Memilih Bahan Cat untuk Meja Kayu Minimalis

Memilih Bahan Cat untuk Meja Kayu Minimalis

Mengecat furnitur meja kayu minimalis bisa menjadi proposisi yang menakutkan bagi sebagian besar dari kita, tetapi mengetahui bahan finishing yang tepat dan cat untuk digunakan dapat menghapus sebagian besar cacar kayu. Baik Anda sedang melihat furnitur baru atau tidak dicat atau furnitur lama yang telah Anda berikan perbaikan sehingga memiliki penampilan baru, jenis cat yang Anda pilih ditentukan oleh jenis hasil akhir yang Anda inginkan. Dan, selalu ingat, cat dapat diwarnai berulang-ulang, jadi santai, pilih warna yang Anda sukai, dan nikmati prosesnya.

Baca Juga : cara mengecat kamar garis garis

Pertama, Anda perlu tahu bahwa ada tiga jenis cat yang perlu dipertimbangkan: cat berbasis minyak dan cat berbasis air. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, jadi Anda perlu memikirkan proses aplikasi yang bisa Anda lakukan dan kondisi cuaca.

  • Cat berbasis air

Cat lateks, yang merupakan produk berbasis air, sangat mudah digunakan, cepat kering, dan tidak meninggalkan bau berlemak seperti cat berbasis minyak. Namun, cat berbasis air ini tidak berfungsi dengan baik jika suhunya kurang dari 50 derajat Fahrenheit. Mengapa? Karena suhu yang lebih rendah mendekati titik embun dari udara di sekitarnya, sehingga hampir tidak mungkin untuk cat berbasis air mengering dengan cepat dan tepat. Garis-garis dan bercak dapat terjadi, merusak kerja keras Anda. Jadi, pastikan Anda memiliki hari yang hangat dan kering jika Anda mempertimbangkan lateks.

  • Cat berbasis minyak

Memilih Bahan Cat untuk Meja Kayu MinimalisCat berbasis minyak, di sisi lain, menggabungkan berbagai bahan kimia dan minyak alami untuk menciptakan lapisan film yang kuat dan tahan lama. Itu kabar baiknya; dan dalam jangka panjang mungkin itu pilihan yang bagus juga. Namun, berita buruknya adalah bau cat yang kuat selama berminggu-minggu, tergantung pada tingkat sensitivitas penciuman Anda. Dan, karena baunya sangat kuat, sangat disarankan untuk mengecat furnitur Anda di luar ruangan atau di garasi berventilasi baik sejauh mungkin dari rumah. Meskipun cat berbasis minyak lebih menyukai suhu yang lebih hangat, mereka lebih baik beradaptasi untuk iklim yang lebih dingin daripada cat berbasis air.

Tingkat Kemilau yang Tersedia Pada Cat

Baik Anda memilih cat berbasis air atau cat berbahan dasar minyak, kemilau terbaik untuk furnitur berkisar dari shell eggs hingga hi-gloss. Anda mungkin mempertimbangkan cat matte hanya untuk jenis furnitur tertentu yang sesuai dengan gaya aslinya, seperti kolonial, cottage, vintage atau potongan Swedia.

Taruhan terbaik untukmeja kayu minimalis mungkin di suatu tempat di tengah dengan cat satin atau semi-gloss. Ini membersihkan dengan baik dan lebih bermanfaat ketika datang untuk menerapkan beberapa lapisan cat. Namun, semakin banyak penyalahgunaan furnitur Anda cenderung bertahan menyarankan Anda harus mempertimbangkan bergerak menuju hi-gloss, yang merupakan permukaan cat yang paling sulit dan paling mudah untuk dibersihkan.

Cat gloss memiliki permukaan halus yang sangat reflektif dan lebih mudah dibersihkan daripada cat dengan tingkat kehalusan permukaan yang lebih rendah. Mereka ideal untuk daerah yang terkena lalu lintas yang padat atau penggunaan berat, terutama di mana sidik jari, minyak atau kotoran umum.

Warna meja kayu minimalis yang diwarnai dengan cat kilap tinggi tampak lebih bersih dan lebih intens daripada warna yang diwarnai menjadi cat matte. Karena penampilannya yang sangat reflektif, cat gloss cenderung menonjolkan ketidaksempurnaan permukaan. Jika permukaan yang akan dicat dirusak atau tidak rata, yang terbaik adalah memilih cat dengan sedikit kilau.

