Mau Tahu Cat Terbaik agar Pintu Pagar Besi Terlihat Mewah? Cari Tahu Disini

Tahukah Anda bahwa pagar besi juga membutuhkan lapisan coating baru seperti furniture? Anda mungkin tidak memperhatikan pagar di rumah karena menganggap material besi sangat kuat. Memang benar bahwa besi adalah material terbaik dan kuat apalagi untuk pagar rumah. 

Walaupun tampilannya kokoh, pagar besi tetap membutuhkan pelapisan cat ulang supaya tampilannya tetap sempurna. Bukan tidak mungkin besi menjadi rusak karena dimakan oleh waktu. Lebih tepatnya rusak karena sering terkena perubahan suhu ekstrim ketika terjadi perubahan cuaca. 

Besi memang masih kokoh, tapi tampilannya bisa rusak karena karat. Lapisan coating yang lama mengelupas karena memang sudah waktunya. Pada saat cat mulai mengelupas atau memudar, saat itulah Anda harus bergegas untuk mengganti tampilannya dengan yang baru. 

Cukup dengan mengecat ulang, Anda akan melihat tampilan pagar yang baru kembali. Bahkan Anda bisa membuatnya tampak lebih mewah. Pastikan saja Anda menggunakan cat terbaik untuk memberikan lapisan perlindungan maksimal pada material besi. Apakah jenis cat terbaik yang sebaiknya digunakan? 

Cat Enamel Terbaik untuk Pagar Besi di Rumah

Anda mungkin tidak terbiasa untuk melakukan pengecatan, tapi jangan khawatir prosesnya tidak membutuhkan teknik khusus. Untuk mengecat Anda hanya perlu menggunakan cat enamel Orchid. Cat enamel water based ini akan memberikan tampilan baru nan mewah pada pagar di rumah. 

Tampilan mewahnya ini bisa berlangsung lebih dari lima tahun. Artinya Anda tidak perlu khawatir soal perlindungan pada pagar besi yang akan diberikan. Tampilannya yang semi gloss sebagai hasil akhir akan memberikan kemewahan tersendiri. Selain kemewahan, ada segi perlindungan yang membuat kualitas cat ini terpercaya. 

  1. Memiliki kandungan zincalume yang akan membentuk lapisan coating tahan karat. 
  2. Memberikan perlindungan terhadap perubahan cuaca ekstrim sehingga cat tidak mengelupas. 
  3. Memiliki daya tutup maksimal sehingga cukup mengaplikasikan dua hingga tiga kali lapisan. 
  4. Kecepatan kering tinggi membuat proses aplikasi bisa lebih cepat dilakukan. 
  5. Memiliki warna-warna cerah dengan banyak pilihan. 

Proses aplikasi cat Orchid enamel hanya membutuhkan kuas dan bahan pelarut air. Untuk kuas, Anda perlu menggunakan yang berbulu nilon karena tidak menyerap air berlebihan. Selesai mengecat jangan lupa untuk langsung membersihkan kuas supaya tidak kaku dan rusak. Jadi Anda bisa menggunakannya kembali. 

Macam-Macam Warna Mewah untuk Pagar Besi

Apakah warna pagar yang akan membuat tampilannya mewah? Ada banyak hal yang mempengaruhi tingkat kemewahannya. Cat Orchid enamel menyediakan 24 pilihan warna baik itu warna solid biasa dan juga yang keemasan. Anda bisa memilih sesuai dengan apa yang disukai untuk memperlihatkan kesan mewah. 

Berikut ini beberapa pilihan warna dari cat enamel Orchid yang pastinya akan membuat pagar besi di rumah tampak mewah. 

  • Gold

Warna emas selalu mengesankan kemewahan yang klasik. Tidak ada yang bisa mengalahkan warna emas untuk kesan yang mewah. Jika pagar besi di rumah sudah memiliki desain seperti sulur tanaman atau bunga maka warna emas bisa Anda gunakan. Pilihan warna ini juga tepat untuk dipadukan pada rumah yang memiliki cat dinding warna putih. 

  • Cooper

Warna tembaga seperti cooper dari cat Orchid adalah pilihan warna mewah yang kedua. Warna ini masih banyak digunakan untuk rumah-rumah yang berdesain klasik. Warna tembaga yang kecoklatan dengan glitter akan membuatnya terlihat mewah terutama pada saat siang hari. Anda juga bisa mengkombinasikan dua warna yaitu cooper dan gold untuk bagian sulur yang menjadi desain pada pagar. 

