Apa Sulitnya Memilih Kursi Sofa Santai yang Nyaman?

Apa Sulitnya Memilih Kursi Sofa Santai yang Nyaman?

Ingin bersantai dai rumah dan menikmati kualitas me time? Siapa saja pasti ingin mendapatkannya. Namun seringkali budget dan juga banyaknya piihan kursi di pasar membuat Anda harus mengurungkan niat Anda untuk bersantai di rumah. Alih-alih bersantai, Anda akhirnya menghabiskan waktu di luar karena bosan di rumah.

Nah ingin tahu bagaimana Anda bisa memilih kursi santai yang nyaman dan aman? Siapa saja bisa menggunakannya dari orang dewasa hingga anak-anak. Bahkan cara mendapatkannya tidak sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Material

Apakah Anda memiliki alergi kulit? Maka Anda perlu memilih material kursi santai yang nyaman jika bersentuhan dengan kulit Anda. Ada banyak sekali jenis material yang bisa Anda pilih dan gunakan. Misalnya saja Anda lebih suka dengan jenis kain yang lembut karena akan membuat mudah tertidur. Jenis kain yang lembut ini banyak dipasaran dengan harga yang bervariasi.

Material kulit juga patut dipertimbangkan karena kulit lebih mudah untuk dibersihkan. Namun jika Anda memilih kulit pastikan Anda memiliki bugdet yang cukup karena kulit adalah material yang sangat mahal namun nyaman.

  1. Sandaran kursi
Apa Sulitnya Memilih Kursi Sofa Santai yang Nyaman?
seseorang duduk di kursi dengan nyaman

Kursi sofa santai akan memiliki sandaran. Nah dalam memilih sandaran ini Anda harus menyesuaikannya dengan punggung. Anda bisa memilih sandaran yang tinggi sehingga dapat meletakan kepala dengan nyaman. Pastikan Anda akan merasa rileks pada bagian sandaran punggung.

Selain sandaran punggung, beberapa jenis sofa santai memiliki sandaran kaki. Sandaran kaki ini bisa terpisah atau tidak tergantung dengan jenis kursi yang Anda beli. Untuk sandaran kaki terpisah Anda akan menggunakan bangku berukuran kecil. Sedangkan sandaran  kaki yang menjadi satu biasanya adalah kursi sofa santai elektrik yang bisa digerakan ketika akan digunakan.

Baca Juga:  6 Model Partisi Ruangan Yang Cocok untuk Hunian Minimalis Modern

Sandaran tangan juga bisa Anda pertimbangkan. Sandaran tangan bisa bermcam-macam dan biasanya terdapat bantalan yang akan membuat tangan Anda menjadi lebih rileks. Nah pilih sandaran tangan yang lebih besar dari tangan Anda untuk meletakannya.

  1. Ketinggian

Beberapa jenis kursi santai elektrik dapat digunakan untuk mengatur ketinggian kursi. Sama seperti kursi kantor yang bisa Anda ubah sesuai kebutuhan. Apakah Anda seorang tua maka ketinggian perlu diatur untuk ketinggian kaki dan kenyamanan Anda menyandarkan tubuh.

  1. Model
Apa Sulitnya Memilih Kursi Sofa Santai yang Nyaman?
contoh kursi eaman

Beberapa orang sangat sensitif dengan model apakah model kursi yang dibeli sesuai dengan gaya hunian Anda? Apakah warna dari kursi tersebut membuat Anda nyaman? Jangan remehkan hal ini karena warna juga akan mempengaruhi mood Anda. Ingat bahwa Anda akan menggunakannya untuk bersantai bukan hanya sekedar duduk sebentar. Gaya kini sangat bervariasi sehingga Anda bisa memilih model yang sesuai dengan keinginan.

  1. Konstruksi

Seperti memilih kursi pada umumnya konstruksi adalah salah satu faktor yang sangat penting. Apakah Anda akan menggunakan kursi dalam waktu yang lama bahkan bertahun-tahun dan digunakan secara rutin? Maka Anda perlu meyakinkan diri bahwa konstruksi kursi mampu menopang beban berat Anda dalam waktu yang lama. Bukan tidak mungkin Anda akan tertidur berjam-jam di atas kursi sehingga harus kuat dan tidak mudah patah.

