Pilihan Warna Cat Terbaik dalam Membuat Rak Bunga dari Kayu untuk Dekorasi

Suka dengan gaya shabby chic untuk interior ruangan? Jangan lupakan elemen tanaman yang akan membuat ruangan menjadi lebih asri. Anda bisa menggunakan rak bunga kayu untuk menempatkan pot-pot bunga berukuran kecil. Ruangan dengan tanaman akan membuatnya terlihat lebih hidup. 

Rak bunga bukan sekedar menjadi tempat untuk menyusun pot tanaman kecil, Anda juga bisa memanfaatkan sebagai dekorasi ruangan. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti cat harus memiliki bahan anti jamur karena rak pasti lembab. Ditambah lagi pilihan warnanya harus lengkap. 

Jika Anda pemula, maka perhatikan juga bagaimana teknik aplikasi dari cat tersebut. Jika alat yang disarankan sekiranya sulit untuk Anda dapatkan maka pertimbangkan untuk menggunakan produk lainnya. Pilih alat yang paling mudah untuk didapatkan misalnya saja aplikasi dengan kuas atau roller. 

Perhatikan juga apakah bahan pelarut yang digunakan pada cat tersebut. Hindari untuk menggunakan cat bersolvent untuk rak bunga kayu. Aroma menyengat dari solvent membawa kandungan logam berat yang tidak baik bagi kesehatan. Sebaiknya Anda menggunakan cat warna berpelarut air yang lebih aman. 

Cat dengan Banyak Pilihan Warna Terbaik dan Tahan Lama

Jika harus memilih cat water based, pilihan terbaik apa yang sebaiknya digunakan? Ada begitu banyak pilihan produk cat, namun yang paling banyak digunakan tidak lain adalah Bioduco chalk paint. Cat ini merupakan primer coat yang biasanya digunakan sebagai base coat. Kini dengan adanya chalk paint, Anda tidak perlu kesulitan untuk menggunakan cat solid seperti cat duco. 

Bioduco chalk paint yang bekerja sebagai primer sekaligus memberikan warna ini akan bekerja dengan maksimal. Setelah diaplikasikan, rak bunga di rumah akan memiliki warna menarik dengan perlindungan anti jamur, rayap hingga warna yang tak mudah memudar. Jika Anda ingin menggunakan chalk paint ini, sebaiknya gunakan juga dempul Bioduco wood putty dan Bioduco top coat. 

Chalk paint Bioduco memberikan beberapa kelebihan antara lain sebagai berikut:

  1. Daya tutup maksimal sehingga Anda tidak perlu khawatir tampilan serat kayu. 
  2. Warna yang tahan lama tidak akan mudah pudar sehingga Anda bisa selalu melihat keindahannya. 
  3. Proses aplikasi yang sama sekali tidak sulit. Hanya dengan kuas dan pelarut air saja Anda sudah bisa mengecat untuk hasil sempurna. 
  4. Produk yang cepat kering sehingga proses aplikasi hanya berlangsung beberapa jam saja. 

Warna Terbaik dari Bioduco Chalk Paint untuk Rak Bunga

Bioduco chalk paint menawarkan 20 pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan desain interior. Karena berfungsi sebagai dekorasi, maka Anda harus memperhatikan banyak sekali aspek dalam pemilihannya. Pertama adalah jenis gaya yang dipilih, keseragaman warna dengan dinding hingga furniture. 

Anda juga harus memilih warna sesuai dengan jenis tanaman yang akan disusun dalam rak tersebut. Anda mungkin berencana untuk menciptakan warna kontras antara bunga dan juga rak. Bisa juga memberikan warna harmoni antara keduanya. 

Mempermudah Anda untuk memilih warna, berikut ini saran penggunaan warna sesuai dengan gaya yang dipilih. 

  • Tema ruangan shabby chic

Rak yang digunakan pada ruangan bertema shabby chic adalah yang paling mudah didapatkan. Anda bahkan bisa menggunakan dua warna sekaligus untuk memberikan kesan tua atau vintage. Nah untuk ruangan dengan tema ini, warna-warna yang disarankan adalah broken white, pastel pink, pastel blue atau pastel green. Warna pastel lebih baik dipilih untuk mengedepankan kesan feminim. 

