Alat Pembakar Kayu Palet Tanpa Api

Alat Pembakar Kayu Palet Tanpa Api

Pernahakha Anda terbayangkan ingin menggunakan finshing bakar namun Anda takut terjadi kecelakaan ketika melakukan pembakaran menggunakan torch? Ya seringkali banyak pemula di bidang perkayuan khususnya finishing takut terhadap pemilihan finishing bakar yang menantang ini.

Walaupun sebagian besar orang justru memilih finishing bakar karena prosesnya yang unik dan sangat menantang. Anda akan melakukan pembakaran tentu saja tidak secara semabarangan. Anda perlu mencermati bagaimana teknik yang biasanya digunakan pada kayu cedar ini dapat diaplikasikan pada semua jenis kayu.

Ada satu hal menarik mengapa finishing ini banyak diminati. Warna yang dihasilkan sangat unik bahkan jika Anda yang pernah melakukan finishing dengan warna charcoal maka finishing pembakaran ini sangat mirip.

Tentu jika Anda ingin finishing warna charcoal Anda akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan finishing yang tepat. Namun dengan finishing bakar ini Anda bisa mendapatkan lebih daripada finishing kayu warna charcoal.

Tahun 2018 ini warna charcoal sangat banyak peminatnya membuat finishing kayu bakar pada palet yang semapt menghilang kembali dilirik oleh banyak orang. Keunikan dari hasilnya pada kayu (walaupun pada satu jenis kayu memiliki hasil yang juga berbeda) membuat banyak penghobi kayu melakukan eksperimen.

Bagi Anda yang tidak takut dengan menggunakan api asli mungkin bisa mencobanya berulangkali. Namun bagi Anda yang masih takut maka Anda harus mencari alternatif lain untuk melakukan finishing bakar pada palet tanpa menggunakan api.

Apakah cara itu ada dan mungkin saja terjadi? Jika Anda sedang mencari alterantif cara yang dilakukan maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini akan dijabarkan bagaimana cara alternatif akan memberikan hasil yang tidak kalah dengan finishing bakar asli.

Bahkan Anda juga bisa memodifikasi dan memilih bentuk serat atau bagaimana Anda akan mengekspose serat kayu pada palet yang sekarang Anda miliki.

Alat Penting Dalam Finishing Bakar Alternatif

Ada banyak alat yang dibutuhkan dan mahal jika Anda akan melakukan finishing dengan api sungguhan yaitu torch dan juga  gas. Ada banyak jenis torch dan Anda perlu melakukan baragam alat keselamatan kerja.

Berbeda jika Anda menggunakan cara alternatif ini. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggunakan kuas dan juga cat. Anda tidak perlu alat berat lainnya karena dengan teknik yang tepat Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.

Alat pertama yang perlu Anda pilih adalah kuas. Ada banyak sekali jenis kuas diluaran sana, yang perlu Anda ketahui adalah jenis kuas mana yang cocok dan harus Anda gunakan. Kuas tidak hanya akan digunakan sekali saja Anda bisa menggunakan kuas dua hingga tiga kali tergantung dengan penyimapanan yang Anda lakukan.

Alat Pembakar Kayu Palet  Tanpa ApiDi sini Anda disarankan untuk menggunakan kuas nylon atau kuas sponge. Kuan sponge atau kuas busa ini memiliki kelebihan memberikan hasil finishing yang rata. Jadi jika Anda akan mengoleskan pada permukaan kayu, maka hasilnya akan sangat halus.

Anda disarankan untuk menggunakan kuas nylon karena berhubungan dengan jenis cat yang akan digunakan adalah cat water based. Kandungan air dalam cat akan meresap ke dalam kayu dan kuas nylon tidak akan menjadi kaku dan keras ketika air meresap. Sehingga hasilnya tidak akan meninggalkan brush mark.

Terakhir adalah amplas. Produk amplas kayu yang perlu Anda gunakan adalah amplas aluminium oxide dari kertas yang terdiri dari berbagai macam grid. Untuk finishing ini Anda hanya perlu menyiapkan ukuran kertas 400.

