Bisakah Membedakan Kualitas Kitchen Set Aman dan Tidak?

Bisakah Membedakan Kualitas Kitchen Set Aman dan Tidak?

Sedang memgincar kitchen set kabinet yang berkualitas? sudah tahukah Anda bagaimana kualitas yang bagus? Jika belum Anda perlu mengetahuinya agar lebih mudah ketika memilihnya di toko furnitur. Atau bahkan jika Anda memiliki ide untuk membuatnya sendiri. Ya sudah menjadi hal yang umum bagi penggila DIY woodworking untuk membuat kitchen set sendiri daripada membelinya. Harga yang didapatkan tentu akan lebih murah dan Anda bisa menentukan finishing sesuai dengan yang diinginkan. Apakah Anda sudah siap membangunnya sendiri?

Nah dalam artikel ini Anda akan mengetahui apa bahan dan bagaimana konstruksi yang tepat untuk furnitur dapur. Ada beberapa hal penting yang bisa saja terlewatkan oleh Anda. Yuk kita ulas satu per satu.

  1. Terbuat dari plywood

Pada umumnya konstruksi sebuah kitchen set terbuat dari plywood. Material ini adalah material yang paling kuat, Anda bisa memilih plywood karena berat dan pemotongannya yang sangat mudah. Terutama Anda bisa mendapatkannya mudah di toko bahan material terdekat di rumah. Plywood lebih mudah untuk dirakit menggunakan sekrup dan lebih cepat jika Anda menggunakan lem. Jadi intinya Anda bisa menggunakan bahan perekat apa saja dan sangat kuat karena plywood akan menempel dengan mudah.

Bisakah Membedakan Kualitas Kitchen Set Aman dan Tidak?
penggunaan plywood untuk penyimpanan peralatan makan

Plywood sangat murah dibandingkan dengan kayu solid dan terbilang cukup kuat dengan kelembaban yang ada di dapur. Plywood juga kuat untuk menopang beban berat dalam waktu yang lama. Jadi Anda bisa aman untuk meletakan berbagai macam peralatan dapur seperti piring dan gelas yang terbuat dari keramik.

  1. Siku pada rak

Konstruksi kotak laci Anda mungkin tidak terlalu penting , itu hanya sebuah kotak, bukan? Bahan kotak laci dan konstruksi sambungan merupakan pertimbangan penting karena sendi dan bagian bawah laci adalah salah satu hal pertama yang sering berantakan dalam lemari dapur low-end. Konstruksi kualitas yang lebih rendah, biasanya diamankan dengan staples dan sambungan butt notch, tidak memiliki kekuatan sambungan pas, di mana sisi kotak laci didorong untuk memasukkan gigi yang saling mengunci.

Kotak laci kayu solid dengan sambungan pas dan alas lapis kayu lapis berat mengatur standar untuk lemari berkualitas karena ketahanannya yang tahan lama dan keindahan sambungannya. Kotak laci kayu berkualitas tinggi akan memiliki sisi maple atau birch padat 5/8 inci atau lebih tebal. Sisi bertemu di sendi pas, di mana kekuatan sambungan berasal dari kayu itu sendiri. Bagian bawah laci kayu lapis yang kuat, sepenuhnya ditangkap pada empat sisi di sendi dado (berlekuk), dilem dan dipaku di tempatnya.

Berbagai macam material dan metode konstruksi digunakan untuk laci lemari. Partikel, kayu lapis, logam dan plastik adalah bahan umum. Metode konstruksi sangat bervariasi. Kotak laci dengan kualitas lebih rendah menggunakan sendi butt atau rabbet (berlekuk) yang diamankan dengan kawat jepit untuk menyatukan kedua sisi. Ini mungkin memiliki bagian bawah laci partikel.

  1. Engsel

Engsel kabinet adalah salah satu komponen terpenting dari lemari dapur, Anda tidak dapat membuka dan menutup pintu tanpa mereka. Engsel yang buruk dapat menyebabkan masalah seperti pintu lemari Anda menjadi longgar dan tidak rata, atau pintu yang tidak akan tertutup.

Bisakah Membedakan Kualitas Kitchen Set Aman dan Tidak?
engsel pada kitchen set

Engsel kabinet berkualitas memiliki mekanisme tutup lunak yang dibangun ke dalam engsel baja berlapis nikel. Engsel harus dapat disesuaikan enam cara: di-out, atas-bawah dan kiri-kanan sehingga engsel dapat disesuaikan ketika pintu lemari mengembang dan berkontraksi selama perubahan musiman.

