aplikasi cat duco kayu putih

Rahasia Cara Menggunakan Cat Duco Kayu Putih untuk Hasil Sempurna

Punya proyek makeover furnitur lama di rumah? Furnitur yang tadinya berpenampilan buluk berubah jadi cantik dan bersih. Hasil ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan cat duco kayu putih. Berani menampilkan warna putih pada furnitur di rumah ada sebuah keberanian. 

Mengapa? Karena mendapatkan warna putih tidak semudah kelihatannya. Anda harus memperhatikan bagaimana langkah mengecat yang benar dan tahu kendala yang menimbulkan kegagalan nantinya. Contohnya agar tidak muncul yellowing pada furnitur. 

Merupakan sebuah tantangan ketika Anda bisa mendapatkan hasil warna putih bersih dan tahan lama. Tentunya hasil terbaik akan memberikan kepuasan bukan? Bagi Anda yang mau tahu bagaimana keseruan mengecat warna putih dan apa rahasianya agar hasilnya sempurna, bisa disimak di sini. 

3 Macam Kendala Saat Menggunakan Cat Duco Kayu Putih

mengaplikasikan cat duco kayu warna putih

Sebelum mulai mengecat Anda harus tahu apakah kendala yang akan dihadapi jika hasilnya gagal. Dengan begitu ketika menggunakan cat duco kayu terbaik yang harganya mungkin tidak murah Anda tidak akan kecewa. 

Setidaknya ada tiga macam kendala yang menciptakan kegagalan saat finishing furnitur warna putih yaitu:

1. Timbul bleeding pada kayu

Bukan hanya finishing natural saja yang akhirnya bleeding pada kayu bisa terlihat. Finishing warna solid yang tidak sempurna juga bisa memperlihatkan bleeding. Apalagi ketika menggunakan cat warna putih yang notabene warnanya terang. 

Apakah Anda ingin mendapatkan hasil seperti ini? Tentu saja tidak. Nah trik untuk bisa menghindari efek bleeding adalah menggunakan primer yang bisa menghindari blocking. Artinya primer yang Anda gunakan harus bisa menutup pori sempurna. Jadi pilih primer dengan baik. 

2. Warna yang tidak merata

Warna putih yang tidak merata seringkali terjadi ketika Anda menggunakan 

cat duco kayu putih berkualitas buruk dan kuas. Bekas sapuan kuas tidak rata akan memperlihatkan warna dasar kayu. 

Baca Juga:  Kursi Rotan Sudah Mulai Usang? Lapisi dengan Cat Enamel Ini

Ditambah lagi Anda melupakan penggunaan primer yang menutup warna asli kayu. Hasil finishing halus merata pun akhirnya harus ditinggalkan. Anda perlu melapisi cat ulang atau menggantinya dengan finishing rustik. 

Solusi tidak merata ini sebaiknya Anda atasi dengan menggunakan spray gun karena bebas sapuan kuas. Selain itu lagi-lagi jangan lupakan gunakan primer coat warna putih yang bagus.  

3. Muncul efek yellowing

Kendala yang ketiga adalah munculnya efek yellowing entah itu karena cat duco putih  yang digunakan kualitasnya buruk dan karena top coat. Anda harus tahu asal usul mengapa muncul efek yellowing itu sendiri. 

Alasan mengapa yellowing itu muncul karena adanya kandungan formalin baik itu di dalam cat atau bahan pelarutnya. Nah untuk mengatasinya Anda harus menggunakan cat dengan formalin rendah seperti cat water based. 

Menggunakan cat duco adalah wajib jika Anda ingin mendapatkan warna putih, tapi warna putih sempurna didapatkan jika Anda menggunakan jenis cat duco kayu water based. Karena dengan begitu efek yellowing yang biasanya muncul di kemudian hari akan terhindar. 

5 Langkah Rahasia Mengecat Furnitur Putih Sempurna

Rahasia dari mendapatkan furnitur warna putih sempurna adalah mengatasi ketiga kendala yang tadi telah disebutkan. Selain itu juga bagaimana cara Anda menggunakan cat duco kayu putih. Apakah Anda sudah mempersiapkan bahan, alat dan substrat kayu dengan baik? 

Setidaknya ada lima langkah yang harus diperhatikan dalam pengecatan. Apa saja itu? Perhatikan sebagai berikut ini. 