Jangan lupakan kain lap. Anda bisa menggunakan kain bal warna putih dan kering. Kain ini berperan penting untuk menciptakan serat kayu palet terlihat terbakar setelah pengaplikasikan cat.

Bahan Yang Digunakan untuk Mendukung Alat Pembakar Kayu Palet

Anda sudah menyiapkan alat sekarang giliran persiapan dari bahan yang akan digunakan. Bahan utama cat yang dipilih adalah cat water based. Bahan air tentu akan memberikan kesempatan menghasilkan finishing bakar yang lebih halus dan tampilan yang sangat jernih.

Cat water based dipilih karena kecepatan keringnya yang berbeda dari cat solvent. Ketika Anda akan menciptakan efek terbakar maka cat akan cepat kering tanpa harus dijemur pada panas matahari dan Anda akan mendapatkan kering yang sempurna.

Proses aplikasi cat water base lebih mudah cepat dan aman ramah lingkungan. Cat water based yang direkomendasikan untuk finsihing bakar ini tidak lain adalah produk cat Biovarnish. Produk cat Biovarnish adalah produk paling lengkap dimulai dari wood filler, wood stain dan juga clear coat.

Namun dalam finishing bakar Anda hanya memerlukan wood stain warna kayu papua rose dan juga clear coat matte. Anda perlu menggunakan bahan cat wood stain papua rose yang dicampur dengan sedikit air. Jika perlu gunakan perbandingan 1 bahan : 1 air.

Pencampurna hanya berfungsi untuk mengecerkan dan mempermudah bahan untuk diaplikasikan. Kemudian Anda bisa langsung menguaskan pada permukaan kayu palet dengan kuas nylon atau kuas busa.

Alat Pembakar Kayu Palet Tanpa ApiProses aplikasi bisa searah serat kayu, yang penting Anda mengaplikasikan pada seluruh permukaan kayu palet. Jika itu furnitur Anda perlu memilih ukuran kuas yang tepat sesuai dengan ukuran permukaan kayu agar proses tidak sulit khususnya pada bagian sudut.

Setelah Anda mengaplikasikan pada seluruh permukaan furnitur langsung hapus cat pada permukaan menggunakan kain bersih. Hapus berlawanan arah serat sehingga hanya tertinggal sisa cat pada bagian serat kayu palet saja.

Pastikan Anda menggunakan kain yang bersih karena debu dari kain dapat melekat pada permukaan cat yang masih basah memudahkan hasil finishing yang kotor. Setelah melakukan pengelapan maka Anda bisa melihat langsung efek bakar sudah sangat terlihat jelas.

Warna kemerahan dan kehitaman dari  wood stain papua rose dapat menimbulkan efek kayu yang terbakar. Maka hanya tertinggal pada serat kayu palet saja. Setelah itu Anda bisa menunggu kering lapisan wood stain tanpa harus menjemurnya.

Wood stain akan mengering dalam waktu sekitar 60 menit saja kemudian Anda bisa langsung mengaplikasikan clear coat yang telah dilarutkan dengan sedikit air. Aplikasi clear coat ini bisa menggunakan kuas bisa juga menggunakan spray system tergantung dengan keinginan Anda.

Tunggu 60 menit hingga lapisan clear coat mengering Anda bisa mengamplas ambang dengan amplas 400 kemudian Anda bisa mengaplikasikan clear coat kembali untuk lapisan yang lebih tebal dan juga kuat.

Setelah itu sebagai lapisan terakhir Anda perlu menunggu benar-benar kering selama 24 jam. Tunggu lapisan mengering dan Anda bisa mendapatkan hasil kering tampilan terbakar natural dari kayu palet.

Perlu Anda ketahui, kunci keberhasilan dari finishing bakar menggunakan cat adalah tergantung dengan serat kayu yang dimiliki oleh kayu palet. Anda membutuhkan jenis kayu palet yang memiliki serat menarik misalnya saja kayu jati belanda.

Serat kayu yang artistik tentu berbeda dengan hasil serat biasa seperti pada kayu kelapa yang hanya memiliki serat lurus saja. Bentuk serat akan menentukan apakah kayu palet yang telah Anda lapisi wood stain akan berhasil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X