Cat Wash Untuk Menciptakan Furniture Tampak Antik

Cat Wash Terbaik untuk Menciptakan Furniture Antik Makin Menarik

Pernahkah Anda melihat furniture yang terlihat serat kayunya sangat indah? Bagaimana cara mengeluarkan tampilan dari serat kayu tersebut? Kayu adalah material yang menarik karena setiap jenis kayu pasti memiliki serat yang berbeda. Walaupun satu jenis misalnya kayu jati, namun antara satu kayu dan kayu lainnya memiliki pertumbuhan yang berbeda sehingga memiliki tampilan yang berbeda.

Lingkaran tahun yang terciptapun akan berbeda maka akan sangat sayang sekali jika Anda telah memilih jenis kayu berserat baik namun Anda memilih menggunakan cat duco untuk finishingnya. Sebaiknya Anda memilih finishing pada kayu menggunakan warna natural atau menggunakan tampilan antik untuk lebih memperjelas tampilan serat kayu.

Cat Wash Untuk Menciptakan Furniture Tampak Antik
Coffee table dengan finishing antik.

Tampilan antik yang merupakan furniture memiliki penampilan tua tidak harus menunggu agar kayu memiliki tampilan using baru menggunakannya sebagai furniture. Namun Anda juga bisa menggunakan kayu baru untuk memiliki tampilan antik tersebut. Ada banyak teknik yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan tampilan ini.

Salah satu teknik yang terkenal biasanya menggunakan cat wash namun adapula teknik lainnya yang akan diulas dalam artikel ini. Dengan berbagai cara tersebut Anda bisa berkreasi dan juga bisa memilih manakah cara mudah dan paling cepat bisa Anda aplikasikan.

Meningkatnya Minat Finishing Furniture Antik 2020

Tampilan furniture antik di tahun 2020 ini meningkat drastis dibandingkan dengan minat di bidang furniture natural dan juga charcoal yang merajai di tahun 2019. Buktinya pada pameran di Ifex furniture Internasional 2020 kemarin yang berlangsung di Jakarta banyak menampilkan furniture dengan tema finishing antik.

Tak hanya itu tampilan antic yang diberikan bukanlah tampilan furniture lama atau klasik namun lebih pada cara aplikasinya. Cara aplikasi yang digunakan adalah menggunakan kayu yang baru seperti jenis kayu ash, kayu oak, kayu jati, kayu mindi yang memiliki berbagai macam jenis serat menarik untuk ditampilkan.

Cat Wash Untuk Menciptakan Furniture Tampak Antik
Tampilan antik dan klasik pada kabinet.

Furniture yang diciptakan pun memiliki ukuran yang berbeda. Menurut trend 2019 hingga 2020 mendatang dari pameran Ifex kemarin, jenis furniture yang menjadi acuan adalah furniture berukuran kecil. Hal ini muncul karena kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal yang lebih kecil. Sehingga furniture yang multifungsi pun menjadi favorit.

Berbeda dengan furniture minimalis yang memang multifungsi namun tampilan dari trend furniture 2020 adalah antik. Sehingga akan memberikan nuansa yang sangat berbeda dalam ruangan. Untuk menciptakan kesan antik tersebut dibutuhkan teknik rustik pada semua permukaan kayu sebelum difinishing.

Jadi bagi Anda yang ingin mengikuti trend furniture 2020 ini bisa mengubah tampilan furniture di rumah menggunakan finishing antik yang sebenarnya sangat mudah untuk diciptakan.

Finishing Furniture Antik Dengan Cat Wash Water Based

Anda ingin mendapatkan tampilan antik pada setiap furniture di rumah? Jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan semua yang Anda punya di rumah bahkan menggunakan cat wash yang aman seperti cat water based. Anda tidak perlu takut lagi untuk melakukan finishing di lingkungan rumah karena proses aplikasinya bebas toxic.

Baca Juga:  Cat Kayu Interior Anti Rayap Yang Cocok Untuk Kitchen Set

Untuk melakukan proses aplikasi finishing antik Anda harus mempersiapkan kayu yang akan digunakan. Pastikan Anda menggunakan kayu solid yang memiliki serat kayu menarik seperti kayu jati, mindi, ash, oak, dll. Yang terpenting adalah kayu solid cukup keras jangan terlalu lunak agar lebih mudah untuk menciptakan tekstur.

Ciptakan tekstur pada permukaan kayu menggunakan teknik rustik, yaitu menggunakan sikat kawat yang digoreskan pada permukaan kayu menurut serat. Maka akan tercipta tekstur kayu seperti telah dimakan oleh usia.

Ini adalah proses aplikasi yang akan menciptakan efek antik. Kemudian pastikan kayu telah bersih terutama pada sela serat kayu yang telah berlekuk. Karena serat yang masih menyimpan kotoran berupa debu akan menghambat proses penetrasi dari cat ke dalam pori kayu.