  • Tema ruangan klasik

Anda bisa juga menerapkan ruangan dengan tema klasik. Namun tema klasik lebih mengarah pada gaya victoria atau interior neo klasik. Karena kebanyakan tema klasik tradisional lebih memilih warna-warna natural kayu. Untuk tema klasik, Anda bisa menggunakan warna seperti white, french enamel, expresso, dan terakota yang memberikan kesan mewah. 

  • Tema ruangan industrial

Ruangan dengan tema industrial cenderung mengedepankan kesan gelap dan lama. Walaupun sebagian besar material yang digunakan adalah besi atau logam, Anda juga memasukkan unsur kayu sebagai dekorasi. Rak bunga sebaiknya menggunakan warna coklat gelap seperti cream, terakota, expresso, hingga black. Hindari menggunakan warna terang seperti kuning atau orange. 

  • Tema ruangan pop art

Apabila Anda suka dengan ruangan yang ramai, tidak ada salahnya untuk menggunakan desain pop art. Walaupun desain ini tidak terlalu banyak menggunakan sentuhan dekorasi tanaman, bukan masalah jika Anda meletakkan rak bunga di sudut ruang tamu atau ruang keluarga. Warna-warna terang bisa dipadukan dan memberikan kesan yang sangat kuat. Misalnya saja seperti yellow, orange, red, pastel pink, atau black. 

Langkah Mudah Mengaplikasikan Bioduco Chalk Paint untuk Rak Bunga

Cara paling mudah untuk mengaplikasikan Bioduco chalk paint adalah dengan satu warna. Anda bisa mendapatkan hasil yang halus merata atau permukaan yang tampak usang. Membuat kesan usang ini membutuhkan teknik yang ternyata tidak sulit dan Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Ikuti masing-masing langkahnya disini. 

Tampilan Rak Bunga Kayu yang Halus dan Merata

Pertama adalah untuk mendapatkan tampilan merata yang sempurna. Alat yang dibutuhkan adalah kuas berbulu nilon yang baru dan wadah untuk melarutkan. Siapkan juga amplas nomor 400 dan 240. Selanjutnya hanya bahan pelarut air. 

Langkah mengaplikasikan untuk hasil halus adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan rak kayu bunga dengan kain kering hilangkan semua kotoran yang menempel. 
  2. Dempul bagian cacat lubang pada rak dengan Bioduco wood putty. Ratakan dempul dengan scrape. 
  3. Diamkan kering selama 20 menit kemudian amplas ambang permukaannya dengan amplas 240. 
  4. Larutkan Bioduco chalk paint dengan air perbandingan 2:1 air. Aduk merata kemudian kuaskan ke permukaan rak harus searah serat kayu. 
  5. Diamkan kering 60 menit kemudian bersihkan dengan kain kering. Ulangi aplikasi hingga warna dan serat kayu tidak tampak kembali. 

Tampilan Rak Bunga Kayu yang Usang

Berbeda untuk tampilan rak yang halus dan merata. Khusus untuk tampilan usang, Anda tidak membutuhkan Bioduco wood putty, cukup menggunakan Bioduco chalk paint saja. Kemudian untuk alat yang berbeda adalah amplas. Anda perlu menggunakan amplas nomor 180 dan juga 320. 

Jika semua sudah dipersiapkan, ikuti langkah aplikasinya berikut:

  1. Bersihkan debu dan kotoran pada rak bunga dengan kain yang kering. 
  2. Larutkan Bioduco chalk paint dengan air perbandingan 2:1 air. Aduk hingga merata. 
  3. Kuaskan cat ke permukaan kayu searah dengan serat kayu hingga merata. Tunggu kering 60 menit. 
  4. Lanjutkan dengan pengamplasan dengan ditekan hanya pada bagian sudut rak saja. Amplas yang digunakan nomor 180 dan pengamplasan harus sampai terlihat warna kayu aslinya. 
  5. Terakhir amplaslah permukaannya dengan amplas 320 kali ini secara merata.

Baik itu untuk hasil usang atau halus, lapisan terakhir setelah Bioduco chalk paint adalah Bioduco top coat matte atau gloss sesuai dengan gaya yang Anda gunakan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X