Mengenal Macam-Macam lantai Plywood dan Perawatannya

Mengenal Macam-Macam lantai Plywood dan Perawatannya

Jika ada satu hal yang paling diinginkan orang di rumah mereka, itu adalah lantai kayu. Memiliki kayu di bawah kaki membuat lantai Anda mudah dibersihkan dan dirawat, tidak seperti karpet yang dipakai dan mudah kotor.

Jika Anda merasa putus asa karena lantai Anda, saatnya untuk berpikir out of the box. Sekarang saatnya mempertimbangkan plywood. Lihat 10 ide ini yang akan menginspirasi Anda untuk mendapatkan lantai kayu yang selalu Anda inginkan dengan biaya sedikit untuk Anda!

  • Lantai plywood papan lebar

Jelas, plywood itu sendiri indah. Jangan ragu untuk merekatkan papan-papan itu ke subfloor dan memberi segel ringan untuk menjaga tampilan kayu mentah. Sempurna untuk rumah bergaya modern dan Skandinavia.

  • Lantai plywood oak

Mencari lantai kayu yang lebih tradisional? Anda benar-benar dapat memberikan finishing natural pada papan plywood Anda dengan warna yang lebih gelap.

  • Mengecat natural lantai plywood untuk kamar tidur

Plywood juga bisa dicat seperti lantai kayu lainnya! Setelah Anda meletakkannya, cat dan clear coat sehingga tidak akan ada yang tahu bahwa Anda tidak memiliki kayu keras asli untuk lantai.

  • Lantai plywood bentuk kotak besar

Siapa bilang kamu harus tetap dengan plywood ukuran papan? Kumpulkan plywood dengan pori yang berbeda dan letakkan di lantai Anda dalam kotak besar. Cara ini akan memberi ruang Anda nuansa yang lebih berseni daripada lantai kayu tradisional.

  • Lantai plywood pola stensil

Pola stansil adalah pola yang sangat menarik dan tidak boleh dilwatkan untuk lantai kayu plywood. Rasanya seperti lantai plywood Anda dimaksudkan untuk dicat dengan beberapa pola yang indah. Pastikan Anda memasang clear coat di atasnya agar cat Anda tidak retak.

  • Lantai plywood yang difinishing dengan distressing
Baca Juga:  Finishing Kayu Kelapa Tidak Harus Sulit, Lihat Di Sini!

Cat chippy tidak harus menjadi hal yang buruk! Plywood yang telah dicat dan dihancurkan adalah peningkatan yang sempurna untuk ruang cuci ruang dapur atau ruang yang memiliki keseringan untuk digunakan.

  • Lantai plywood geometrik
Mengenal Macam-Macam lantai Plywood dan Perawatannya
Menggambar dimensi pada lantai plywood,

Mungkin Anda menginginkan sesuatu yang sedikit lebih unik di rumah Anda. Jangan takut untuk memotong plywood Anda menjadi pola yang sangat epik, Anda tidak akan pernah ingin pindah rumah lagi.

  • Lantai plywood rustic persegi

Lantai pedesaan mungkin adalah favorit banyak orang sepanjang masa. Warnai lantai plywood Anda dengan warna hitam dan gosokkan dengan lembut untuk campuran sempurna gaya pedesaan dan chic di setiap ruangan yang Anda pilih. Anda bisa mengkombinasikannya dengan dinding berwarna putih.

  • Lantai plywood kotak-kotak

Jika Anda ingin tampilan untuk dan sangat berbeda maka wujudkan lantai dengan pola papan catur. Warna lantai plywood Anda dengan cat hitam putih dengan pola papan catur. Cara ini akan membuatn nuansa dapur sangat berbeda. Anda tetap bisa menggunakan furnitur dengan warna natural.

  • Lantai plywood yang mengkilap

Ketika Anda mulai berpikir tentang pengecatan, jangan ragu untuk menggunakan beberapa clear coat gloss. Terutama jika Anda menginginkan efek gaya modern di rumah Anda, lantai yang lebih bersinar, semakin baik, tidak peduli warna apa yang akan Anda gunakan.

Cara Mengecat Lantai Plywood

Mengenal Macam-Macam lantai Plywood dan Perawatannya
Lantai plywood yang difinishing seperti kayu terbakar.

Setiap jenis plywood yang digunakan untuk lantai harus difinishing dengan benar. Bahkan plywood dengan lem tahan air bisa mendapatkan manfaat dari finishing. Anda tidak perlu memasang lapisan kaca pada plywood, hanya menutupnya dengan cat dapat menahan adanya terhadap penetrasi kelembaban.

