water based vs solvent based

Cat Kayu Water Based Menggantikan Cat Solvent

Pergantian cat solvent dengan cat kayu water based sudah mulai dilakukan banyak pengrajin. Rasakan sendiri keuntungan menggunakan cat waterbase.

Cat solvent sudah digunakan sejak berbad-abad lalu oleh manusia. Baik untuk pengecatan berbagai macam funiture dan juga untuk melukis. Cat solvent terbuat dari minyak begitu juga bahan pencampurnya berupa thinner. Cat ini memang memiliki tingkat mengkilap yang tinggi, dan saat ini digunakan oleh banyak pengrajin. Akan tetapi sudah amankah cat ini. Untuk furniture ekspor sekarang sudah semakin ketat peraturannya sehingga para pengrajin perlahan mulai berganti menggunakan cat kayu water based yang menjadi ketentuan zona aman.

water based vs solvent based

Cat solvent sendiri saat ini sudah menjadi sorotan pemerintah pasalnya cat solvent mengandung bahan bahan kimia berbahaya. Banyak pengrajin yang menggunakan peralatan khusus seperti masker untuk melakukan finishing furniture. Menggunakan masker saja terkadang tidak cukup aman karena partikel cat yang disemprot pada furniture tetap bisa masuk ke dalam pernapasan. Jika hal tersebut dilakukan terus menerus keselamatan kesehatan penggunanya bisa terancam termasuk Anda. Sudah banyak kasus yang membuktikan bahwa penggunaan cat solvent terus menerus akan menimbulkan banyak penyakit bahkan berakibat kematian.

Keuntungan Cat Kayu Water Based

Mengapa cat kayu water based menggantikan cat solvent? Ada banyak faktor yang membuat cat water based lebih baik dibandingkan cat solvent berikut ini:

  1. Lebih aman dan ramah lingkungan. Dengan syarat ekspor yang tinggi salah satunya penggunaan cat water based menyatakan bahwa cat ini termasuk aman. Cat water based memanfaatkan bahan air sebagai pembuatnya dan juga bahan pencampurnya. Dengan bahan air yang tidak mengandung zat kimia berbahaya.
  2. Ongkos produksi murah. Walaupun pada nominal harga cat water based lebih tinggi daripada cat solvent. Anda harus mempertimbangkan juga kelengkapan yang harus dipenuhi jika menggunakan cat solvent. Dengan cat solvent yang berharga lebih murah Anda harus membeli bahan pencampurnya berupa thinner atau spiritus. Bukankah akan jauh lebih mahal secara keseluruhan dibandingkan cat water based yang hanya membutuhkan bahan air sebagai pencampurnya.
  3. Lebih tahan lama. Cat water based memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga dapat digunakan pada furniture indoor maupun outdoor. Sehingga dalam keadaan panas atau hujan cat tidak akan mudah berubah warna. Berbeda dengan cat solvent seperti melamin yang hanya bisa digunakan pada furniture indoor karena tidak tahan panas matahari.
  4. Tidak berbau menyengat. Cat solvent dnegan campuran thinner akan menimbulkan bau menyengat ketika diaplikasikan dengan alat semprot bau akan menyebar kemana-mana. Sedangkan cat water based tidak memiliki bau menyengat sehingga walaupuan diaplikasikan dengan alat spray tidak akan merusak udara lingkungan.
  5. Lebih cepat kering. Kelebihan yang paling utama dalam proses finishing adalah cat cepat kering dari cat water base. Jika cat solvent membutuhkan panas matahari agar thinner cepat menguap dan cat meresap ke dalam pori-pori ayu. Tanpa panas matahari, cat kayu water based tetap akan meresap ke dalam pori-pori kayu dengan cepat.
Baca Juga:  Tampilan Menarik Dengan Finishing Square Shelf

Pelopor Cat Kayu Water Based di Indonesia

Cat water based di Indonesia sendiri sudah mulai berjamur. Tapi cat water based manakah yang menjadi pelopor di Indonesia? Jawabannya adalah cat Biovarnish. Cat ini sangat efektif menggantikan pernis kayu dengan seri lengkap mulai dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan juga Biovarnish Clear Coat dengan dua tampilan yaitu gloss dan doff. Semua keuntungan cat kayu clear doff dan gloss water based bisa Anda rasakan jika menggunakan cat Biovarnish ini.  Pemesanan cat Biovarnish bisa dilakukan melalui website ini yaitu pada bagian menu shop. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X