Rahasia Kursi Teras Tahan Lama Bergaya Retro

Rahasia Kursi Teras Tahan Lama Bergaya Retro

Apakah Anda pernah menata ruang teras dengan furnitur bergaya retro? Jika belum pernah amka Anda harus mencobanya? Kursi dengan gaya retro yang diletakan di belakan rumah atau di depan rumah akan memberikan penampilan unik yang sangat berbeda. Selama ini furnitur atau lebih tepatnya kursi dengan gaya retro hanya digunakan pada ruang tamu saja. Padahal menggunakannya sebagai kursi teras akan lebih unik dan membuat sesuatu yang berbeda.

Mengapa Anda harus memilih gaya retro selain alasannya untuk membuat ruangan menjadi lebih unik? Jika Anda menyukai dengan gaya klasik maka mengubah teras dengan gaya klasik dari tahun 1970an yakni retro akan lebih mudah. Furnitur masih terbilang berukuran kecil dan warna yang disajikan pun berbeda.

Berlawanan dengan gaya minimalis, warna yang digunakan pada gaya retro cenderung lebih cerah sehingga membuat rumah Anda lebih berwarna. Selain itu walaupun pada saat ini gaya retro sedang tidak ‘in’ namun mengaplikasikan gaya ini tidak akan membuat Anda bosan. Bahkan bagi Anda yang jarang di rumah maka beristirahat di kursi teras gaya retro dengan bantalan empuk akan menjadi tempat berlibur yang nyaman di akhir pekan.

Tergoda dengan kursi teras gaya retro ini? Bagaimana Anda bisa memilihnya dan bagaimana Anda bisa mendapatkan kursi yang tahan lama? Kini Anda berada di tempat yang tepat karena artikel ini akan memberikan rahasia mudah bagaimana Anda bisa mendesain ruang teras dengan gaya retro yang menarik.

Ciri Kursi Teras Bergaya Retro

Ketika Anda akan memilih kursi retro bagaimana penampilannya yang meyerupai gaya ini? Anda bisa menanyakannya pada teman atau pada beberapa desainer interior namun tentu saja dengan biaya yang tidak murah. Kini Anda juga tidak perlu menyewa desainer mahal karena Anda bisa membuatnya sendiri dengan memilih kursi yang tepat.

Baca Juga:  Hindari Kitchen Set Terserang Jamur dengan Cara Mengecat Ini

Seperti apakah kursi retro yang bisa Anda gunakan? Berikut ini ciri-cirnya:

  1. Material

Pada bagian material ini Anda harus memilih kursi yang terbuat dar kayu solid. Pada tahun 1970an semua jenis perabotan masih menggunakan kayu solid. Kayu buatan seperti plywood masih belum dikenal pada tahun tersebut. Anda bisa membeli kursi yang terbuat dari kayu solid dengan warna cokelat gelap. Jenis-jenis kayu seperti kayu mahoni dan kayu walnut adalah kayu paling populer yang digunakan.

  1. Bentuk
Rahasia Kursi Teras Tahan Lama Bergaya Retro
kursi teras retro dengan siku kayu runcing

Bagaimana dengan bentuk kursi retro? Kursi retro terkenal dengan kaki-kaki kursi yang pendek. Ciri khasnya adalah pada bagian bawah kaki bentuknya meruncing. Pada semua bagian sikunya terdapat siku yang runcing. Dudukan tangan pada sebuah kursi retro juga berbentuk pendek. Terdapat bantalan empuk pada bagian sandaran punggung dan juga dudukan. Nah jika Anda tidak menginginkan kursi yang menggunakan bantalan empuk bisa menggantinya dengan cushion yang bisa disimpan dan digunakan hanya waktu kursi akan digunakan. Cara ini lebih praktis sekaligus melindungi bantalan dari debu.

  1. Warna

Untuk warna kayu yang digunakan seperti yang telah dijelaskan warna cokelat tua lebh dominan. Maka Anda bisa menambahkan lapisan cat wood stain agar memiliki warna yang lebih tajam tidak hanya tampilan gloss biasa. Sedangkan untuk bantalan kursi, pilihan warna cerah seperti hijau, orange dan merah bata merupakan pilihan yang tepat. Tidak ada motif yang digunakan melainkan kain polos dan juga kayu polos yang memiliki ciri khas furnitur retro.