Jika furniture kayu sudah Anda siapkan maka selanjutnya adalah memilih beberapa cara aplikasi berikut ini:

  1. Menggunakan wood stain

Anda bisa menggunakan wood stain untuk menciptakan kesan antic. Namun untuk aplikasi ini Anda harus mencoba beberapa produk karena tidak semua produk bisa digunakan. Jika di luar negeri jenis wood stain yang bisa Anda gunakan adalah minwax namun untuk mendapatkan produk tersebut di Indonesia cukup sulit.

Namun kini Anda bisa menggunakan produk yang tidak kalah baiknya dengan hasil yang diberikan produk luar negeri tersebut. Anda bisa menggunakan produk Biovarnish wood stain. Anda bisa memulainya dengan menguaskan Biovarnish wood stain dengan pilihan warna gelap seperti sonokeling kemudian Anda bisa menghapus sisa kelebihan menggunakan kain katun. Kemudian Anda bisa menutupnya dengan aplikasi clear coat Biovarnish.

  1. Menggunakan glaze

Menciptakan kesan antik dengan cat wash glaze ini sangat banyak dipraktikan bahkan di skala industri. Cara ini dianggap sangat efektif karena glaze akan langsung mengusu serat kayu dengan baik dan cara aplikasinya sangat mudah.

Anda bisa memilih berbagai macam warna yang diciptakan Biovarnish Glaze. Untuk dasaran Anda juga bisa menggunakan Biovarnish wood stain menggunakan kuas dan menunggu kering. Setelah kering aplikasikan glaze dengan kuas dan hapus sisa cat wash dengan  kain hingga tersisa cat pada bagian sela kayu. Terakhir tutup dengan top coat.

  1. Menggunakan cat duco
Cat Wash Untuk Menciptakan Furniture Tampak Antik
Langkah0langkah finishing untuk tampilan antik.

Banyak sekali akal para pengrajin untuk mendapatkan finishing antik salah satunya adalah menggunakan cat duco. Proses aplikasi menggunakan cat duco dilihat sangat mudah. Anda bisa langsung mencampurkan cat duco seperti Bioduco menggunakan air hingga mendapatkan cat yang sangat cair. Kemudian Anda bisa langsung menguaskan secara tipis-tipis saja pada permukaan kayu. Tunggu kering kemudian amplas. Kunci keberhasilan pada cara ini adalah Anda telah mendasari kayu dengan Biovarnish wood stain terlebih dahulu sehingga warna kayu asli lebih tajam.

Kemudian untuk pilihan warna dari Bioduco agar terlihat adalah dengan warna hitam atau putih. Agar warna bertahan lama Anda bisa menutup dengan lapisan top coat matte dari Bioduco.

  1. Menggunakan Teh dan Cuka
Baca Juga:  Grosir Cat Kayu Tidak Berbau Berkualitas di Indonesia

Cara ini termasuk salah satu cara alami untuk memberikan warna serta kesan antik pada kayu. Siapkan 1 gelas berisi the hitam dan satu gelas lagi berisi cuka yang telah didiamkan selama satu minggu. Jika Anda memilih jenis cuka yang memberikan warna lebih gelap maka akan memberikan efek pula pada kayu juga tergantung dengan warna kayu yang akan digunakan.

Pertama adalah mengaplikasikan laurtan the hitam. Kemudian gunakan kuas untuk mengaplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Pastikan juga setelah aplikasi hilangkan sisa cat yang menempel menggunakan kain bersih dan kering.

Selanjutnya Anda bisa langsung aplikasikan cuka menggunakan kuas ke seluruh permukaan dan tunggu hingga kering. Jika sudah kering amplas dengan kertas amplas halus. Untuk menjaga penampilan tahan lama gunakan sanding sealer water based.

  1. Menggunakan baking soda dan cuka

Selain menggunakna teh, alternative yang dapat digunakan adalah baking soda. Biasanya cara ini digunakan pada material palet yang memiliki tampilan warna lebih gelap. Sebelum proses aplikasi Anda harus menjemurnya hingga semua sisi terkena panas matahari.

Cat Wash Untuk Menciptakan Furniture Tampak Antik
Penggunaan bahan alami untuk finishing antik.

Setelah kayu palet kering Anda bisa langsung aplikasikan cuka setelah itu aplikasikan baking soda yang telah dicampur dengan air dan tunggu sekitar 10 menit.

Jika 10 menit telah berlangsung Anda bisa langsung menggunakan sikat kawat dan menggosok seluruh permukaan searah serat kayu maka akan terlihat efek penuaan pada permukaan kayu.

Bersihkan permukaan kayu menggunakan air dan keringkan menggunakan kayu. Di hari selanjutnya kayu akan berubah terlihat lebih hitam dengan serat kayu yang terlihat menua.