Tepi plywood, bahkan jika plywood dinilai tahan air, tidak ditutup dengan baik. Lakukan finishing pada plywood di semua sisi sebelum Anda menggunakannya, penghalang yaitu cat yang tepat ada untuk melindungi plywood dari air yang tumpah di atas, atau udara basah yang keluar dari bawah.

Baca Juga:  Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Menjadi Furnitur Lebaran

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengecat plywood. Caranya tidak jauh berbeda ketika Anda akan mengecat cat solid. Yang Anda perlukan hanyalah cat water based, alat semprot yaitu spray gun dan juga ruangan yang bersih.

  • Siapkan lantai plywood yang telah dipasang. Pastikan Anda telah mengamplas seluruh permukaan dan Anda bisa meraba mendapatkan permukaan kayu yang halus. Jika Anda akan mendapatkan pola maka gunakan pensil untuk membuat pola pada lantai terlebih dahulu.
  • Isi tangki tekanan dari spray gun dengan pernis atau cat warna solid yang ingin Anda aplikasikan.
  • Pegang spray gun semprot 8 inci dari permukaan plywood pada sudut 30 derajat. Semprotkan cat secara menyeluruh pada permukaan plywood sejajar dengan pori kayu atau serat kayu. Lanjutkan penyemprotan hingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan atau sesuai dengan pola yang telah Anda buat.
  • Tunggu lapisan plywood hingga benar-benar kering. Terakhir adalah aplikasi clear coat. Pegang dan aplikasikan spray gun dengan cara yang sama seperti sebelumnya, semprotkan clear coat pada semua sisi. Biarkan cat mengering sesuai anjuran bahan finishing yang Anda gunakan.

Perawatan Lantai Plywood

Plywood sering diabaikan setelah proses finishing karena sangat murah dan mudah diperoleh. Dan banyak dari kelas plywood yang lebih rendah tidak menggunakan cat atau bahkan mengecat dengan baik.

Namun, plywood masih kayu, dan dengan sedikit perencanaan yang cerdas, perhatian terhadap detail dan perhatian yang dibutuhkan, Anda dapat memoles plywood untuk menghasilkan keindahan yang sangat berharga dalam kayu alami.

Langkah ini bisa Anda praktekan pada lantai plywood yang telah usang dan memiliki beberapa kerusakan. Anda akan menemukan beberapa lubang dan bisa memperbaikinya dengan mudah menggunakan wood filler jika hasil finishing yang diinginkan berwarna natural.

  • Aplikasikan wood filler ke retakan yang lebar atau dalam di lantai plywood Anda. Gunakan piusa scrape untuk menyendok filler kayu keluar dari wadah dan meratakannya ke dalam celah atau lubang pada lantai plywood. Gunakan pisau scrape dengan arah hampir sejajar dengan lantai untuk meratakan wood filler. Pastikan jika lubang itu dalam wood filler masuk dengan baik dan memenuhi lubang. Tidak perlu khawatir pada permukaan yang belum rata karena Anda bisa menghaluskannya nanti.
  • Biarkan wood filler kering selama waktu yang disarankan produk. Jika Anda tinggal di iklim lembap atau yang banyak curah hujannya, tingkatkan waktu pengeringan 30 hingga 60 menit.
  • Pasang disk amplas 80-grit ke hand-sander dan nyalakan. Gunakan sander tangan bolak-balik di sepanjang plywood, bekerja dengan searah serat kayu. Jangan menerapkan tekanan apa pun; berat sander tangan sudah cukup.
  • Bersihkan plywood dengan kain untuk membuang semua debu pengamplasan. Amplas plywood lagi dengan amplas disk 120-grit dan bersihkan sampai bersih. Selalu amplas searah serat, jangan melawannya karena ini dapat menyebabkan chip.
  • Selesaikan plywood dengan mengamplasnya menggunakan sander tangan yang dilengkapi dengan amplas 220-pasir atau halus. Bersihkan plywood dengan kain dan harus cukup halus untuk dialnjutkan dengan wood stain.
  • Terakhir jika pengecatan sudah selesai gunakan poles kayu khusus sebulan sekali yang bisa Anda gunakan dengan kain. Aplikasi harus tipis jika tidak akan menimbulkan jamur.
Baca Juga:  Bagaimana Menciptakan Penampilan Baru Meja Tamu Jati Bekas

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X