Jika Anda ingin mendapatkan kursi teras retro yang lebih tahan lama maka kunci keberhasilannya juga terdapat pada lapisan cat yang digunakan. Apakah produk cat yang digunakan dan bagaimana penggunaannya? Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ambil.

Baca Juga:  Produk Cat Kayu Anti Air Yang Dibutuhkan Saat Ini

Cara Finishing Kursi Teras Retro agar Tahan Lama

Jika mengikuti bahan cat yang digunakan pada furnitur retro zaman dahulu maka shelac adalah produk yang banyak digunakan. Namun modern ini produk shelac sudah mulai berkurang karena alasan kesehatan. Bahkan di luar negeri, masalah bahan shelac sebagai cat furnitur kayu sudah mulai dibatasi.

Alasan kesehatan yakni lapisan logam berat yang ada di dalamnya sangat membahayakan lingkungan. Anda yang peka dan juga sadar akan kondisi udara di dalam ruangan atau di luar ruangan tidak akan betah jika furnitur menggunakan bahan ini. Alternatif yang kini bisa digunakan adalah menggunakan cat water based.

Rahasia Kursi Teras Tahan Lama Bergaya Retro
cara aplikasi cat BioColours dengan spray gun

Penggunaan cat water based dengan warna natural akan lebih baik dan juga lebih menarik. Sisi transparan yang diberikan tidak akan mengecewakan bahkan untuk ketahanan kursi teras retro yang tahan lama. Bagaimana Anda bisa mendapatkannya gunakanlah cat kayu BioColours yang merupakan cat semprot water based yang memberikan warna natural.

Untuk warna kursi teras retro Anda bisa menggunakan beberap warna seperti mahogany, dark brown, papua rose dan juga walnut brown. Untuk mendapatkan hasil terbaik dan juga tahan lama Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Siapkan kursi yang bersih dan kering. Kursi dari kayu solid memiliki serat yang menarik maka pastikan Anda mengamplas dengan benar dan tidak merusak serat kayu. Bersihkan debu amplas agar tidak merusak hasil finishing.
  2. Aplikasikan dahulu wood filler, gunakan BioColours wood filler jati yang merupakan warna netral. Aplikasikan ke seluruh permukaan kursi kayu dengan pisau palet. Tunggu filler mengering dan amplas dengan amplas 240 hingga halus dan serat kayu terlihat. Bersihkan debu amplas.
  3. Lapisan kedua adalah BioColours sanding sealer yang berwarna transparan dan mejaga agar setiap lapisan menjadi labih kuat. Campurkan sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata dan semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan agar mengering dan amplas dengan amplas 400 secara ambang saja.
  4. Aplikasikan wood stain yang telah dipilih sebelumnya. Campurkan BioColours wood stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata dan masukan ke dalam tabung alat semprot. Semprotkan sevagai percobaan untuk mengukur warna dan hasil yang diinginkan pada kayu berjenis sama. Jika sudah sesuai aplikasikan secara merata pada kursi kayu.
  5. Tunggu lapisan mengering selama 60 menit dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400. Jika warna kurang sesuai Anda bisa mengaplikasikan wood stain kembali. Perlu diingat bahwa warna yang didapatkan dengan lapisan yang tebal adalah warna tambah gelap.
  6. Lapisan akhir adalah BioColours top coat gloss. Hasil glossnya adalah 85% jadi sangat cocok untuk kursi teras retro. Cara aplikasinya sama yakni campurkan terlebih dahulu menggunakan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk dan tuangkan ke dalam tabung alat semprot. Aplikasikan hingga merata dan tunggu kering kursi selama 24 jam sebelum Anda menggunakannya.
Baca Juga:  Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

Pastikan lapisan film dari cat mengering benar, karena goresan akan membuat hasil finishing yang tidak rata dan sangat mengganggu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X