kuat seperti kayu jati, kayu ulin, kayu merbau dan jenis kayu kuat lainnya.

Kayu tersebut cenderung kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca khususnya perubahan suhu udara. Jika Anda ingin menciptakan garden furnitur maka jenis kayu tersebut cocok dan harus digunakan, bahkan walaupun Anda harus merogoh kantong yang dalam.

Harga kayu berkualitas tentu akan sesuai dengan kualitas yang diberikan alias mahal. Selain jenis kayu mahal jika Anda ingin menggunakan kayu di dalam ruangan maka Anda bisa menggunakan jenis kayu lunak yang mudah ditemukan seperti kayu jati belanda atau kayu sungkai. Kedia jenis kayu ini memiliki harga yang terjangkau dan mudah untuk ditemukan.

Seni Kayu Palet Hanya Dengan Cat Water BasedKayu jati belanda atau sejenisnya memiliki warna yang lebih terang cenderung putih dan sangat mudah untuk dibentuk. Seratnya yang halus membuat kayu ini sangat mudah dipotong dan Anda tidak perlu bersusah payah.

Jika Anda memilih kayu palet maka pastikan juga penampilan yang dimiliki akan bertahan dengan lama. Kayu palet yang buruk hanya akan menimbulkan jamur sehingga mempercepat kerusakan dengan mengundang rayap.

Namun jika Anda menggunakan bahan finishing yang tepat, Anda tidak perlu lagi berurusan dengan recoating yang akan memakan waktu dan uang Anda.

Kayu palet yang dipilih juga harus memiliki serat yang bagus baik itu kayu palet yang tahan lama atau tidak. Dalam satu spesies pohon saja memiliki serat yang berbeda jadi Anda harus selektif dalam memilih serat kayu jika Anda ingin mendapartkan hasil finishing natural transparan.

Mengenal Alat Dan Bahan Finishing

Kini Anda sudah mendapatkan serat kayu yang tepat dengan warna yang sesuai dengan keinginan selanjutnya adalah alat yang digunakan untuk finishing. Ada banyak alat yang digunakan dengan cara wiping yaitu pengelapan setelah mengaplikasikan cat kemudian aplikasi dengan kuas dan terakhir adalah aplikasi dengan spray system.

Pada tahapan industri biasaya furnitur di finishing menggunakan alat disebut dengan roll coater. Alat ini sangat mahal dan dapat melakukan finishing dalam waktu yang telah ditentukan. Namun untuk taraf penghobi Anda bisa melakukan finishing dengan cara spray system, kuas atau wiping.

Untuk pemula di bidang finishing disarankan untuk menggunakan cara wiping atau cara kuas saja. Cara ini tentu akan sangat familiar dan Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan finishing. Jika Anda ingin mendapatkan cara yang cepat maka Anda bisa menggunakan spray system. Namun menggunakan spray perlu latihan yang cukup.

Ada banyak kendala jika Anda belum menguasai teknik spray yang harus Anda kuasai. Misalnya saja muncul bleeding karena Anda terlalu cair dalam mencampur cat dengan bahan pelarutnya. Maka hasil karya seni furnitur yang Anda ciptakan menjadi tidak rapi.

Namun jika Anda sudah menguasai teknik spray akan menjadi sangat cepat. Ada satu bahan cat dengan hasil warna natural yang disarankan untuk digunakan menggunakan tekni finishing spray system pada palet kayu yaitu BioColours.

Produk BioColours adalah cat water based yang bisa Anda gunakan tanpa harus khawatir akan muncul retakan, bubble, bleeding dan juga berbagai macam kelemahan lainnya. Produk BioColours dirancang khusus untuk finishing spray system berakhir dengan sempurna.

Mengapa Anda harus memilih cat water based sebagai bahan finishing sedangkan banyak tingkat industri yang masih menggunakan cat solvent. Jika Anda ingin menjaga kesehatan keluarga Anda makan cat water based adalah pilihan yang tepat.

Coba bayangkan saja Anda sedang finishing menggunakn cat solvent dengan spray gun dan akan ada banyak partikel cat yang berterbangan dalam studio dimana Anda bekerja. Tentu hal ini harus Anda hindari agar tidak merusak pernapasan dan kesehatan tubuh manusia maupun lingkungan.

Dalam partikel cat solvent mengandung logam berat seperti timbal, merkuri dan juga formalin yang sangat tinggi. Belum lagi untuk proses pengeringan maka akan ada lebih banyak uap yang mengandung logam berat dari material kayu palet Anda akan menghirup lebih banyak lagi.

Seni Kayu Palet Hanya Dengan Cat Water BasedNamun jika Anda menggunakan cat water based tidak akan ada uap yang mengandung logam berat tinggi keluar dari cat yang mengering.  Hanya kandungan air yang menguap ke udara jadi Anda tidak akan mengalami bahaya buktinya adalah ketika proses pengeringan Anda tidak mencium bau yang menyengat.

Ketika cat BioColours akan Anda gunakan, banyak pilihan warna natural yang bisa Anda gunakan. Ada 20 pilihan warna natural untuk kayu palet. Sedangkan untuk lapisan top coat Anda bisa memilih untuk tampilan mengkilap dengan gloss dan tampilan natural dengan matte. Banyaknya pilihan warna ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan hasil warna senatural mungkin.

Terakhir adalah Anda bisa memilih akan menggunakan finishing dengan pori kayu tertutup atau pori kayu terbuka. Anda bisa menambahkan penggunaan  BioColours wood filler dengan empat pilihan warna sebagai lapisan dasar cat. Di sini Anda akan mendapatkan finsihing yang sempurna.

Namun jika Anda ingin mendapatkan finishing pori kayu terbuka langsung saja aplikasikan BioColours wood stain kemudian BioColours Top Coat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X