Ada ribuan engsel tersedia untuk produsen kabinet. Waspadalah terhadap produsen kabinet yang menggunakan engsel low-end yang hanya menyediakan penyesuaian empat arah, atau yang tidak mendukung produk mereka dengan garansi seumur hidup.

  1. Slide laci

Slide laci berkualitas tinggi (juga dikenal sebagai slide) sangat penting untuk mendukung gerakan halus dan diam dari laci lemari Anda selama bertahun-tahun penggunaan yang sulit. Semakin banyak berat laci Anda, semakin besar kebutuhan untuk meluncur tugas berat. Luncur yang lemah dapat menyebabkan laci kabinet kendor, longgar, atau lengket.

Undermount, baja, soft-close drawer glides harus diperluas untuk menyediakan akses penuh ke seluruh laci. Ball bearing dan panduan baja memberikan pengoperasian yang mulus dan keausan yang panjang. Dipasang di bawah kotak laci, peluncur harus diberi peringkat untuk menopang beban berat: setidaknya 90 pon. Peluncur yang dapat disesuaikan dengan sistem peredam soft-close (anti-slam) hampir tidak bersuara saat membuka dan menutup laci.

  1. Frame Kicthen Set

Sebuah lemari berbingkai memiliki bingkai kayu solid yang melekat pada bagian depan kotak kabinet. Engsel pintu dan luncur laci melekat pada bingkai. Dalam lemari tanpa bingkai, pintu-pintu dipasang langsung ke sisi kotak kabinet. Kedua metode konstruksi secara signifikan berbeda dalam penampilan dan tergantung pada metode konstruksi, dapat sangat bervariasi dalam kekuatan dan stabilitas. Biaya pemasangan biasanya lebih tinggi untuk lemari tanpa bingkai.

Rangka wajah menyediakan dasar kayu keras yang kokoh untuk engsel dan menggambar meluncur. Selain itu, bingkai wajah memberikan stabilitas untuk membantu menjaga kotak kabinet tetap persegi selama pengiriman dan pemasangan. Ada tiga gaya kabinet berbingkai, disebut dengan jumlah frame yang terungkap: overlay parsial, overlay penuh dan inset.

  1. Finishing

Apapun material yang Anda gunakan untuk kitchen set atau kabinet dapur, bahan finishig yang dipilih harus berkualitas bagus. Kabinet akan diletakan pada ruangan dengan resiko kelembaban yang tinggi dan penggunaan yang sering. Jika Anda tidak ingin mendapatkan kabinet mudah rusak maka lakukan pengecatan dengan tepat. Salah satu produk yang tepat untuk digunakan adalah BoColours.

Bisakah Membedakan Kualitas Kitchen Set Aman dan Tidak?Dalam BioColours Bioduco Anda bisa memilih berbagai jenis bahan finishing berwarna solid yang akan menghiasi kabinet dapur. Anda juga akan mendapatkan tingkat keamanan yang baik. Penggunaan cat water based seperti BioColours sangat dibutuhkan oleh dapur yang ramah lingkungan. Tidak akan ada bau menyengat yang mengganggu dan juga tidak akan ada rayap yang mudah merusak.

Cat kayu BioColours telah dilengkapi dengan bahan anti jamur dan anti rayap yang akan mempertahankan kualitas kitchen set lebih lama dibandingkan dengan jenis cat lainnya.

  1. Garansi

Meskipun garansi mungkin tidak memberi tahu Anda tentang kualitas kabinet itu sendiri, ini memberi Anda petunjuk tentang seberapa jauh pabrikan bersedia berdiri di belakang produk mereka.  Adanya garansi tentu saja jika Anda menentukan untuk membeli saja kitchen set. Jika mereka menjamin garansi seumur hidup, itu berarti bahwa mereka memiliki keyakinan pada kualitas kabinet. Jika mereka tidak memberikan garansi Anda bisa memutuskan sendiri apa artinya.

Lemari kualitas yang buruk akan sering mulai rusak setelah 5 sampai 10 tahun digunakan. Pada saat itu, jaminan mereka mungkin telah kedaluwarsa. Mengingat bahwa lemari dapur adalah salah satu barang paling mahal yang pernah Anda beli untuk rumah Anda, garansi seumur hidup dapat menjadi jaminan bahwa lemari Anda akan melayani Anda selama seluruh periode Anda berada di rumah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X