cat-untuk-wooden-furniture

Penting! Penggunaan Pernis Kayu Dengan Kuas Yang Tepat

Finishing dengan pernis kayu seperti kuas membutuhkan perhatian khusus. Jangan sampai salah memilih kuas, Anda akan mendapatkan hasil finishing yang buruk.

Permasalahan yang sering timbul ketika finishing menggunakan alat kuas adalah brush mark. Tampilan furniture dengan bekas brush mark atau bekas sapuan kuas ini akan menurunkan nilai etstetika dari furniture. Padahal awalnya Anda sudah merencanakan untuk mendapatkan hasil finishing yang meanrik dan sempurna. Ada banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya brush mark pertama adalah karena larutan cat atau pernis tidaka sesuai. Resin yang cenderung lengket tidak akan cair dan sulit ketika diaplikasikan. Kedua bisa saja pernis kayu yang Anda gunakan tidak berkualitas  dan terakhir adalah jenis kuas yang Anda gunakan juga tidak berkualitas. Aplikasi dengan kuas adalah alternatif yang paling mudah ketika Anda bukan seorang profesional. Anda tidak perlu mengguankan alat khusus seperti kompresor dan juga spet. Alat kuas sangat mudah didapatkan selain itu juga sangat murah.

Penting! Penggunaan Pernis Kayu Dengan Kuas Yang Tepat

Banyak sumber mengatakan bahwa kuas yang buruk akan mempengaruhi hasil akhir finishing furniture. Tentu saja karena alat aplikasi akan memberikan lapisan pada furniture. Untuk kelas industri, kuas sudah jarang digunakan kecuali untuk bagian sulit seperti lekukan. Untuk industri sudah menggunakan spray system, walaupun penggunaan spray gun sebenarnya lebih boros karena banyak partikel cat yang terbuang atau menyebar. Permasalahan brush mark ini biasanya akan mempengaruhi pada penggunaan top coat atau clear coat. Ketika lapisan akhir ini diaplikasikan dengan kuas yang buruk maka akan muncul garis-garis transparan dan mempengaruhi tingkat gloss.

Pahami Jenis Kuas Yang Tepat

Dalam memilih kaus Anda harus memahami bagian-bagian kuas dan menentukan jenisnya. Kuas terdiri dari bulu kuas, pegangan kuas dan juga bagian pengikat antara bulu kuas dan juga pegangan kuas. Yang harus diperhatikan adalah bulu kuas. Ada dua jenis bulu kuas tergantung dari bahannya. Bulu kuas terbuat dari bulu hewan digunakan untuk finishing yang menggunakan pernis kayu minyak atau solvent. Bulu hewan tidak akan menyerap minyak dan merusak sapuan dari bulu kuas. Selain bulu hewan, bulu kuas juga bisa terbuat dari bahan nylon atau polyester.  Bahan ini cocok digunakan untuk pernis water based dan juga solvent. Bahan nylon tidak akan menyerap air dan solvent sehingga sapuan lebih halus dan ringan.  Jika Anda menggunakan kuas dengan bulu hewan dan diaplikaskan pada pernis water based maka bulu kuas akan mengembang dan sapuan tidak akan meghasilkan permukaan yang rata bahkan cenderung sulit diaplikasikan.

Baca Juga:  Lebih Efisien Waktu Dengan Cat Kayu Cepat Kering Ini

cat-untuk-wooden-furniture

Selain dari bahan, Anda juga harus menentukan bentuk dari bulu kuas. Jenis bulu kuas yang buruk adalah kuas dengan ketebalan sama dengan pangkal kuas. Kuas yang tebal tentu akan membuat pernis sulit diaplikasikan. Kuas buruk juga memiliki bulu pendek sehingga penyerapan bahan pernis tidak banyak membuat Anda harus berulang kali untuk mencelupkan ke dalam cairan pernis kayu. Selau pilih kuas dengan bulu yang panjang dan ujung yang meruncing. Ketebalan pada bagian ujungpun juga semakin menipis. Kuas yang panjang akan memudahkan Anda dalam mendapatkan fleksibilitas ketika diaplikasikan. Terutama pada bagian bidang yang tidak datar. Bulu kuas yang panjang juga akan menghasilkan finishing yang rata dan halus.