  1. Bantalan

Kursi sofa santai akan memiliki bantalan. Apakah bantalan mudah kempes dan Anda perlu menggantinya dengan yang baru atau bantalan sangat empuk dan tahan lama. Ada berbagai macam kualitas bantalan yang digunakan untuk membuat kursi sofa. Jika Anda ingin memilih bantalan ini maka Anda perlu mencoba kursi di toko furnitur. Anda bisa melihat apakah busa yang digunakan akan kempes dan lama untuk kembali ke bentuk semula atau cepat. Apakah bantalan terasa keras karena kualitas yang buruk? Anda bisa merasakannya ketika duduk di kursi itu.

  1. Garansi
Baca Juga:  Kenali Material Bangunan MDF, Kelebihan dan Kekurangannya

Kursi santai yang mahal terutama kursi elektrik akan memiliki garansi. Anda memerlukan ini karena Anda akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Pastikan Anda mendapatkan kartu garansi dan berapa lama garansi yang diberikan? Apakah hanya lima atahun apakah sampai 10 tahun? Jika Anda yakin bahwa sofa tersebut berkualitas tidak masalah mengeluarkan uang karena ada garansi yang akan diberikan.

  1. Apakah bahan finishingnya?

Selain warna Anda juga perlu mempertimbangkan bahan finishingnya jika kursi yang Anda pilih memperlihatkan beberapa bagian kayu. Tujuan Anda adalah bersantai maka bahan finishing yang digunakan pun harus aman. Jika Anda menemukan aroma keras keluar dari lapisan cat pada kursi kayu maka Anda patut curiga jika cat yang digunakan tidak aman. Kursi yang aman pasti menggunakan cat kayu water based sebagai lapisannya.

Macam-Macam Kursi Sofa Santai

Di atas Anda sudah bisa memilih jenis kursi sofa santai dengan mudah. Bahkan panduan tersebut juga bisa Anda gunakan untuk memlilih jenis kursi lain seperti stool, sofa ruang tamu, bahkan kasur. Anda bisa mendapatkan kenyamanan bertahun-tahun jika telah memilih bahan kursi yang berkualitas.

Lalu apa saja seih jenis kursi santai yang beredar di pasaran yang bisa Anda pilih? berikut ini macam-macam kursi santai yang bisa Anda pilih:

  • Bean bag
Apa Sulitnya Memilih Kursi Sofa Santai yang Nyaman?
contoh bean bag kursi

Kursi santai digunakan rata-rata untuk anak muda. Kursi yang merupakan kain dan di isi dengan stereofaom ini akan membuat kegiatan santai lebih nyaman. Tidak menggunakan kaki Anda bisa menggunakan kursi ini sebagai kursi lesehan. Ada banyak motif dan warna yang disukai dan bisa Anda pilih. Jika kursi terasa sudah mulai kempes Anda hanya perlu menambahkan atau mengganti isinya. Ketika diduduki kursi ini akan menyesuaikan dengan bentuk tubuh.

  • Kursi goyang
Baca Juga:  Kursi Cafe Besi Bisa Tampak Keren, Apa Rahasianya? Cek Di Sini

Tidak ada yang bisa menolak kenyamanan kursi goyang. Bahkan banyak ibu yang sedang menyusui menggunakan kursi ini sambil memberikan Asi dan membuat bayi mereka tertidur. Anda yang sudah lelah dengan pekerjaan sehari-hari dapat beristirahan menggunakan kursi goyang sambil menonton televisi.

  • Kursi panjang

Mirip dengan kursi panjang yang digunakan di pinggir kolam renang atau pantai, Anda bisa menggunakan kursi ini di dalam rumah. Kursi ini bisa berbentuk sofa dimana Anda bisa merebahkan badan dan merebahkan kaki. Anda bisa memilih kursi yang menggunakan cuhsion atau sofa. Jadi bantalan empuk yang mengisi akan menopang beban berat Anda dengan nyaman.

  • Kursi Eames

Kursi ini digunakan oleh satu orang, kursi santai ini adalah kursi klasik yang digunakan para bangsawan Eropa untuk beristirahat bahkan hingga saat ini. Bentuknya cukup besar untuk menopang beban satu orang namun tetap nyaman. Busa yang digunakan adalah busa kelas satu sehingga tidak mudah kempes dan Anda bisa menggunakannya hingga beberapa tahun ke depan.

  • Kursi pijat

Anda bisa menggunakan kursi pijat. Kursi ini akan disambungkan dengan listrik dan di dalamnya terdapat alat yang digunakan untuk memijat seluruh tubuh Anda. Jika Anda ingin menggunakan kursi ini siapkan budget dan listrik Anda karena harganya yang mahal dan perlu perawatan khusus.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X