  • Tile Red

Warna merah seperti batu bata juga cocok untuk pagar supaya memiliki tampilan yang mewah. Untuk warna ini Anda bisa mengaplikasikan pada desain pagar apapun karena warna ini akan tampak terang ketika siang hari. Karena kesan gelap yang diberikan, warna ini juga mampu menutupi kesan kotor yang cepat dimiliki oleh pagar di rumah. 

  • Pearl

Masih dengan kesan glitter yang diberikan, Anda bisa menggunakan warna pearl yang putih dan mewah. Karena kesan yang diberikan adalah bersih, Anda harus rajin membersihkan pagar dari kotoran. Karena jika terdapat goresan dan kotoran menempel akan langsung terlihat. Namun kesan mewah yang diberikan tidak kalah, apalagi jika Anda suka dengan warna putih untuk seluruh bagian rumah. 

Cara Mengecat Pagar Besi Supaya Tampak Mewah

Selesai memilih warna dari cat Orchid yang tepat, saatnya bagi Anda untuk mengetahui tata cara penggunaanya. Langkah mengecat dengan kuas tidak serumit jika Anda mengandalkan alat seperti spray gun. Tidak perlu mengatur tekanan udara atau menjalankan mesin. Cukup menguasai teknik penguasan yang benar maka hasil finishing pasti akan halus. 

Karena akan menggunakan cat Orchid untuk pagar besi, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Sedangkan untuk produk yang diaplikasikan hanyalah cat Orchid tanpa harus menggunakan primer kayu. Cek juga kondisi pagar besi, jika terdapat karat segera amplas dan bersihkan. 

Apabila terdapat lapisan coating yang lama sebaiknya bersihkan dengan bahan pembersih coating. Pagar besi juga harus dalam keadaan kering supaya nantinya cat Orchid bisa menempel dengan lebih baik. Untuk itu ikuti langkah-langkah aplikasinya berikut ini:

Mengamplas Permukaan Pagar Besi

Proses pengamplasan dilakukan mulai dari kertas amplas grit kasar hingga halus. Amplas akan membentuk goresan yang menjadi tempat cat menempel. Anda bisa menggunakan amplas aluminium oxide tanpa harus dibasahi dengan air. Gunakan amplas nomor 180 dan 220 dengan catatan tak ada lapisan coating lama yang menempel. 

Anda bisa melingkarkan kertas amplas ke ruji besi pagar dan mulai mengamplas. Jangan lupa juga kertas amplas sudah mulai menjadi halus ganti dengan yang baru. Selesai mengamplas bersihkan debu amplas dengan kain yang kering. Bersihkan hingga bagian siku yang seringkali masih tersisa debu. 

Teknik Mengaplikasikan Cat Orchid dengan Kuas

Saat mengecat, karena hendak mengaplikasikan cat dengan kuas pada permukaan yang bentuknya lebih kecil maka pilih kuas yang tepat. Anda bisa menggunakan kuas berbulu nilon yang ukurannya sekitar 3 inci atau lebih kecil lagi. Siapkan lebih dari satu kuas untuk berjaga-jaga. 

Campurkan cat enamel Orchid dengan warna pilihan Anda dengan air. Gunakan perbandingan 3:1 air dan aduk hingga merata tak boleh ada endapan cat. Kemudian kuaskan secara merata dengan teknik berikut ini:

  1. Celupkan kuas tak perlu hingga penuh dan memenuhi bulu kuas. Cukup ¾ bagian kemudian ketukkan pada bibir wadah supaya cairan cat berkurang. 
  2. Pegang kuas seperti memegang sendok kemudian sapukan bulu bagian pagar dari atas ke bawah dalam satu sapuan panjang. 
  3. Tidak perlu menekan kuas secara berlebihan tapi tarik saja dengan ringan. Lakukan hanya ke satu arah saja supaya tidak muncul brush mark. 

Ulangi langkah tersebut hingga seluruh ara pagar terlapisi cat Orchid. Diamkan pagar supaya cat mengering kira-kira satu jam. Setelah kering lanjutkan dengan amplas grit 400. Bersihkan debunya dan ulangi penguasan dengan teknik yang sama. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X