Melihat berbagai macam cara tersebut, manakah yang akan Anda gunakan? Jika Anda ingin menggunakan cara yang mudah dan cepat Anda bisa memilih cat kayu water based seperti Biovarnish atau penggunaan Glaze bahkan BioColours.

Keunggulan Biovarnish dan Bioduco untuk Finishing Wash pada Kayu

Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan pengrajin untuk mencapai hasil finishing wash. Tapi tidak semuanya bisa memberikan hasil memuaskan. Contohnya saja, jika Anda menggunakan cuka dan baking soda. Kedua bahan ini terkenal keras yang bisa memicu pelapukan kayu walaupun hasil warnanya menarik. 

Cara paling aman tentu saja menggunakan cat baik itu Biovarnish atau Bioduco. Walaupun dengan begitu Anda harus belajar bagaimana menerapkan teknik washing finish untuk memperlihatkan kesan antik. Penggunaan cat sendiri lebih aman karena cat berfungsi untuk melindungi kayu bukan sekedar memberikan tampilan saja. 

Baik itu Biovarnish dan Bioduco dalam menghasilkan finishing wash, memiliki beberapa keuntungan yang bisa langsung didapatkan. Berikut beberapa keuntungan menggunakan kedua produk ini. 

• Menggunakan bahan pelarut air

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan adalah cat memanfaatkan air sebagai bahan pelarutnya. Anda tidak perlu merogoh banyak uang untuk melakukan finishing. Hemat biaya, sangat cocok bagi Anda pengusaha furniture yang ingin menciptakan furniture murah dengan tampilan indah. 

Baca Juga:  Tiga Langkah Mudah Mengecat Ulang Bangku Teras

Menggunakan bahan air selain hemat juga membuat proses finishing jadi lebih bebas dari polusi. Jika biasanya menggunakan thinner akan menimbulkan aroma keras yang mengganggu pernapasan kini tidak lagi. Karena air tidak menguapkan toxic sehingga aman untuk digunakan. 

• Lebih cepat kering sehingga finishing cepat kelar

Waktu kering dari setiap lapisan Biovarnish dan Bioduco yang diaplikasikan lebih cepat kering. Dengan kecepatan waktu kering 60 menit saja tanpa adanya penjemuran membuat proses finishing lebih fleksibel. Anda bisa menyelesaikan finishing dalam waktu sehari saja bahkan pengecatan teknik wash yang cepat. 

Karena lapisan yang diciptakan tidak harus merta, tujuan dari finishing wash adalah menampilkan keindahan dari warna serat kayu. Inilah yang membuat coating jadi lebih cepat diaplikasikan. 

• Bisa diaplikasikan dengan kuas

Teknik finishing wash sendiri tidak bergantung pada alat, di mana permukaan yang dihasilkan harus halus. Yang terpenting adalah cat bisa menyerap dengan baik pada bagian serat kayu sehingga coating menampilkan tampilan eksotis pada kayu. Biovarnis dan Bioduco adalah dua produk yang alat aplikasinya paling fleksibel. 

Tidak bergantung pada spray gun, Anda bisa mengaplikasikannya dengan roller bahkan kuas. Alat kuas sendiri sangat mudah ditemukan bukan? Anda bisa membelinya dengan harga murah. Tapi pastikan bahwa kuas yang digunakan terbuat dari bulu nilon yang kompatibel dengan air. Jika kuas bulu alami justru akan mengeras dan bulu kuas cepat rontok. 

• Hasil warna lebih tajam

Banyak yang bilang bahwa cat berbasis air mudah luntur, padahal pada kenyataannya hal itu tidak benar. Anda bisa membuktikannya dengan warna-warna yang dihasilkan dari Biovarnish dan Bioduco. Kedua produk ini mampu menciptakan warna tajam yang sesuai dengan kebutuhan finishing wash. 

Apalagi untuk Biovarnish glaze yang dibutuhkan untuk mempertajam keindahan serat kayu. Sedangkan Biovarnish wood stain berfungsi untuk memberikan warna dasar pada kayu. Kombinasi keduanya bisa menghasilkan finishing wash yang lebih tajam bahkan tampak seperti asli. 

• Melindungi kayu dalam jangka waktu lama

Selain tampilan, Biovarnish dan Bioduco adalah produk cat yang mampu memberikan perlindungan maksimal pada kayu. Kandungan di dalamnya dilengkapi dengan bahan anti jamur yang membuat pertahanan dari jamur pada kayu meningkat. Cat juga tahan terhadap perubahan cuaca yang membuat warnanya tak mudah pudar. 

Jika Anda ingin menggunakan Biovarnish dan Bioduco untuk finishing wash sesegera mungkin, bisa langsung membelinya melalui link berikut ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/bioindustries
  2. https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official

Untuk produk-produk tersebut Anda bisa melakukan pembelian melalui situs ini. Jika Anda ingin melakukan konsultasi Anda bisa langsung datang ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X