Jika Anda sudah memahami seperti apa bulu kuas yang bagus maka selanjutnya adalah ukuran kuas. Finishing bidang yang datar dan juga luas sebaiknya menggunakan ukuran kuas 3 hingga 5 inci. Ukuran ini cukup besar sehingga Anda tidak perlu berulangkali mengaplikasikan dan pekerjaan juga lebih cepat selesai. Penggunaan kuas ukuran ini sebaiknya secara horizontal dan searah serat kayu. Untuk bagian bidang kayu yang sempit seperti pada lekukan gunakan ukuran kuas yang lebih kecil bisa dibawah 3 inci. Cara aplikasinya secara vertikal searah serat kayu dan juga mengikuti alur lekukan. Cara ini sangat efektif agar tidak berlawarnan serat kayu dan juga meminimalisir brush mark.

Finsihing Bagus Didukung Pernis Kayu Yang Berkualitas

Anda juga jangan terpaku pada pemilihan kuas saja. Di awal telah dikatakan sedikit bahwa pengaruh dari finishing kayu yang menarik juga tergantung dair pernis kayu yang digunakan. Komponen utama dalam finishing adalah bahan baku cat atau pernis. Untuk memberikan hasil film natural transparan, pernis atau plitur sangat sering digunakan. Untuk mengahasilkan finishing yang berkualitas maka gunakan pernis yang berkualitas dengan ciri sebagai berikut:

  1. Varian warna natural
Baca Juga:  Pabrik Cat Kayu BioVarnish Yang Bagus Untuk Finishing Writing Desk

Walaupun memberikan warna transparan, pernis juga akan memberikan warna natural kayu. Semaikin banyak pilihan pernis kayu akan warna kayu maka semakin banyak juga varian yang bisa Anda pilih. Misalnya saja Anda menggunakan jenis kayu mahoni maka warna yang digunakan juga kemerahan.

  1. Transparansi bagus

Ketika pernis kayu memiliki transparansi yang bagus maka serat kayu akan terlihat. Berbeda jika Anda menggunakan pernis kualitas buruk, bisa jadi serat kayu tidak akan terlihat jelas atau samar-samar.

  1. Mudah dikuas

Ada banyak faktor yang mempengaruhi mudahnya pernis kayu untuk dikuas terutama dalam hal formulasi. Semakin mudah atau semakin ringan pernis dikuas maka akan semakin ringan pula proses finishing Anda.

  1. Ketahanan

Fungsi pernis dalam hal ketahanan meliputi tahan gores, tahan cuaca dan juga tahan jamur. Katahanan ini dibutuhkan sebagai suatu bentuk perlindungan furniture dari luar.

  1. Tidak yellowing

Pernis tidak boleh memberikan efek yellowing (menguning). Ketika efek yellowing ini muncul maka tidak jauh berbeda dengan brush mark, penampilan estetika furniture akan menurun. Biasanya pernis kayu yang mengandung formalin tinggi akan menimbulkan efek yellowing ini.

  1. Aman dan ramah lingkungan

Selalu gunakan pernis yang aman dan ramah lingkungan agar ketika pernis selesai diaplikasiakan maka tidak ada bau menyengat yang timbul dan mencemari lingkungan. Udara tersebut akan Anda hirup dan menurunkan kesehatan Anda dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Biasanya ciri produk pernis kayu yang aman dan ramah lingkungan tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Produk Pernis Kayu Berkualitas Ada Di Biovarnish

Jika Anda masih bingung manakah merk pernis kayu yang memenuhi kriteria tersebut, Anda bisa mencoba produk Biovarnish. Produk seri Biovarnish ini lengkap mulai dari varian dempul, wood stain dan juga top coat. Pernis Biovarnish adalah pernis berbahan dasar acrylic water based yang sudah pasti aman dan ramah lingkungan. Produk ini sudah banyak digunakan di industri-industri furniture untuk di ekspor ke negara Eropa dan Amerika. Biovarnish banyak disukai karena produk water based yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan juga rendah VOC (Volatile Organic Compound). Pembelian produk Biovarnish bisa dilakukan langsung di alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Atau bisa juga pemesanan online dengan menghubungi 0822 1935 7399 atau BBM di D69F376B.

Baca Juga:  Trik Mengecat Dengan Cat Kayu Kuas

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X