Cat semi-gloss memiliki penampilan yang sedikit berkilau yang tidak sangat reflektif seperti cat gloss. Jenis finsihing ini menawarkan ketahanan noda yang baik dan mudah dibersihkan. Cat dengan tampilan semi-gloss sangat baik untuk digunakan di banyak area yang sama dengan cat gloss. Mereka ideal untuk dinding dan kayu yang dikenakan pakai dan di papan permukaan cuaca dan eksterior semen.

Cat Satin cenderung memberikan lebih banyak kehangatan dan kedalaman ke permukaan daripada cat matte. Mereka lebih tahan noda dibandingkan cat matte, tetapi kurang tahan noda dibandingkan cat semi-gloss dan gloss.

Memilih Bahan Cat untuk Meja Kayu MinimalisCat kemilau yang rendah adalah hasil akhir paling populer untuk area broadwall interior dan pilihan ideal di mana beberapa kemilau diinginkan dan properti pembersih yang baik diperlukan, seperti di ruang tamu, lorong, kamar tidur, dan ruang bermain. Kadang-kadang, jenis cat ini digunakan untuk langit-langit; Namun, kemilau mereka sedikit akan cenderung menyoroti ketidaksempurnaan permukaan. Di luar lapisan kemilau rendah yang paling umum digunakan di atas kayu, beton dan plester.

Cat matte menyebar cahaya, sehingga mereka cenderung menyembunyikan ketidaksempurnaan permukaan lebih baik daripada cat dengan tingkat kemilau yang lebih tinggi membuat mereka pilihan yang baik untuk penggunaan umum pada dinding dan langit-langit, terutama yang penyok atau kasar.

Warna tampak berlumpur dan lebih gelap dalam hasil akhir yang datar dibandingkan dengan finishing glossier. Hasil finishing ini memiliki tekstur kasar mikro yang dapat menjebak kotoran dan membuat pembersihan lebih sulit daripada cat kemilau yang lebih tinggi. Adalah bijaksana untuk menggunakan cat datar hanya di daerah yang tidak cenderung kotor.

Manakah Bahan Finishing yang Direkomendasikan?

Jika mempertimbangkan hal-hal di atas manakah bahan finishing yang akan Anda pilih untuk meja kayu minimalis di rumah? Melihat kelebihan dan kekurangan bahan finishing masing-masing serta tampilan kilap yang dihasilkan pasti Anda sudah dapat membayangkan manakah yang akan Anda pilih. tentu saja keuntungan dari memilih bahan finishing yang tepat akan Anda rasakan ketika sudah berjalan beberapa bulan.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih bahan finishing yang telah direkomendasikan di toko bahan bangunan yaitu sebagai berikut ini:

  1. Ketahanan

Faktor utama yang perlu diperhatikan adalah ketahanan. Apakah ketahanan yang diberikan oleh lapisan cat dapat bertahan lama. Biasanya ketahanan akan ditampilkan pada bagian label kemasan apakah mencakup tiga atau lima tahun lamanya.  Di sini Anda bisa mempertimbangkan berapa lama Anda inginkan lapsisan cat pada meja kayu akan bertahan.

  1. Memilih sheen level

Ketika memilih sheen level atau tingkat kilau pada kayu Anda perlu mempertimbangkan apakah keseringan penggunaan furnitur tersebut. Jika cenderung akan sering digunakan maka memilih finsihing gloss akan jauh lebih baik dibandingkan matte. Anda akan lebih mudah membersihkan permukaan meja dan debu akan mudah terlihat ketika menempel sehingga Anda akan selalu menjaga kebersihannya.

  1. Dimanakah Anda akan meletakan meja

Anda akan meletakan meja kayu dimana? Apakah di dalam atau di luar ruangan? Apakah Anda akan menggunakannya sebagai dining table? Jika Anda akan menggunakannya di lur ruangan maka pilih cat yang dipergunakan untuk outdoor dan sebaliknya jika Anda akan menggunakan pada ruang tamu atau bahkan kamar maka Anda perlu menggunakan cat indoor. Jika Anda akan menggunakan cat pada dining table maka pertimbangkan cat yang aman seperti cat berbasis air.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X