Langkah 1. Mengamplas dan memperbaiki permukaan kayu

Apapun warna yang hendak Anda gunakan baik itu duco kayu dan warna natural sekalipun, persiapan adalah yang terpenting. Apa yang termasuk dalam persiapan adalah mengamplas dan memperbaiki permukaan kayu hingga menjadi rata. Jika ada lubang Anda perlu menutupnya. 

Baca Juga:  Pentingnya Finishing Spice Rack Dengan Cat Kayu Yang Aman

Proses dimulai dengan mengamplas. Semakin kasar maka mulai dengan kertas amplas kasar seperti nomor 180. Supaya lebih cepat gunakan orbital sander yang mudah dioperasikan. Bersihkan debu amplas sesudahnya. 

Kemudian amati jika terdapat lubang atau permukaan tidak rata segera tutup dengan dempul kayu. Aplikasikan dempul sesuai dengan cara penggunaan pada kemasan. Jika ukuran lubang besar, Anda bisa menutup dengan dempul secara merata.

Langkah 2. Mengaplikasikan cat primer

Primer adalah bagian penting dalam pengecatan warna putih. Ada beberapa jenis warna primer, karena Anda ingin warna putih maka pilih warna yang sama. Biasanya pemilihan warna primer disesuaikan dengan hasil warna akhir. 

Jika ingin warna terang maka warna putih pilihannya, tapi jika warna gelap hasil akhirnya seperti hitam atau coklat maka primer abu-abu perlu dipilih. Pilih juga primer water based untuk menghindari efek yellowing

Persiapkan kompresor dan alat semprot, kemudian campurkan primer dengan air. Semprotkan primer ke permukaan furnitur hingga merata. Atur jarak sekitar 15 hingga 20 cm dari ujung nozzle demi menghindari sagging. 

Aplikasi primer ini bisa Anda gunakan dua hingga tiga kali hingga membentuk lapisan yang menutup permukaan warna kayu asli. Minimal lapisan yang dibutuhkan adalah dua coating. 

Langkah 3. Mengaplikasikan cat duco kayu putih

Saatnya menggunakan warna cat duco kayu putih. Ada begitu banyak pilihan warna putih seperti putih mutiara dengan sedikit warna emas. Ada juga putih susu atau putih bersih. Warna yang sangat disarankan adalah warna putih sehingga Anda tahu kualitas hasilnya benar-benar bersih. 

Bersihkan terlebih dahulu spray gun, campurkan cat duco dengan air dan semprotkan. Ikuti cara menyemprot seperti primer sebelumnya. Untuk cat duco Anda juga bisa memberikan dua kali lapisan. 

Baca Juga:  Cat Kayu Food Grade Berwarna Untuk Furnitur Dan Mainan Anak

Langkah 4. Mengamplas halus antar lapisan

Bagian terpenting selanjutnya adalah bagaimana Anda mengecat warna putih yang halus. Kuncinya adalah pada pengamplasan cat duco. Sesudah cat duco nantinya ada lapisan transparan berupa top coat. 

Karena cat berwarna yang terakhir adalah duco maka pengamplasan terakhir juga dilakukan. Anda harus mengamplas benar-benar halus dan tidak terlihat guratan amplas. Untuk itu amplas harus dilakukan ambang dan amplas halus nomor 400. 

Langkah 5. Mengunci warna putih dengan top coat

Cara cat duco kayu yang terakhir adalah mengunci lapisan duco agar warna tahan lama, putih bersih dan tidak menguning. Top coat yang Anda gunakan juga harus water based agar kompatibel dan mampu merekat dengan lapisan di bawahnya. 

Untuk cara aplikasinya juga sama, top coat dicampur dengan air terlebih dahulu kemudian semprotkan ke permukaan furnitur. Bedanya adalah cat harus dikeringkan semalaman. 

Kini rahasia menggunakan cat duco kayu putih tinggal Anda praktekkan saja, hanya ada satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu produk yang dipilih. 

Produk Cat Duco Kayu Warna Putih Terbaik

Bagi Anda yang sedang mencari cat duco terbaik sebaiknya gunakanlah Bioduco. Cat water based ini tersedia lengkap dari dempul, primer, cat duco hingga top coat. Anda bisa mengaplikasikannya dengan spray gun dan warna akan putih merata.

Produk tidak menimbulkan bau menyengat ini akan menjamin warna putih akan tampil sempurna dan bersih. Ditambah lagi kecepatan keringnya membuat proses finishing berjalan dengan lebih cepat. 

Cat duco kayu putih Bioduco bisa Anda dapatkan melalui beberapa link marketplace berikut ini:

  1. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries 
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustries 
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X