Langkah-Langkah Membangun Bisnis Mebel Online Secara Cepat

Bisnis mebel cukup menjanjikan untuk ke depannya. Di tengah arus digitalisasi yang tidak terbendung, bisnis mebel online menjadi alternatif untuk menyasar pasar lebih luas.

Tips Bisnis Mebel Online Bagi Pemula

Bisnis mebel apabila digeluti dengan sungguh-sungguh maka hasilnya akan sangat menjanjikan. Terlebih jika menyasar pasar internasional banyak buyer mancanegara yang menyukai produk mebel dari Indonesia.

Berikut beberapa langkah awal memulai bisnis mebel online bagi pemula:

  • Membaca Peluang

Siapa pun yang ingin memulai bisnis harus bisa membaca peluang. Cara melihat peluang ini, misalkan memantau tren furniture café kekinian. Atau bisa juga menciptakan ide-ide unik yang tepat sasaran.

Membaca peluang bisa dilakukan jauh sebelum Anda memiliki modal, sembari menunggu atau mengumpulkan modal maka Anda dapat observasi peluang. Apabila Anda sudah mendapatkan peluang dan yakin maka Anda tinggal merealisaskannya.

Sebelum melangkah jauh, sebaiknya pertimbangkan secara matang baik dan buruknya usaha Anda, sehingga Anda dapat mengantisipasi segala hal yang terjadi ke depannya.

  • Modal

Hal yang paling penting untuk memulai bisnis adalah memiliki modal. Namun, apabila Anda kekuragan di modal tapi punya pertimbangan peluang yang matang, Anda dapat meminta bantuan investor untuk menunjang bisnis Anda.

Tentu saja investor akan mempertimbangkan jangka panjang bisnis Anda. Oleh karena itu, presentasikan bisnis mebel online Anda dengan meyakinkan dan buktikan dengan data.

  • Target Pasar

Perlu diingat bahwa orang yang sudah berkecimpung dalam dunia bisnis biasanya memiliki finansial yang kuat. Oleh karena itu, kompetitor biasanya tidak bersaing dalam hal ini melainkan target pasar. Anda harus cermat dalam memilih target pasar dengan strategi yang tepat sehingga bisnis mebel Anda tepat sasaran.

  • Tentukan Bahan Baku
Baca Juga:  Harga Cat Kayu Tahan Air BioColours Terjangkau Untuk Warna Natural

Apabila Anda memiliki rencana membuat bisnis mebel maka perhatikan material atau bahan baku yang akan digunakan. Ada banyak macam bahan baku yang bisa dimanfaatkan untuk furniture, di antaranya kayu, particle board, MDF, Plywood, rotan dan bambu.

Bisnis mebel biasanya identik dengan penggunaan kayu namun Anda bisa menggunakan alternatif lain apabila dirasa kayu sangat mahal dan modal Anda belum mencukupi. Apalagi furniture yang menggunakan bahan kayu olahan lebih mudah dipasarkan.

  • Ikut Komunitas

Masuklah ke grub atau komunitas tentang woodworking, finishing kayu maupun hobi kayu sehingga Anda akan mendapatkan ruang lingkup bisnis yang luas. Selain itu, dari ilmu dan sharing tentang mebel di grub tersebut akan memberikan banyak ide dan pengetahuan tentang bisnis mebel online.

Selain mendapatkan ide dan pengetahuan, di sini Anda juga akan mendapatkan jaringan yang lebih luas. Mengembangkan jaringan ini sangat penting ketika Anda sedang merintis sebuah bisnis.

  • Taati Aturan Pemerintah

Ketika mendirikan bisnis mebel, penuhi syarat izin usaha sehingga Anda bisa membayar pajak atas usaha yang Anda dirikan. Selain itu, dengan memiliki izin, Anda dapat memiliki sasaran pasar yang lebih luas.

  • Memiliki Target Pasar Internasional

Jika Anda serius dalam mengembangkan bisnis mebel online, Anda harus bersiap dan berani untuk melakukan ekspor. Mungkin untuk awal bisnis masih cukup sepi karena relasi atau jaringan yang terbatas namun beberapa tahun kemudian bisnis Anda akan berkembang apabila Anda dapat mengelolanya dengan baik.

Sebaiknya konsisten terhadap bisnis Anda sehingga konsumen sudah percaya dengan produk yang Anda pasarkan.

  • Gunakan Bahan Finishing Yang Aman

Baik untuk pasar lokal atau ekspor, sebaiknya gunakan bahan finishing yang aman. Misalkan saja untuk ekspor, terdapat beberapa negara yang sangat konsern dengan batasan kandungan VOC pada produk.

Baca Juga:  Harga Bahan Kimia Pemutih Kayu WA 250 Terbaik Di Indonesia

Banyak bahan finishing yang justru mengandung VOC yang tinggai. Apabila Anda bertekat untuk menggunakan bahan finishing dengan VOC tinggi maka bisa membuat bisnis Anda terkena klaim dan sulit masuk pasar negara tersebut.

Salah satu bahan finishing yang aman untuk menunjang bisnis mebel Anda agar mudah diekspor adalah cat water based. Cat tersebut merupakan cat kayu yang terbuat dan menggunakan bahan pelarut air.

Bahan Finishing Aman untuk Bisnis Mebel Online

Penggunaan cat water based untuk bisnis mebel online saat ini mulai diminati oleh pengrajin atau pengusaha mebel. Selain aman, cat ini juga mudah digunakan dan bahkan cepat karena proses keringnya yang hanya membutuhkan waktu dalam hitungan jam.

Salah satu cat water based yang direkomendasikan untuk menunjang bisnis Anda adalah Biovarnish.

Berikut teknik finishing untuk furniture industri mebeling:

  1. Bersihkan terlebih dahulu kayu yang digunakan dengan cara diampelas.
  2. Apabila sudah bersih, Anda dapat mengaplikasikan wood filler untuk menutup pori apabila pori-pori kayu besar. Selain itu, dempul juga digunakan untuk menyamarkan cacat pada kayu. Cukup dengan mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler lalu diamkan selama 20-30 menit. Apabila dempul tersebut sudah kering maka ampelas media kayu menggunakan kertas ampelas No. 320.
  3. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain untuk memberikan pewarnaan. Setelah proses aplikasi liquid stain ini, diamkan selama 60 menit. Apabila sudah kering sentuh maka ampelas ambang menggunakan kertas ampelas No. 400
  4. Untuk memperhalus tekstur finishing, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Diamkan selama 60 menit setelah proses aplikasi. Ampelas ambang apabila sudah kering sentuh.
  5. Tahap akhir proses ini adalah aplikasi Biovarnish Clear Coat. Tentukan tampilan yang ingin digunakan seperti matte atau gloss. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata kemudian diamkan selama semalam.
Baca Juga:  Produk Cat Kayu Anti Air Yang Dibutuhkan Saat Ini

Selain menguntungkan dalam segi finansial, cat kayu water based juga tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan.

Tentu saja, penggunaan cat water based ini bisa mengurangi dampak buruk bahan kimia yang sering menyebabkan penyakit kronis bagi pekerja.

Di mana bisa membeli produk Biovarnish ini? Untuk jumlah yang banyak, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang terdapat pada website ini atau melalui marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioinustries

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X